Antropologi pendidikan bertujuan untuk memahami bagaimana nilai-nilai,norma,dan praktik budaya untuk membentuk pengalaman pendidikan.sedangkan dalam perspektif pendidikan antropologi adalah kajian sistematis yang melihat institusi pendidikan sebagai bagian dari sistem budaya yang lebih besar.
Konsep-konsep antropologi sebagai perspektif  pendidikan yaitu:Â
1. Pendidikan merupakan proses yang terkait erat dengan sosialisasi dan enkulturasi
- sosialisasi
- enkulturasi
- pendidikan
2. Pendidikan sebagai produk budaya
yaitu proses transformasi dan transfer kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
3. Bahasa sebagai instrumen pendidikan dan identitas budaya
memiliki peran penting dalam menyampaikan,mempertahankan,dan membentuk nilai-nilai budaya.
4. Multikulturalisme dalam pendidikan
yaitu sebuah proses menanamkan cara hidup yang toleran,tulus,dan menghormati terhadap keberagaman budaya.
5. Peran struktur sosial dalam pendidikan
yaitu sebagai lembaga edukatif dan hubungan timbal balik antara posisi dan peran sosial yang dimiliki individu.
6. Guri dan otoritas dalam pendidikan
- menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif
- menjalin hubungan sehat dengan peserta didik
- memberikan teladan kepada peserta didik
7. Pendidikan sebagai sarana untuk perubahan sosialÂ
- membantu meningkatkan kualitas hidup
- membantu mengatasi masalah sosial
- membantu menghilangkan kesenjangan sosial dan ekonomi
8. Pendidikan formal dan nonformal
jika pendidikan formal dilakukan disekolah sedangkan nonformal dilingkungan keluarga.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H