Mohon tunggu...
Wal hikwan
Wal hikwan Mohon Tunggu... Guru - pendidik

Semangat Pendidik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan Lab Multimedia dan Media Quizizz dalam Belajar Matematika (Himpunan) di SMP Islam Al-Falaah Ciputat

31 Oktober 2022   22:59 Diperbarui: 31 Oktober 2022   23:18 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Laboratorium

Menurut Direktorat Pendidikan Menengah Umum dalam Wira Bahari Nurdin (2005), dijelaskan bahwa Laboratorium adalah tempat melakukan percobaan dan penyelidikan. Tempat ini merupakan suatu ruangan tertutup, kamar, atau ruangan terbuka , misalnya kebun. Dalam pengertian yang terbatas laboratorium ialah suatu ruangan yang tertutup tempat untuk melakukan percobaan dan penyelidikan. Widyarti (2005) memberikan pengertian yang lain tentang laboratorium sebagai berikut: Laboratorium adalah suatu ruangan tempat melakukan kegiatan praktik atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat laboratorium serta daya infrastruktur laboratorium yang lengkap.

Dari beberapa pendapat di atas dapat diasumsikan bahwa laboratorium adalah tempat untuk melakukan percobaan dan penelitian yang berada di dalam ruangan tertutup maupun terbuka yang dilengkapi alat-alat laboratorium yang lengkap sebagai sarana media pembelajaran.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan salah satu sarana penyalur pesan dan informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik, sangat membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi dan informasi saat ini, memacu perkembangan media pembelajaran semakin maju pula. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan. Walaupun perancangan media berbasis TIK memerlukan keahlian khusus, bukan berarti media tersebut dihindari dan ditinggalkan.

Media pembelajaran berbasis TIK dapat berupa internet, intranet, mobile phone, dan CD Room/Flash Disk. Kemajuan Teknologi Informasi telah mendorong terjadinya banyak perubahan, termasuk dalam bidang pendidikan yang melahirkan konsep e-learning. Dengan e-learning ini pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. E-learning memungkinkan peserta didik untuk aktif dan kreatif.

E-learning memberikan para peserta didik, pendidik, dan pengelola pendidikan dapat mengambil banyak manfaat, di antaranya fleksibilitas program dan bahan pembelajaran dapat dibuat lebih menarik dan berkesan. Integrasi teknologi informasi pada pendidikan akan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ada tiga jenis penggunaan multimedia pembelajaran, yaitu (Kustyarini, Utami dan Koesmijati, 2020)

  • Multimedia digunakan sebagai elemen pembelajaran di kelas
  • Multimedia digunakan sebagai bahan pembelajaran mandiri.
  • Multimedia digunakan sebagai satu-satunya media dalam pembelajaran. Dengan demikian, semua fasilitas pembelajaran yang mendukung pembelajaran juga telah disediakan dalam paket.

Pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif Penggunaan media pembelajaran berupa foto ataupun video, dapat menarik perhatian siswa bila dibandingkan dengan penjelasan secara diskripsi secara lesan. Guru dapat menciptakan berbagai kegiatan yang variatif dan mengaktifkan siswa melalui foto ataupun gambar obyek yang dibahas.

Proses pembelajaran dapat dilakukan di mana dan kapan saja Program audio, video, komputer (offline dan online) adalah media pembelajaran yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan kondisi dan situasi guru maupun siswa.

Menimbulkan sikap positif siswa terhadap proses pembelajaran. Penggunaan media yang dirancang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dapat menimbulkan sikap positif siswa terhadap proses belajar mengajar.

Quizizz

Quizizz adalah platform keterlibatan siswa yang memungkinkan guru untuk melakukan pelajaran dan kuis interaktif dengan siswa mereka . Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Kelebihan Quizizz

Mempermudah Pembuatan Soal

Artinya guru hanya perlu memindahkan soal yang telah dibuat dalam bentuk arsip ke dalam aplikasi Quizizz

Sistem Poin dan Rangking

Artinya saat siswa menjawab pertanyaan dengan benar, maka akan muncul poin yang didapatkan serta di akhir kuiz akan ada perangkingan dari setiap peserta quiz. Hal ini dapat membuat kuis lebih menarik dan menantang.

Opsi Jawaban yang Benar

Artinya saat siswa menjawab pertanyaan dengan salah, maka akan muncul jawaban yang benar.

Statistik Pengerjaan

Artinya saat siswa selesai mengerjakan kuis, maka akan muncul statistik keseluruhan dari pengerjaan soal yang mencakup persentase benar salah, kecepatan menjawab dan lainnya. Selain itu siswa juga dapat melihat kembali jawaban dari kuis yang telah dikerjakan

Fitur-Fitur Menarik

Saat mengerjakan kuis menggunakan quizizz, maka siswa akan memiliki kesempatan memilih beberapa skill yang setiap skillnya memiliki kelebihan masing-masing. Salah satunya memiliki kesempatan untuk mendapatkan poin 2x lipat.

Berikut Aksi Nyata saya dalam belajar matematika (Himpunan) di SMP Islam Al-falaah dengan memanfaatkan Lab Multimedia dan media Quizizz

PENDAHULUAN (BERDOA)/dokpri
PENDAHULUAN (BERDOA)/dokpri

Pendahuluan

  • Guru mengucap salam dan menyapa peserta didik
  • Mengondisikan peserta didik untuk siap memulai pelajaran
  • Berdo’a bersama peserta didik dengan didahului memilih salah satu peserta didik untuk memimpin.
  • Mempresensi kehadiran peserta didik

memberikan apersepsi

menyampaikan tujuan pembelajaran berkaitan Himpunan

Kegiatan Inti

penjelasan himpunan/dokpri
penjelasan himpunan/dokpri

dokpri
dokpri

problem statement

peserta didik diminta untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan

data collections dan processing

melakukan percobaan dan mengerjakan LKPD pada Quizizz

https://quizizz.com/join?gc=30769619

verivication

memberikan kesimpulan
memberikan kesimpulan

screenshot-1-635fede408a8b56ed16b9806.png
screenshot-1-635fede408a8b56ed16b9806.png
Kegiatan penutup

Menyimpulkan
Menyimpulkan


#PembaTIK

#PembaTIK2022

#MerdekaBelajar

#PusdatinKemdikbudristek

Referensi:

https://hightechteacher.id/belajar-asik-bersama-quizizz-di-tengah-pandemi-covid-19/. Diakses Oktober 2022

https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/download/11605/10463. Diakses Oktober 2022

Pusdatin Kemdikbudristek, Modul Panduan Belajar dari Rumah dengan Memanfaatkan Rumah Belajar 

https://www.smpn1purbalingga.sch.id/sarana-dan-fasilitas/laboratorium-multimedia/ . Diakses Oktober 2022

Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA, Volume 4 Nomor 2 Desember 2020, P-ISSN: 2580-2240, E-ISSN: 2580-2259

https://books.google.co.id/books?id=MfqGEAAAQBAJ&pg=PA169&dq=memanfaatkan+lab+multimedia&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwjtx9Kr14r7AhVPCLcAHdJ0AO4Q6AF6BAgGEAI#v=onepage&q=memanfaatkan%20lab%20multimedia&f=false diakses Oktober 2022

https://books.google.co.id/books?id=Jf8vEAAAQBAJ&pg=PA50&dq=memanfaatkan+lab+multimedia&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwjtx9Kr14r7AhVPCLcAHdJ0AO4Q6AF6BAgDEAI diakses Oktober 2022

https://hightechteacher.id/belajar-asik-bersama-quizizz-di-tengah-pandemi-covid-19/ diakses Oktober 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun