Dalam hal apapun BRIPahlawanFinansial, karena membantu pejuang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mencapai mimpi. Sebagai pelaku yang bergerak di bidang kuliner dan jasa, urusan dengan dana (biasanya) menjadi kendala utama.
Semua ter-solusi-kan dengan keberadaan bank yang satu-satunya di desaku ini. Zaman yang berkembang cepat mengharuskan pelaku UMKM bergerak strategis untuk memaksimalkan penjualan produk atau jasa.
Untuk itu diperlukan promosi besar-besaran sesuai budget yang dimiliki. Bagiku sendiri, bergerak, berkembang dan maju harus dengan promosi dengan memaksimalkan perekonomian digital.
Banyak berkah digitalisasi teknologi bagi pejuang UMKM bersama BRI, antara lain:
1. Promosi dan Metode Pembayaran Mudah
Teknologi digital menyajikan cara praktis untuk promosi. Melalui media sosial, melalui e-commerce dan melalui situs website.
Selain itu ada pula platform video yang akan mempermudah pelaku UMKM bergerak lincah dalam mendeskripsikan kualitas produk. Pembayaran juga mudah, bisa melalui QRIS BRI dengan pelayanan cepat dan tepat.
2. Jangkauan Luas
Berjualan tidak hanya secara offline menunggu pembeli, tapi bisa dengan memaksimalkan penjualan online. Caranya melalui chat bisnis, website resmi atau gabung e-commerce. Pangsa pasarnya meluas bukan hanya tetangga sebelah saja, tapi lintas benua.
Aku mengalaminya sendiri, ketika ada yang memesan artikel dari platform luar dan dibayar dolar. Artinya pembeli atau klien bisa dari berbagai kalangan. Memaksimalkan promosi dan hasil akan berproses.
Sekarang ini yang sedang ngetrend pernak pernik craft. Craft yang unik dan lucu sering menarik pembeli lokal hingga lintas benua. Lagipula sejak 2019 BRI memiliki program BRILianpreneur untuk pameran UMKM agar penjualan melesat.
3. Inovatif
Apakah pelaku UMKM akan berkutat dengan produk yang itu-itu saja? Tidak dong, berkah dunia digital memberi banyak dampak positif lain. Salah satunya berani melakukan inovasi produk yang out of the box.
4. Kreatif
Pejuang UMKM dituntut selalu kreatif. Kreativitas tanpa batas memberikan banyak pengetahuan baru. Semakin berani riset dan mengaplikasikan berbagai hal, akan tercipta produk baru yang dibutuhkan konsumen.
5. Jaringan Luas
Berjualan apakah butuh pembeli saja? Oh tidak, selain pembeli dibutuhkan jaringan untuk memperoleh banyak wawasan dan ilmu baru. Meskipun tujuan akhir (lagi-lagi) penjualan meningkat. Link inilah yang tidak mudah ada jika tidak masuk dalam dunia digital.
Berkah digital memang luar biasa bagi pelaku UMKM jika diupayakan secara maksimal. Lakukan perencanaan terbaik dan tepat. Dalam HUT127BRI semakin memberi kemudahan pelayanan pelaku UMKM.
Semua praktis, cepat dan mudah, sehingga pelaku UMKM semakin berkembang secara optimal. Berkah digitalisasi bersama BRI, pembeli tidak cuma tetangga tapi lintas benua.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H