Karya Inovasi : Alat Permainan Edukatif ( APE ) “ Kotak Ajaib “
Kegiatan bermain kaitannya erat sekali dengan dunia anak – anak karena bermain bagi anak – anak adalah yang menyenangkan. Selain itu, bermain bagi anak – anak memberikan banyak manfaat dan menambah pengalaman baru bagi anak. Menurut, Tadkiroatun ( 2015 ) menyatakan bahwa kegiatan pengembangan seperti bermain yang dilakukan dilembaga PAUD berfungsi untuk membantu merangsang seluruh aspek perkembangan anak baik fisik maupun mental yang meliputi perkembangan kognitif, bahasa, seni, fisik motorik, moral dan nilai – nilai agama serta perkembangan emosi dan sosial. Kegiatan bermain ini seyogyanya dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak membebani anak baik secara fisik maupun mental.
Berdasarkan uraian di atas, penulis termotivasi untuk membuat kegiatan main dengan menggunakan alat permainan edukatif. Alat permainan edukatif merupakan suatu alat atau benda yang dapat dijadikan sarana bermain bagi anak usia dini. Selain sebagai sarana bermaian, alat permainan edukatif juga mampu membantu menstimulasi perkembangan anak seperti pada aspek nilai agama moral, sosial emosial, bahasa, kognitif, fisik motorik halus , fisik motoric kasar serta pada perkembangan seni.
APE yang digunakan untuk kegiatan main tidak harus bagus dan mahal, hasil buatan sendiri ataupun alat permaianan trasidional juga dapat digunakan sebagai APE. Namun APE yang dibuat sendiri haruse memiliki standart keamanan bagi anak – anak seperti bahan yang digunakan pembuatan APE berbahaya atau tidak bagi anak. Selain itu, APE yang dibuat harus menarik dari segi tampilan ataupun warna yang digunakan agar dapat diterima oleh semua anak.
Oleh karena itu, penulis membuat alat permaian edukatif yakni “ Kotak Ajaib”. “ Kotak Ajaib “ ini dibuat oleh penulis untuk dapat digunakan sarana bermain bagi anak – anak TK DWP Sumberwaru.
Adapun tujuan dari pembuatan APE ini adalah bagi anak secara keseluruhan sebagai sarana alat bermain dan membantu menstimulasi perkembangan nilai agama moral, sosial emosial, bahasa, kognitif, fisik motorik halus , fisik motoric kasar serta pada perkembangan seni. Tujuan pembuatan APE bagi guru yakni mampu menstimulasi guru untuk berinovasi membuat kreasi APE yang menarik dan bermanfaat bagi anak didik khususnya TK DWP Sumberwaru dan masyarakat luas pada umumnya.
Menurut Suryadi (2007), bahwa manfaat mainan edukatif sebagai berikut:
1. Melatih kemampuan motorik
Stimulasi untuk motorik halus diperoleh saat menjumput mainan, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya, sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerakkan mainannya, melempar, mengangkat dan sebagainya
2. Melatih konsentrasi
Mainan edukatif dirangsang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi. Saat menyusun puzzel katakanlah anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya, ia tidak berlari-larian atau melakukan aktifitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa saja hasilnya tidak memuaskan.
3. Mengembangkan konsep sebab akibat
Contohnya dengan memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar, anak akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa dimuat ke dalam benda yang lebih besar. Sedangkan benda yang lebih besar tidak bisa masuk ke dalam benda yang lebih kecil. Ini adalah pemahaman konsep sebab akibat yang sangat dasar.
4. Melatih bahasa dan wawasan
Permainan edukatif sangat baik bila diikuti dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat anak, yakni meningkatkan kemampuan bahasa juga keluasan wawasan.
5. Mengenalkan warna dan bentuk
Dari mainan edukatif, anak dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, segi empat, bulat, dengan berbagai warna, biru, merah, hijau dan lain
Alat dan Bahan:
Kardus besar bekas, kertas warna warni, tutup botol bekas, kian flannel, gunting, hot gun, kretekan, tali kur
Langkah Pembuatan:
- Siapkan kardus bekas, kemudian lapisi dengan kertas warna warni agar lebih menarik
- Buka bagian kardus jadian 8 sisi yakni 4 sisi depan dan 4 sisi dalam
- Bagian sisi dalam dibuat 4 papan, papan 1 ditempeli tutup botol bekas (mengurutkan angka 1-20), papan 2 putaran huruf, papan 3 pengenalan waktu, papan 4 mengaitkan tali sepatu
- Bagian sisi luar, papan 1 mengenal berbagai ekspresi, papan 2 mengaitkan tali dengan lubang sedotan, papan 3 mengenal bentuk geometri, papan 4 mengenal penjumlahan.
Cara penggunaan APE Kotak Ajaib, adalah sebaai beikut:
- anak – anak mengamati seluruh bagain kardus untuk memahami tema apa yang akan dimainkan.
- anak – anak bebas memilih bagain papan mana yang akan di buat main.
- Cara bermain disetia papannya:
- Papan angka: anak mengurutkan angka 1-20
- Putaran Huruf: anak memutar roda dan membiarkan roda berhenti sendiri sampai pada huruf yang ditunjuk, kemudian anak menemukan kata pada kantong kata sesuai dengan jarum menunjuk pada huruf awalnya
- Jam: anak mengena konsep waktu
- Mengakitkan tali sepatu: anak mengakitkan tali sepatu denga memasukkan tali pada lubang tali sepatu
- Mengenal ekspresi; anak meniru berbagai ekpresi yang diliahtanya
- Mengenal geometri: anak memasangakn bentuk gemetri sesuai dengan pasanganya
- Mengaitkan tali pada sedotan: anak mengkaitkan tali pada lubang sedotan sesuai dengan polanya.
- Berdasarkan hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan APE sangat penting bagi anak karena dapat mestimulasi perkembangan anak. ApE dapat dibuat sendiri bahkan lebih menarik dan hemat daiapda membelinya. APE ini sangat efektif membantu perkembangan anak untuk berkesplorasi, menuangkan ide dan menyapaikan pendapatnya dan mampu menstimulasi guru untuk selalu berinovsi dalam berkarya
-
Daftar Pustaka
Musfiroh,Tadkiroatun. 2015. Bermain dan Permainan Anak.Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Suryadi. 2007. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit EDSA Mahkota
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H