Pendalaman Materi (Cont'd)
Pembelajaran Mata Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk analisis permasalahan pembelajaran yang ditemui dalam konteks kelas dan/atau sekolah dalam upaya pemecahan permasalahan tersebut. Permasalahan dapat meliputi  literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas tiga langkah: (1) identifikasi masalah, (2) eksplorasi penyebab masalah, dan (3) penentuan penyebab masalah. Aktivitas pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan beban belajar 4 (empat) sks. (https://lms06-ppgdj.simpkb.id/)
Pada artikel kali ini saya akan membahas khusus terkait LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah yang saya pelajari dan pahami dari pembelajaran PPG Daljab sebelumnya.
Kegiatan eksplorasi penyebab masalah merupakan kegiatan mengeksplorasi kemungkinan penyebab masalah yang telah diidentifikasi pada materi sebelumnya. Dalam melakukan eksplorasi penyebab- penyebab masalah tersebut, mahasiswa dapat melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara Guru/ Kepala Sekolah/ Pengawas Sekolah/ rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar dan pihak terkait lainnya dengan bimbingan/ arahan dosen dan guru pamong.
LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah berupa tabel yang berisikan tiga kolom isian yaitu: Masalah yang Telah Diidentifikasi, Hasil Eksplorasi Penyebab Masalah, dan Analisis Eksplorasi Penyebab Masalah.
A. Masalah yang Telah Diidentifikasi
Pada kolom ini, saya diminta oleh dosen untuk memilih empat masalah yang menurut saya paling perlu lebih dahulu untuk disolusikan, berdasarkan LK 1.1 Identifikasi Masalah yang sudah dikerjakan sebelumnya. Keempat masalah yang telah diidentifikasi ini masing- masing mewakili jenis permasalahan yang berbeda (Lihat LK 1.1 Identifikasi Masalah). Kemudian, setiap masalah yang telah diidentifikasi, dijabarkan dengan mencari Hasil Eksplorasi Penyebab Masalah dan Analisis Eksplorasi Penyebab Masalahnya.
Pada LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah saya, saya memilih empat Masalah yang Telah Diidentifikasi dari Jenis Permasalahan sebagai berikut.
1. Jenis Permasalahan:Â Pedagogik, literasi, dan numerasi
Masalah yang Telah Diidentifikasi:Â Kegiatan pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan rancangan yang tertuang dalam RPP, maupun kurangnya proses evaluasi pembelajaran
2. Jenis Permasalahan:Â Pemahaman/ pemanfaatan model- model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa
Masalah yang Telah Diidentifikasi:Â Kurang maksimalnya implementasi model pembelajaran inovatif di kelas
3. Jenis Permasalahan:Â Materi terkait Literasi numerasi, Advanced material, miskonsepsi, HOTS
Masalah yang Telah Diidentifikasi:Â Kurangnya pembelajaran yang berorientasi HOTS
4. Jenis Permasalahan:Â Pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran
Masalah yang Telah Diidentifikasi:Â Kurangnya optimalisasi penggunaan LMS Sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan
B. Hasil Eksplorasi Penyebab Masalah
Hasil eksplorasi penyebab masalah merupakan hasil dari kita menvalidasi masalah yang kita tuliskan. Apakah itu memang sebuah permasalahan di siswa kita atau sekedar asumsi/ hipotesis kita pribadi. Untuk melakukan eksplorasi penyebab masalah tersebut, yang kita lakukan adalah melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara Guru/ Kepala Sekolah/ Pengawas Sekolah/ rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar dan pihak terkait lainnya dengan bimbingan/ arahan dosen dan guru pamong. Jika memungkinkan, Bapak Ibu lebih baik melakukan semua pilihan tersebut. Apabila ada keterbatasan, Bapak Ibu bisa memilih beberapa dari aktifitas eksplorasi penyebab masalah di atas dan atau sesuai arahan dosen dan guru pamong.
Bagaimana mengisinya?
Untuk Kajian Literature, Bapak Ibu bisa mencari hasil penelitian yang meng-iya-kan masalah yang Bapak Ibu telah identifikasi. Penelitian tersebut, sebaiknya dipilih dengan melakukan pendekatan: maksimal rilis/ terpublikasi tiga tahun yang lalu, objek penelitian yang se-homogen mungkin dengan objek kita, minimal tiga kajian literatur dari setiap masalah yang sudah Bapak Ibu identifikasi, dan memilih publisher yang berindeks.
2. Wawancara
Wawancara sebaiknya dilakukan kepada rekan sejawat yang se-homogen dengan objek kita (Kelas dari objek penelitian dan rumpun mata pelajarannya sama). Minimal tiga hasil wawancara dari setiap masalah yang sudah Bapak Ibu identifikasi. Kemudian, sebelum melakukan wawancara, Bapak Ibu perlu mempersiapkan terlebih dahulu Berita Acara Wawancara. Berikut saya lampirkan Contoh Berita Acara Wawancara LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah.
Link contoh Berita Acara Wawancara LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah
C. Analisis Eksplorasi Penyebab Masalah
Pada kolom ke-tiga ini, Bapak Ibu melakukan analisis dari kajian literatur dan hasil wawancara, serta dikonfirmasi melalui observasi dan pengamatan. Dari hasil analisis ini didapatkan penyebab dari Masalah yang telah Bapak Ibu identifikasi. Disarankan untuk menuliskan minimal tiga penyebab dari Masalah yang telah Bapak Ibu identifikasi. Kemudian ditambahkan juga pada kolom ini, minimal sejumlah tiga buah saran solusi dari Masalah yang telah Bapak Ibu identifikasi.
Demikian sedikit paparan dari saya terkait LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah, semoga apa yang saya paparkan bisa sedikit membantu Bapak Ibu yang sedang menyusun LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah. Berikut, saya lampirkan juga contoh LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah versi saya. Adapun untuk kesesuaiannya, Bapak Ibu saya harapkan senantiasa berdiskusi dengan Dosen maupun Guru Pamong Bapak Ibu sekalian. Semoga lancar Bapak Ibu.
Link contoh LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah