AKSI NYATA
MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
Oleh: Wahyu Kurniasih
CGP Angkatan 11 Kab. Banyumas
Â
Tujuan Pembelajaran Khusus:Â
Membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial dan emosional dengan 4 indikator, yaitu:  pengajaran eksplisit, integrasi dalam  praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan sekolah, dan penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah  dan serta merefleksikannya.
Pertanyaan Panduan :
Apa yang  Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut?  (Peristiwa)Â
Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)
Apa  hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)
Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)
Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)
Refleksi Aksi Nyata Model 4 P ( Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan)
Merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway refleksi hasil pembelajaran dengan menggunakan kerangka 4p Peristiwa (Facts) perasaan (Feelings) Pembelajaran (Findings) penerapan (Future).
Apa yang  Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut?  (Peristiwa)Â
Dalam proses berbagi pemahaman mengenai pembelajaran sosial emosional kepada rekan guru, saya melihat bahwa beberapa guru masih memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep ini dan bagaimana penerapannya dalam kelas. Pada kegiatan ini saya mencoba memaparkan kompetensi sosial dan emosional (KSE) yang harus dimiliki baik oleh guru maupun murid beserta teknik mewujudkan KSE menggunakan kesadaran penuh (mindfulness), karena indikator pembelajaran sosial dan emosional berkaitan dengan kelas dan sekolah demi tercapainya kondisi well-being.
Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami?
(Perasaan)
Perasaan saya saat berbagi pengetahuan adalah bahagia karena dapat berbagi dengan teman dan senang karena rekan sejawat tertarik dengan apa yang saya sampaikan.
Apa  hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran/findings)
Pembelajaran yang dapat kami peroleh saat berbagi pemahaman adalah keinginan yang kuat untuk dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelas dengan menerapkan pembelajaran Sosial Emosional.
Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)
Umpan balik yang saya terima yaitu adanya antusiasme untuk menerapkan pembelajaran sosial emosional di kelas.
Penerapan (future)
Yang ingin saya perbaiki dan tingkatkan yaitu menerapkan Pembelajaran Sosial Emosional di dalam kelas secara konsisten bukan hanya saat tertentu saja, sehingga dapat menciptakan suasana nyaman untuk belajar bagi siswa, dengan tujuan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H