Mohon tunggu...
Wahyu Iskandaria
Wahyu Iskandaria Mohon Tunggu... wiraswasta -

bisnis, baca, jalan-jalan, CEO bimbel ENS http://www.ens-stan.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Urutan Orang Terkaya Dari Suatu Bisnis MLM

13 September 2011   02:59 Diperbarui: 26 Juni 2015   02:00 4842
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Hitung Kasar.  Urutan orang terkaya dari bisnis MLM:


  1. Founder/Owner Perusahaan
  2. Level tingkat 1
  3. Level tingkat 2
  4. Level tingkat 3
  5. Level seterusnya


SOS: level terakhir adalah level mengenaskan karena pasarnya sebagian besar sudah terjamah level atasnya

kenapa demikian? Berikut analisanya:

MLM adalah kepanjangan dari Multi Level Marketing.  Pada umumnya sistem bisnis MLM dilakukan dengan cara menjaring calon nasabah yang sekaligus berfungsi sebagai konsumen dan member (anggota) dari perusahaan yang melakukan praktek MLM.

A. Sitem kerja MLM


  1. Petama pihak perusahaan berusaha menjaring konsumen untuk menjadi member, dengan cara mengharuskan calon konsumen membeli paket produk perusahaan dengan harga tertentu.
  2. Dengan membeli paket produk perusahaan tersebut, pihak pembeli diberi satu formulir keanggotaan (member) adri perusahaan.
  3. Sesudah menjadi member, member mencari member-meber baru dengan cara seperti diatas, yakni membeli produk perusahaan dan mengisi formulir keanggotaan.
  4. para member baru harus mencari calon-calon member baru lagi dengan cara seperti diatas.
  5. dengan adanya para member baru ini sekaligus menjadi konsumen dari produk perusahaan, maka member yang berada pada level pertama, kedua, dan seterusnyaakan selalu mendapatkan bonus secara estafet dari perusahaan, karena perusahaan diuntungkan dengan adanya member-member tersebut.


B. Yang diuntungkan

Bukti bahwa yang diuntungkan dari sistem adalah tingkatan  atas, sedangkan tingkatan bawah dirugikan karena pada tingkatan bawah adalah tingkatan paling banyak sehingga pasarnya semakin berkurang. Sebagai gambaran, apabila ada suatu perusahaan MLM yang mengharuskan seetiap anggotanya merekrut lima orang anggota lainnya, maka hitungannya sebagai berikut:

level                   Jumal Orang Perlevel                 total Orang yang Dibutuhkan

1                               1                                                                                  1

2                              5                                                                                  6

3                             25                                                                                31

4                             125                                                                              176

5                             625                                                                              801

6                             3125                                                                          3.926

7                             15.625                                                                       19.551

8                             78.125                                                                       97.676

9                              390.625                                                                   488.301

10                            1.953.625                                                               2.441.426

11                             9.795.625                                                              12.207.051

C. Fakta dari bisnis MLM:


  1. Sebenarnya anggota MLM tidak menginginkan produknya, akan tetapi tujuan utama mereka adalah penghasilan dan kekayaan yang banyak serta cepat yang akan diperoleh setiap anggota hanya dengan membayar seditkit uang.
  2. Harga produk MLM yang dibeli sebenarnya tidak sampai 30% dari uang yang dibayarkan pada perusahaan MLM.
  3. Bahwa produk inibisa dipindahkan oleh semua orang dengan biaya yang sangat ringan, dengan cara mengakses dari situs perusahaan di jaringan internet.
  4. bahwa perusahaan meminta para anggotanya untuk memperbaharui keanggotaannya setiap tahun dengan iming-iming berbagai program baru yang akan diberikan pada mereka.
  5. tujuan perusahaan adalah membangun jaringan personil secara estafet dan berkesinambungan. Yang mana ini akan menguntungkan anggota yang berada pada level atas (Upline) sedangkan level bawah (downline) selalu memberikan nilai point pada yang berada dilevel atas mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun