kurikulum merdeka adalah adanya projek penguatan profil pelajar pancasila. Bagi guru-guru yang sudah terbiasa menyelenggarakan pembelajaran berbasis projek, tentu mudah untuk menyesuaikan. Tapi bagi guru-guru yang belum mengetahui atau malah baru mendengar sama sekali tentang pembelajaran projek, tentu akan memberikan respon beraneka ragam. Ada yang langsung resistensi, ada yang merasa tertantang untuk mempelajarinya.
Perbedaan mencolok antara kurikulum 2013 denganBagaimana sebenarnya pembelajaran berbasis projek itu ?. Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan projek atau kegiatan sebagai media. Menurut Kemdikbud (2013), peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.
Dalam kurikulum merdeka, pembelajaran berbasis projek di alokasikan khusus waktunya dan disusun berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Beberapa pertanyaan bagi orang yang baru mengenal projek. Untuk apa ada projek ?, mengapa perlu ada projek ?, bagaimana gambaran pelaksanaan projek ?, apa saja prinsip-prinsip dalam projek ?, dan apa manfaat dari projek ?. Projek yang dimaksud disini adalah projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Untuk apa ada projek penguatan profil pelajar Pancasila ?
Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta  didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Sesuai dengan visi pendidikan Indonesia, pelajar Indonesia haruslah memiliki profil :
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
- Berkebhinekaan global
- Bergotong royong
- Mandiri
- Bernalar kritis
- Kreatif
Mengapa perlu ada projek penguatan profil pelajar Pancasila ?
Memberikan kesempatan kepada peserta didik pengalaman untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Agar supaya peserta didik tidak hanya memiliki pengetahuan saja, tetapi juga dapat mengalaminya sendiri.
Dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting yang ada di masyarakat sekitarnya seperti perubahan iklim, radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.
Bagaimana gambaran pelaksanaan projek penguatan pelajar Pancasila ?
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap pemecahan permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.
- P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek
- Dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila
- Pelaksanaannya dilaksanakan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan
- Dirancang terpisah dari intrakurikuler (tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek profil tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler)
- Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila
Apa saja prinsip-prinsip dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila ?
Ada empat prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila
1. Holistik
Holistik bermakna memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau tidak terpisah-pisah. Kegiatan P5 merupakan wadah untuk meleburkan beragam perspektif dan konten pengetahuan secara terpadu
2. Kontekstual
Kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaaman nyata yang dihadapi dalam keseharian. Kegiatan P5 membuka ruang dan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat mengeksplorasi berbagai hal di luar lingkup satuan pendidikan.
3. Berpusat pada Peserta Didik
Peserta didik menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek profil sesuai minatnya. Kegiatan P5 dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam memunculkan inisiatif serta meningkatkan daya untuk menentukan pilihan dan memecahkan masalah yang dihadapinya.
4. Eksploratif
Eksploratif bermakna semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses pengembangan diri dan inkuiri, baik terstruktur maupun bebas. Kegiatan P5 menggenapkan dan menguatkan kemampuan yang sudah peserta didik dapatkan dalam intrakurikule
Apa manfaat dari projek penguatan pelajar Pancasila ?
Manfaat P5 untuk satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik
- Manfaat untuk satuan pendidikan
- Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat
- Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.
- Manfaat untuk pendidik
- Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran
- Manfaat untuk peserta didik
- Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila
Referensi :
BSKAP, 2022, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta, Kemdikbudristek.
BSKAP : Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H