Mohon tunggu...
Wahyudi
Wahyudi Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Negeri Prupuk Utara 02

Saya berprofesi sebagi guru di salah satu Sekolah Dasar Negeri di wilayah kecamatan maragasri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penerapan Model Discovery Learning dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

8 Desember 2020   06:26 Diperbarui: 8 Desember 2020   06:32 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar belakang

Pada tahun 2020 ini baik dunia pada umumnya dan Negara Indonesia khususnya sedang dilanda pandemi Covid -19 yang mempunyai dampak luar biasa dari berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pendidikan di masa pandemi ini menuntut baik skala umum di dunia pendidikan maupun skala khusus pada guru itu sendiri agar pendidikan bagi siswa masih terus berjalan. 

Maka dengan berbagai pertimbangan pemerintah memutuskan untuk malaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sering di kenal dengan Belajar dari rumah (BDR) sesuai dengan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelengaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. 

BDR dapat dilakukan dengan pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Di samping itu pula guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran secara daring yang inovatif sehingga siswa merasa senang  dan bersemangat seperti pada saat pembelajaran tatap muka.

Namun seiring dengan berjalannya waktu siswa mulai merasa bosan dengan pembelajaran daring, dibuktikan dengan minat terhadap pembelajaran maupun dengan muatan pelajaran. 

Salah satu faktor penyebab minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring pada materi hubungan antar makhluk hidup di kelas V SD Negeri Prupuk Utara 02 adalah guru belum mengoptimalkan moedel pebelajaran serta metode yang pas dalam pembelajarn daring tersebut.  Maka disinilah guru harus mempunyai strategi untuk meningkatkan minat siswa tersebut pada pembelajaran dan muatan pelajaran.

Hal itu ditunjukan bahwa dari jumlah siswa 36 anak yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dari jumlah tersebut hanya 61% atau 22 siswa saja yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 39% yaitu 14 siswa belum mencapai ketuntasan belajar.

Untuk memperbaiki masalah pada siswa tersebut, peneliti akan melakukan penelitian tindakan kelas, dengan harapan permasalahan yang di alami oleh peserta didik tersebut bisa terpecahkan. Menghadapi masalah tersebut, guru berusaha mengatasi masalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan mind mapping. 

Menurut Durajad (2008) model Discovery Learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dalam bentuk finalnya tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri. Sedangkan Mind Mapping enurut Tony Buzan (2008) adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menagkap pikiran dari berbagai sudut. Guru berpedoman bahwa dengan penerapan model yang tepat, maka masalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa dapat teratasi.

Hasil penelitian yang memperkuat peneliti tindakan kelas  dengan model pembelajaran Discovery Learning adalah Nabila Yulianda (2018)  yang berjudul “Penggunaan Model Belajar Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar di Sekolah Dasar”  dan  oleh Halimatun Sakidah (2018) berjudul “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Eksosistem Kelas V MIN 10 Aceh Besar”.T

Tujuan Penelitian

  • Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SD Negeri Prupuk Utara 02 melalui model pembelajarn discovery learning dengan  mind mapping pada mauatan pelajaran IPA tentang hubungan antar makhluk hidup.
  • Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Prupuk Utara 02 melalui model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada muatan pelajaran IPA tentang hubungan antar makhluk hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun