Mohon tunggu...
Wahyu MulyaningsihSPdAUD
Wahyu MulyaningsihSPdAUD Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Saya salah satu guru TK di TK swasta dibawah pimpinan pemerintah desa. Saya sudah sejak 2006 bergabung menjadi guru TK.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kemampuan Huruf pada Anak dengan Permainan Kantong Ajaib

21 November 2023   08:28 Diperbarui: 21 November 2023   13:27 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Agar kemampuan anak dapat berkembang lebih optimal, guru sebagai pelaksana pendidikan diharapkan dapat menentukan metode yang tepat dalam menyampaikan suatu materi, memilih media pembelajaran yang cocok, serta sumber belajar yang sesuai yaitu dengan pemanfaatan sumber belajar yang ada di lingkungan sekolah masing-masing. Apabila kegiatan membaca diberikan melalui berbagai macam permainan tentunya kegiatan membaca menjadi lebih menarik dan efektif karena bermain merupakan wahana belajar dan bekerja bagi anak, Gusnita (2019).

dokpri
dokpri

Kantong ajaib merupakan alat yang digunakan guru untuk melakukan proses kegiatan pembelajaran dimana anak dapat mengenal konsep huruf a-z. Yus (2011:20) mengemukakan bahwa "media kantong ajaib digunakan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk dan warna agar dapat meningkatkan pengetahuan anak". Selanjutnya Lev Vigostsky (dalam Suyadi, 2010:11) mengemukakan bahwa "pengalaman interaksi sosial merupakan hal yang penting bagi perkembangan proses berpikir anak".

Berdasarkan diskripsi  di atas untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kantong ajaib maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak merupakan suatu kegiatan yang terpadu, yang tercakup beberapa kegiatan yaitu menyebutkan huruf dari sebuah kata melalui permainan kantong ajaib, menyebutkan huruf awal dan akhir dari sebuah kata melalui permainan kantong ajaib,menyebutkan huruf vocal dan konsonan dari sebuah kata melalui permainan kantong ajaib dan menyusun huruf menjadi kata melalui permainan kantong ajaib.

Cara Pembuatan Kantong Ajaib :

  • Kain perca di jait dibentuk kantong dilengkapi dengan tali disampingnya.
  • Huruf -- huruf yang telah dibentuk sesuai ukuran digunting.
  • Guntingan huruf dilaminating atau bisa dilakban bening.
  • Belakangnya ditempeli klip biar mudah untuk ditempel.

Permainan kantong ajaib ini merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan upaya agar anak dapat menyebutkan huruf dari sebuah kata melalui permainan kantong ajaib, anak dapat menyebutkan huruf awal dan akhir dari sebuah kata melalui permainan kantong ajaib, anak dapat menyebutkan huruf vocal dan konsonan dari sebuah kata melalui melalui permainan kantong ajaib dan anak dapat menyusun huruf menjadi kata melalui permainan kantong ajaib. 

Penelitian ini telah berhasil dilakukan dalam peningkatan kemampuan mengenal huruf anak sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan kantong ajaib dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak.

dokpri
dokpri

Cara Penggunaan Kantong Ajaib :

  • Anak -- anak mengambil kartu huruf yang ada didalam kantong ajaib.
  • Anak- anak menemukan huruf mengambil dan memperlihatkan huruf .
  • Anak -- anak mempresentasikan huruf yang didapatkannya.
  • Guru memberikan kalimat pematik agar anak- anak menemukan huruf yang lain juga.

dokpri
dokpri

Kegiatan permainan kantong ajaib ini adalah suatu kegiatan yang dapat merangsang perkembangan mengenal huruf anak. Dalam bermain anak merasakan kesenangan, kenikmatan dan kebebasan tersendiri salah satunya dengan permainan kantong ajaib. 

Bermain sangat disukai anak dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, bermain dapat digunakan anak untuk menjelajah dunianya, mengembangkan kompetensi dalam usaha mengatasi dunianya dan mengembangkan kreatifitas anak. 

Bermain juga diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan atau tanpa menggunakan alat yang menghasilkan pengertian, memberikan informasi, memberikan kesenangan dan dapat mengembangkan imajinasi anak. (Putri, 2019) Bermain adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak pada kegiatan permainan kantong ajaib.

dokpri
dokpri

Tujuan dari penggunaan media ini adalah untuk menstimulus perkembangan bahasa pada anak yang mengarah pada tahap keaksaraan awal anak. Sehingga anak lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti kegiatan.

Semoga info diatas bermanfaat bagi kita semua.

Penulis Wahyu Mulyaningsih, S.Pd.AUD TK Dharma Wanita Kuwarasan II Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun