Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... Programmer/IT Consultant - https://vrgultom.wordpress.com

IT - Data Modeler; Financial Planner

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Tinggallah Lebih Lama untuk Mengenal Jakarta

22 Juni 2023   12:58 Diperbarui: 24 Juni 2023   09:55 467
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Penampilan ondel-ondel meramaikan parade budaya menyambut HUT Ke-496 Jakarta di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (11/6/2023). (Foto: FAKHRI FADLURROHMAN/KOMPAS.ID)

"Kak Vero!", suara seseorang memanggil ketika saya bersama beberapa teman baru naik KOPAJA jurusan Blok M-Pondok Indah. Saya menoleh ke arah suara, namun tak terlihat seorang pun yang saya kenal. Ah, mungkin yang dipanggil orang lain.

"Kak Vero!", suara itu memanggil lagi dari arah yang sama.

Kembali saya tolehkan kepala. Seorang wanita tak jauh dari posisi saya, melambaikan tangan.

"Kak Vero, ini Rani, dulu kita kost bareng!", lanjut wanita itu.

Ah iya...saya ingat! Rani teman satu kost waktu baru pindah ke Jakarta beberapa tahun lalu.

Saya menghampiri dan duduk di bangku disebelahnya. Obrolan singkat saling bertanya kabar pun terjadi. Walau singkat, obrolan itu cukup membuat saya tahu kondisi Rani saat ini. Ternyata Rani yang sekarang tidak jauh beda dari Rani yang dulu. Bedanya, dulu, kemana-mana dia naik taksi.

Setelah kami turun duluan, seorang teman nyeletuk,"Temen lu Ver? Kaya gitu amat pake bajunya!"

Saya hanya tersenyum. Teringat lagi beberapa tahun silam, Rani sering minta ditemani entah itu ke warung, ke ATM, atau tempat lain yang tidak jauh dari kost kami, dengan gaya berpakaian yang sama. 

Sejujurnya agak risih berjalan bersama dia, khawatir kalau-kalau ada teman kantor yang melihat kami dan salah sangka. Bisa rusak reputasi saya. Begitu pemikiran saya dulu. Lokasi kantor saya sendiri hanya lima menit berjalan kaki dari tempat kost.

Pernah suatu kali, dia minta ditemani ke sebuah tempat dan dengan terus terang saya katakan,"Tapi pakai bajunya yang bener ya!"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun