Mohon tunggu...
Silvi Novitasari
Silvi Novitasari Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Lepas

Penyuka kamu, buku, senja, dan keindahan. Sempat jadi orang yang ansos, tapi akhirnya jadi orang sosial lewat tulisan. Bahkan menjadi sarjana sosial :D

Selanjutnya

Tutup

Gadget Artikel Utama

Makin Dibutuhkan, Benarkah Masa Depan Content Writer Kian Gemilang?

29 Agustus 2020   16:54 Diperbarui: 29 Agustus 2020   22:30 1380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Masa depan content writer nampaknya menjadi pembahasan yang cukup menarik di era digital kini. Bagaimana tidak, maraknya perkembangan internet dan dunia digital, tidak terlepas dari kehadiran orang-orang yang menghadirkan tulisan di belakangnya. 

Sudah bukan rahasia, informasi bak jadi kebutuhan dan makanan pokok yang senantiasa di lahap masyarakat setiap harinya.

Asupan informasi terkini dan ter-update, menjadi hal yang harus dipenuhi agar seseorang tidak dianggap “ketinggalan zaman”. Apalagi dengan kemudahan aksesi yang menjadikan informasi serta konten-konten terkini jadi lebih praktis dinikmati. Tentunya, semua itu tidak terlepas dari kehadiran seorang content writer.

Apa Itu Content Writer?

Bagi masyarakat, mungkin istilah content writer ini sudah tidak asing lagi di dengar. Bahkan, di berbagai bio profil seseorang hingga lowongan-lowongan pekerjaan, sering tersemat istilah tersebut. 

Jika diartikan secara harfiah, semua orang akan tahu bahwa content writer atau yang akrab disapa sebagai penulis konten. Merupakan orang yang membuat tulisan berupa opini, artikel, berita dan jenis tulisan lainnya yang kemudian dipublikasikan di internet.

Bisa juga dikatakan sebagai seorang penulis yang membuat konten untuk memberikan informasi tentang sebuah produk atau jasa. Namun, jika diteliti lebih jauh lagi, tentu istilah penulis konten ini punya makna yang lebih luas. Bahkan tidak sesederhana makna harfiah jika dibandingkan tugas, tanggungjawab, hingga peranannya.

Jika diartikan secara umum, maka content writer adalah seorang penulis profesional yang mampu menghadirkan konten-konten menarik untuk kemudian di publikasikan di media online. 

Mengapa dikatakan profesional? Karena jenis konten atau tulisan yang dibuat, sangat variatif. Tidak terbatas pada artikel online untuk berbagai jenis website, melainkan juga untuk naskah marketing, podcast, e-book, bahkan teks untuk sebuah grafik.

Tugas dan Tanggung Jawab Content Writer

Berbicara soal masa depan content writer memang tidak akan ada habisnya. Selama manusia membutuhkan informasi, maka selama itu pula penulis konten akan selalu dibutuhkan. 

Apalagi dengan tugas dan tanggung jawab dari posisi ini yang bisa dikatakan cukup multitasking. Beberapanya terangkum seperti berikut ini:

  • Seorang penulis konten dituntut agar bisa menyeimbangkan antara konten yang dibuat, dengan topik situs yang ada. Begitu pun juga dengan tuntutan agar bisa menghubungkan halaman website pada konten yang sudah dibuat tersebut.
  • Penulis konten pun punya tanggung jawab untuk mengatur informasi apa yang harus dimasukkan pada sebuah situs.
  • Tanggung jawab lainnya adalah membuat pembaca mendapatkan sesuatu dari konten yang mereka buat. Sekaligus, dalam dunia bisnis pun punya tugas untuk memberikan pesan yang ingin disampaikan perusahaan atau brand pada khalayak luas melalui tulisan.

Dengan beberapa tugas serta tanggungjawab tersebut, tentu tidak salah jika mengatakan bahwa content writer adalah seorang yang profesional. Bahkan, bisa juga disebut sebagai profesi hibrida yang merupakan hasil persilangan antara kegiatan menulis dengan keahlian tertentu di suatu bidang, sesuai keinginan juga spesifikasi pihak perusahaan. 

Jika sudah masuk ranah bisnis misalnya, maka content writer tidak hanya menyampaikan informasi, namun juga menjual setiap produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.

Bukan hanya itu, seorang content writer pun dituntut untuk memiliki keahlian yang menjadi pelengkap. Baik itu masalah SEO (Search Engine Optimization) yang erat kaitannya dengan masalah optimasi konten di website. Harus melek teknologi dan informasi terkini yang ada di masyarakat. Dan tentunya peka terhadap tren yang sedang banyak digandrungi.

Seberapa Penting Content Writer untuk Perusahaan?

Setelah mengetahui apa itu content writer hingga beberapa tugas dan tanggungjawabnya, lantas, bagaimana peranan untuk perusahaan? Apakah seorang content writer merupakan posisi penting bagi sebuah perusahaan? 

Tentu saja penting. Bahkan, bisa dikatakan bahwa content writer ini merupakan posisi yang wajib ada di semua perusahaan.

Berikut ini merupakan beberapa alasan yang mendasari betapa pentingnya penulis konten, dan mengapa perusahaan membutuhkannya.

  • Content sama dengan Uang

Mengingat era zaman saat ini yang semakin modern serta terdigitalisasi dengan sangat lekat, konten menjadi hal krusial yang tentunya harus selalu di-update. Setiap kata-kata yang terangkai hingga membentuk sebuah tulisan akan selalu dibutuhkan dalam membuat informasi. Sekalipun semua informasi nantinya berbentuk ungkapan audio, tentu tetap harus ada seseorang yang membuah naskah di belakangnya.

Saat ini, konten menjadi mata uang baru yang banyak dicari oleh perusahaan. Dengan konten, orang bisa berlama-lama untuk membaca informasi atau tulisan apapun di sebuah blog. Pun dengan konten, seseorang bisa lebih sadar dan peka tentang kehadiran suatu perusahaan atau produk tertentu. Itulah mengapa, perusahaan harus bisa membuat dan menghasilkan konten untuk menunjang perkembangan perusahaannya sendiri.

Dengan adanya posisi penulis konten di sebuah perusahaan, tentu bisa menjadi media perusahaan mendapatkan uang di era digital. Karena penulis konten inilah yang bisa menghasilkan konten tersebut. 

Semakin banyak konten dan informasi yang disebarkan oleh perusahaan, semakin banyak pasarnya, dan tentu semakin banyak pula uang yang didapat oleh perusahaan.

  • Content Meningkatkan Kredibilitas dan Eskistensi Perusahaan

Sebagus apapun sebuah perusahaan, semenarik dan sebagus apapun produknya, jika tidak dikenali oleh masyarakat, apa yang terjadi? Apakah perusahaan tersebut akan dikenal sebagai perusahaan dengan produk yang baik? Untuk bisa tampil eksis di masyarakat, tentu masyarakat harus punya gebrakan baru.

Di era digital saat ini, semuanya sudah semakin mudah ketika perusahaan ingin menaikkan citranya. Cukup dengan membuat konten powerful yang bisa memikat masyarakat agar menyadari kehadiran perusahaan tersebut. 

Berikan informasi yang menunjang bahwa perusahaan punya produk solutif untuk menjawab masalah yang ada di masyarakat. Dan hal tersebut bisa dilakukan oleh seorang content writer.

  • Content sebagai Pencipta Branding dan Senjata Penjualan 

Ketika sebuah website yang dimiliki oleh suatu perusahaan konsisten dalam membuat konten, memberikan informasi, maka secara tidak langsung bisa mem-branding perusahaan itu sendiri. 

Dulu, perusahaan harus mengeluarkan biaya cukup banyak untuk memasang iklan di televisi agar brand-nya dikenal luas. Namun saat ini, cukup dengan membuat konten, maka perusahaan bisa disadari kehadirannya oleh masyarakat.

Tak hanya masalah branding, penjualan pun bisa otomatis ditaklukan dengan konten. Bisa dibilang konten pun merupakan senjata penjualan paling ampuh karena bisa mengubah presepsi seseorang yang membacanya. 

Ketika seorang content writer membuat konten, lantas menyisipi tawaran menarik tentang produk perusahaan, bukan tidak mungkin bahwa itulah yang jadi jembatan atau perantara proses penjualan produknya kepada masyarakat.

Bagaimana Eksistensi Content Writer di Masa Depan?

Sudah diuraikan sebelumnya mengenai berbagai peranan content writer hingga alasan-alasan mengapa perusahaan sangat membutuhkan orang di posisi ini. Di era masyarakat digital, tentu posisi content writer akan tetap dibutuhkan. 

Hal itu sudah terbukti sekarang, banyak perusahaan yang mencari para pekerja di posisi ini. Tentu itu membuktikan bahwa memang perusahaan sangat membutuhkan seorang penulis konten untuk menunjang perkembangan perusahaannya.

Meskipun begitu, muncul sebuah kekhawatiran tentang bagaimana masa depan content writer selanjutnya? Apakah akan tetap eksis seperti sekarang ini, atau malah semakin memudar? Beberapa alasan berikut, bisa menjadi jawaban atau pertimbangan atas beberapa pertanyaan tersebut.

Internet, siapa sih yang tidak kenal atau tidak tahu dengan internet? Bahkan, semakin hari nampaknya masyarakat semakin ketergantungan dengan jaringan internet. 

Masyarakat yang semakin mendigital, tentu akan selalu membutuhkan internet. Lantas, mengapa masyarakat membutuhkan internet? Jawabannya tentu untuk mendapatkan informasi dari berbagai media digital. 

Semasa pandemi global Covid-19 misalnya, penggunaan internet semakin marak. Semua aktivitas dilakukan secara online melalui perangkat digital.

Tentu ada kaitan yang cukup mencolok antara internet dengan eksistensi seorang penulis konten. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan masyarakat akan mengakses internet untuk mendapatkan informasi. Informasi yang dicari pun luas dan bahkan mencakup semua kebutuhan hidup masyarakat. 

Selama internet masih banyak digunakan oleh masyarakat, maka selama itu pula seorang penulis konten akan tetap eksis untuk menghasilkan beragam informasi di internet.

  • Content is The King

Bagi Anda yang bergelut di dunia internet khususnya seperti website atau blog, tentu tidak akan asing dengan istilah tersebut. Bagaimana tidak, dalam sebuah website, konten adalah raja yang ada di sana. Jika diibaratkan, website yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan merupakan rumah. Sementara konten, adalah penghuni yang menjadi penentu hidup atau tidaknya suasana rumah tersebut.

Saat ini, pertumbuhan website semakin banyak. Begitu pun dengan persaingannya yang selalu berlomba-lomba agar bisa memenangkan rank teratas di mesin pencari seperti Google. 

Pasalnya, website yang berada di urutan paling atas bisa dikatakan merupakan web yang punya otoritas tinggi di mata Google. Tentunya menjadi website yang paling dipercaya juga oleh masyarakat yang sedang mencari informasi.

Dalam mencapai posisi tertinggi di Google, pastinya perlu perjuangan yang tidak mudah. Salah satunya adalah berhubungan dengan konten yang dibuat. Meskipun indeks penilaian Google, atau algoritma Google terus diperbaharui, namun tetap saja konten menjadi hal krusial dalam menentukan penilaian sebuah situs. Hal ini berarti bahwa, search engine sangat memperhitungkan dan menghargai kehadiran konten di sebuah website.

Bagi perusahaan yang ingin ikut terjun ke dunia internet, menyelaraskan zaman yang berbasis digital, tentu harus sangat paham akan masalah ini. Itulah mengapa, penulis konten banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Bahkan masa depan content writer dianggap punya peluang yang sangat tinggi, sebab konten akan tetap menjadi salah satu indeks penilaian dalam menentukan bagaimana kredibilitas dan otoritas sebuah website di mata Google.

  • Komunikasi dengan Kata-Kata Masih sangat Dibutuhkan

Seperti yang kita tahu, bahwa komunikasi adalah hal yang cukup penting untuk bisa menjalani kehidupan dengan normal dan lancar. Tentunya, akan sangat tidak mungkin seseorang mampu bertahan hidup tanpa berkomunikasi apapun dengan orang lain. Salah satu jenis komunikasi yang dilakukan adalah melalui kata-kata yang ditulis.

Selama masyarakat masih sering berkomunikasi lewat kata-kata, masih senang membaca informasi lewat kata-kata atau tulisan, maka masa depan content writer masih terbentang sangat luas. 

Perlu waktu yang sangat lama jika harus menggantikan posisi penulis konten oleh mesin. Apalagi perkembangan bahasa pun bisa jadi berubah-ubah, tergantung generasi dan tingkat kreativitas masyarakat. Terlebih, kebanyakan penulis konten di sebuah negara, akan sangat sulit digantikan oleh penulis konten dari luar negaranya.

  • Skill Menulis akan Selalu Dibutuhkan

Penulis konten merupakan sebuah profesi yang berangkat dari skill atau kemampuan menulis seseorang. Rupanya, skill menulis ini merupakan kemampuan yang akan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu. Tak heran, peluang seseorang yang mengambil pekerjaan sebagai content writer pun  akan sangat bagus dan panjang. Terlebih, kemampuan menulis seorang content writer akan sangat mudah dikembangkan.

Pada dasarnya, menulis bukanlah kemampuan yang bersifat tetap. Kemampuannya akan mudah dikembangkan sesuai tingkat kreatifitas dan kemauan dari orang tersebut. Sebagai contohnya seorang penulis konten, yang jika skillnya terus diasah, dilengkapi dengan kecakapan lain, maka selanjutnya bisa berkembang menjadi editor, copywriter, creative content lead, atau bahkan script writer

Apalagi, setiap bidang yang didasari skill menulis semuanya akan saling berhubungan. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa dengan satu skill, seseorang bisa menempati beberapa posisi.

  • Industri Semakin Banyak

Coba kita bandingkan bagaimana perkembangan dunia industri dari tahun ke tahunnya. Tentunya banyak mengalami peningkatan, bukan? Hal ini pulalah yang  bisa dijadikan gambaran bagaimana masa depan content writer. 

Semakin banyak industri yang tumbuh dan berkembang, maka semakin banyak juga penulis konten dibutuhkan. Pasalnya, hampir semua industri apapun bidangnya, akan memerlukan konten untuk mencari reach audiens yang saat ini sudah masuk ke ranah digital.

Seiring dengan arus digitalisasi, maka arus perkembangan dunia industri pun akan tumbuh beriringan. Apalagi sebuah industri baru, tidak mungkin tumbuh jika tanpa mengikuti trend yang sedang berlaku saat itu. 

Kehadiran penulis konten pastinya akan hadir beriringan dengan kedua hal tersebut. Perusahaan manapun tentu tidak mampu mengikuti perkembangan zaman jika tidak ada orang yang mampu menunjangnya, di mana hal ini adalah penulis konten.

  • Media Digital Berkembang dan Terus Berinovasi

Bukan hal asing, kemunculan era digital yang lekat dengan internet memberi peluang baru bagi industri yang bergerak di sistem digital. Begitu dengan banyaknya kehadiran tim digital marketing, digital creative, digital strategis dan sebagainya yang jadi pertanda semakin riuh dunia digital. Apalagi setiap media digital ini terus berkembang dan berinovasi. 

Bisa kita lihat sendiri, bukan hanya internet seperti Google yang marak, tapi juga media lain seperti media sosial; Instagram, Facebook, Youtube, dan lainnya.

Tentu dengan kehadiran beberapa media digital tersebut membawa peluang tersendiri bagi masa depan content writer. Karena penulis konten ini tidak terbatas pada konten yang dibuat untuk mengisi website saja. 

Melainkan juga untuk media-media sosial yang saat ini mulai digemari untuk menunjang perkembangan bisnis sebuah perusahaan. Bahkan, beberapa bisnis pun mengaku bahwa cara digital seperti inilah yang mampu menarik pasar jadi lebih banyak sehingga bisnis cepat maju.

Masa Depan Content Writer

Melihat beberapa fakta yang ada di lapangan, bagaimana pertumbuhan perusahaan, bagaimana perkembangan era digital yang semakin marak, dan bagaimana peranan konten dalam mendukung itu semua. 

Tentunya, hal tersebut bisa dijadikan peluang yang tidak terbantahkan bahwa masa depan content writer dari waktu ke waktu akan semakin dibutuhkan. Apapun jenis industrinya dan apapun jenis konten yang dihadirkannya.

Manusia tidak tahu kapan akan terlepas dari era digital ini. Pun, masyarakat tidak tahu sampai kapan akan merasa tidak peduli atau tidak butuh dengan berbagai informasi. 

Selama manusia masih membutuhkan informasi dan peran dunia digital, maka secara otomatis, manusia masih membutuhkan penulis konten. Di mana penulis inilah yang mampu menghasilkan konten-konten yang bisa dengan mudah didapatkan oleh masyarakat melalui internet.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun