BERKENALAN DENGAN "MULTIMEDIA"
Multimedia berasal dari dua kata yaitu multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti perantara. Dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan gabungan dari beberapa unsur seperti grafik, teks, suara, video dan animasi yang mampu menghasilkan suatu karya berupa presentasi dalam bidang pendidikan, perkerjaan maupun hiburan. Melalui multimedia kita dapat menyampaikan pesan kepada khalayak dengan bentuk dan pola yang menarik agar pesan yang hendak disampaikan dapat terlaksana.
Terdapat lima unsur yang berada dalam sistem  multimedia :
- Teks
- Teks merupakan perantara paling dasar dalam unsur multimedia yang digunakan untuk menjelaskan pesan secara lisan. Pemilihan kata-kata, jenis teks, dan ukuran yang tepat dapat menjadi kunci agar pesan dapat dengan mudah diterima oleh khalayak. Teks dalam multimedia dapat digunakan untuk isi namun juga menu, tombol navigasi dan semacamnya.
- Grafik
- Grafik merupakan gambar dua dimensi. Grafik juga menjadi unsur yang penting dalam multimedia karena dapat menyampaikan pesan hanya dengan menampilkan bentuk simbol (gambar). Pesan melalui grafik dapat di sampaikan secara manual seperti gambar tangan atau melalui teknologi komputer dengan menampilkan diagram, gambar dan sebagainya.
- Suara
- Suara atau audio merupakan unsur multimedia yang dapat menyampaikan pesan dengan hanya melalui indera pendengaran dengan tujuan agar memberi warna pada pesan agar khalayak tidak merasa jenuh. Contohnya seperti narasi, effect atau backsound.
- Animasi
- Animasi merupakan kumpulan gambar yang dirancang dan diolah sedemikan rupa sehingga bergerak. Animasi dalam unsur multimedia menampilkan tampilan visual yang lebih dinamis dengan tampilannya yang dapat berbentuk dua dimensi, tiga dimensi dan kesan yang khas. Animasi pada saat ini tidak hanya pada media hiburan saja namun juga sangat banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti pada media pendidikan, iklan, presentasi dan semacamnya.
- Video
- Video merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, mentransmisikan, memproses, dan menata ulang gambar bergerak. Video juga dapat berupa gabungan-gabungan gambar mati yang kemudian disusun dan diatur kecepatan geraknya pada satu waktu sesuai keinginan. Tetapi melalui unsur multimedia video ini memerlukan ruang penyimpanan yang besar.
Multimedia dikategorikan menjadi dua macam, yaitu : hyper multimedia dan multimedia interaktif. Multimedia interaktif memberikan kesempatan kepada khalayak untuk bergabung didalamnya. Contohnya seperti media online, youtube dan semacamnya. Sedangkan, hyper media merupakan multimedia yang tidak hanya menampilkan unsur teks saja melainkan gabungan-gabungan dari berbagai macam unsur seperti suara, video, dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.
Dalam multimedia terdapat multimedia linier dan multimedia non-linier. Terdapat perbedaan antara keduanya yang terletak pada interaktifnya. Pada linier khalayak tidak dapat interaktif sehingga yang disajikan hanya dapat dinikmati contohnya, film. Sedangkan, non-linier khalayak dapat interaktif atau menjadi bagian didalamnya, contohnya seperti games.
Kehebatan multimedia tentu tidak terlepas dari authoring toolsatau alat penyusun multimedia. Alat penyusun media adalah sebuah software yang menyediakan lingkungan untuk mengintegrasikan konten dan fungsi pada sebuah project seperti menambahkan atau mengkombinasikan teks, gambar, audio, video dan elemen multimedia lainnya.
Multimedia juga memiliki berbagai macam karakteristik diantaranya:
Multimedia presentasi (Briefing products)
Karakter ini biasanya bersifat linier yang dilakukan di dalam suatu acara formal atau non-formal dan dapat ditampilkan melalui proyektor maupun di mainkan di multimedia player. Hadirnya multimedia presentasi tentunya sangat membantu karena lebih mudah dalam menyampaikan sebuah gagasan dengan menggunakan berbagai unsur.
Multimedia games dan simulasi (Entertaiment and games)
Karakter ini sangat terkenal dan telah banyak digunakan oleh masyarakat karena dapat digunakan lebih dari satu pemain dan  diakses secara sistem online maupun sistem offline.
Reference product
Reference product dibangun dan digunakan untuk semua peringkat pengguna (resmi atau non-resmi). Keunggulannya adalah reference product berbentuk struktur dan mudah di layari. Terdapat dua kelas pada reference product : generalization content dan detailed content.
Database products  Karakter ini merupakan sistem pangkalan data yang boleh menyimpan serta memanipulasi  dan  mecapai data yang terdiri dari teks, gambar, audio, video.
Pembelajaran dan pelatihan
Karakter ini merupakan produk yang berbentuk pembelajaran dan latihan ini merupakan sesuatu yang penting di dalam pasaran multimedia dari segi menghasilkan produk yang berjenis teknikal dan pendidikan.
Produk kios
Sistem ini merupakan sebuah sistem yang dikawal oleh komputer yang mengizinkan  pengguna memperoleh informasi secara interaktif. Contohnya seperti mesin atm dan sebagainya.
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/jk8M7_q4QcI?ecver=1" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H