Mohon tunggu...
Vivi Aisalwa
Vivi Aisalwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa baru di UMM

Blog ini akan sebagian diisi untuk pemenuhan tugas sebagian lagi tulisan saya sendiri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemilihan Model Pembelajaran untuk Peserta Didik

1 Juli 2022   12:06 Diperbarui: 1 Juli 2022   12:25 407
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
*dokumentasi pribadi

          Shilphy A. Octavia (2020:6) mengungkapkan bahwa pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen saling berhubungan satu dengan yang lain. Komponen tersebut meliputi tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Keempat komponen pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan media, metode, dan strategi serta pendekatan apa yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

          Menurut Sanjaya (2007:101) (dalam Shilphy A. Octavia 2020:7) menjelaskan bahwa mengajar dalam konteks standar pendidikan tidak hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran, akan tetapi juga diberi makna sebagai proses mengatur lingkungan supaya siswa belajar. Pengaturan lingkungan adalah proses menciptakan iklim yang baik dan menciptakan lingkungan untuk menyediakan fasilitas dan sumber belajar, dan lain-lain yang memungkinkan siswa menikmati belajar untuk tumbuh secara optimal sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya.

          Secara umum model pembelajaran yang baik memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut: berlangsung secara sistematis dan hasil belajar ditentukan secara terarah. Secara khusus, akan menentukan lingkungan  dan mengukur interaksi nya dengan kesuksesan. Serta menunjukkan hasil belajar dalam bentuk perilaku.

          Slameto (2003: 92-94) (dalam Fathurrohman 2006:2) menyatakan bahwa guru dalam mengajar harus efektif baik untuk dirinya maupun untuk pembelajar. Untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif diperlukan syarat-syarat sebagai berikut:

          1. Belajar secara aktif, baik mental maupun fisik.

          2. Guru harus mempergunakan banyak metode pada waktu mengajar.

          3. Motivasi.

          4. Kurikulum yang baik dan seimbang.

          5. Guru perlu mempertimbangkan perbedaan individual.

          6. Guru akan mengajar efektif bila selalu membuat perencanaan sebelum mengajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun