Mohon tunggu...
Vivi susanti
Vivi susanti Mohon Tunggu... Guru - Guru SDIT Al Ittihad Pekanbaru

Saya seorang guru sekolah dasar di salah satu swasta di pekanbaru, hobi saya berolahraga, membaca dan mencoba cara yang baru terkait inovasi pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SD

14 November 2023   14:05 Diperbarui: 14 November 2023   14:13 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Usia kelas 1 SD adalah usia peralihan dari taman kanak kanak menuju usia sekolah di SD, diusia ini biasanya siswa menyesuaikan diri untuk belajar dengan aturan dan ketentuan tertentu, tentunya ini tidak mudah bagi anak di usia dini ditambah lagi dengan trend di sekolah sekolah swasta dimana anak masuk sekolah lebih dini yaitu pada usia minimal 5,8 tahun. biasanya masalah mulai tumbuh pada usia ini adalah kebosanan siswa dalam belajar denngan rutinitas yang sama dan ditambah dengan model pembelajaran yang monoton.

Siswa kelas 1 SD masih belajar menulis dan membaca, jika model pembelajaran yang diterapkan guru untuk belajar tidak menarik maka tujuan pembelajaran tudak akan tercapai dengan baik, maka perlu adanya guru menerapkan model pembelajaran inovativ untuk membangitkan minat dan motivasi belajar siswa khususnya untuk pelajaran menulis dan membaca.

Banyak jenis pembelajaran inovativ salah satunya adalah model pembelajaran yang berbasis masalah yaitu problem based learning. model pembelajaran ini bisa meningkatkan berfikir kreatif siswa karena diharapkan siswa mampu mencari solusi dan menyelesaikan masalah melalui pembelajaran dengan melakukan pembelajaran secara

1. Mengajukan pertanyaan

2. Mengamati dan menganalisis

3. Adanya kolaborasi

4. Menghasilkan karya inovatif

Berikut ini langkah-langkah untuk menerapkan problem based learning.

1. Orientasi Siswa pada Masalah

Pada tahap ini guru menyajikan masalah yang akan diselesaikan siswa melalui pembelajaran.

2. Mengorganisasi Siswa untuk Belajar
Pada tahap ini guru mengorganisasikan siswa untuk belajar dengan membagi siswa menjadi kelompok kelompok kecil

3. Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok
Pada tahap ini guru berperan untuk mendorong siswa mengumpulkan informasi yang sesuai untuk mendapat penjelasan serta pemecahan masalah.

4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
Dalam tahap ini, guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan bentuk laporan yang sesuai untuk menunjukkan hasil penyelidikan. Laporan dapat berbentuk laporan tertulis, video, atau model lainnya.

 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

Langkah terakhir dari pelaksanaan problem based learning adalah guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang sudah dilewati

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun