Media sosial telah menjadi saran yang efektif untuk mempromosikan merek, mengarahkan lalu lintas, dan meningkatkan pendapatan. Semua bisnis, besar atau kecil, memanfaatkan media sosial untuk memaksimalkan anggaran pemasaran mereka. Dengan banyaknya platform di luar sana, mengelola konten di semua saluran media sosial bisa memakan waktu. Di sinilah perangkat lunak dan alat manajemen media sosial menjadi berharga.
Untuk membuat hidup lebih mudah bagi pemasar, ada alat khusus untuk semuanya, mulai dari penjadwalan dan pemantauan hingga pengeditan gambar dan pelacakan URL. Namun, variasi dari pilihan bisa sangat banyak, dan membuat pilihan itu sulit. Algo Sea Biz tim telah membuat daftar 5 perangkat lunak dan alat pemasaran media sosial gratis terbaik yang intuitif dan mudah digunakan. Setiap alat memiliki fungsi yang berbeda dan membantu memecahkan masalah unik.
 Perangkat lunak dan alat manajemen media sosial gratis terbaik:
1. Pencarian Sosial Gratis Talkwalker
2. Hootsuite
3. Talkwalker Alerts
4. Canva
5. Piktochart
Mari kita uraikan satu per satu untuk pemahaman yang lebih baik;
#1 Talkwalker Free Social Search
Algo Sea Biz Tim berhasil mencapai puncak daftar kami! Tapi ada alasan bagus untuk itu. Talkwalker Free Social Search adalah alat pemantauan online yang membantu pemasar melacak kampanye dan tagar mereka secara gratis.Â
Alat ini akan memungkinkan Anda melakukan pencarian terperinci. Anda dapat memfilter hasil berdasarkan lokasi, jenis media, bahasa, sentimen, dan lainnya. Ini berarti bahwa jika Anda menjalankan kampanye di geografi tertentu, Anda akan dapat melihat dan memantau kampanye Anda di lokasi spesifik tersebut. Anda dapat melihat apa yang dibicarakan orang tentang Anda, tema teratas, tagar, sebutan influencer, dan banyak lagi.
#2 Hootsuite
Dalam hal penjadwalan media sosial, tidak ada yang mengalahkan Hootsuite. Ini memiliki banyak aplikasi dan mencakup semua saluran media sosial utama.Â
Dengan Hootsuite, Anda dapat melihat semua konten Anda dalam satu kalender dan menerbitkan posting pada waktu yang berbeda. Versi gratisnya memungkinkan Anda menghubungkan akun Anda dengan tiga platform sosial.
Untuk menambahkan lebih banyak akun, Anda dapat meningkatkan ke versi Pro atau Bisnis kapan saja. Ada juga pilihan untuk menambahkan RSS feed blog Anda bersama dengan auto-sharing posting blog terbaru Anda.
#3 Talkwalker Alerts
Talkwalker Alerts adalah alternatif yang lebih baik untuk Google Alerts. Ini membantu pengguna memantau penyebutan merek di seluruh web (platform berita, blog, forum, situs web) dan Twitter. Tidak seperti Google Alerts, Talkwalker Alerts memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan dan mempersempit permintaan pencarian mereka menggunakan operator Boolean. Ini berarti Anda dapat memfilter hasil Anda dan menerima percakapan paling penting di kotak masuk Anda.
Praktik terbaik: Anda dapat menyiapkan peringatan untuk nama merek Anda, kata kunci terkait merek, pesaing, dan istilah industri. Bergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memilih untuk menerima pembaruan 'sekali sehari' atau 'saat terjadi' untuk nama merek Anda.Â
Untuk pesaing dan istilah industri, Anda dapat mengatur peringatan sekali sehari / minggu untuk hasil terbaik. Ini akan memberi Anda pandangan luas tentang percakapan online yang relevan. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan mengubah kampanye Anda.
#4 Canva
Canva adalah alat favorit saya untuk desain grafis yang cepat dan mudah. Dengan ribuan templat, fungsionalitas seret dan lepas yang sederhana, dan lebih dari satu juta foto, siapa pun dapat membuat desain grafis profesional dan berkualitas.Â
Alat ini menyediakan templat khusus untuk semua kategori utama - media sosial (Facebook, Instagram), poster, buletin, presentasi, undangan, dan lainnya. Meskipun beberapa templat premium mengharuskan Anda membayar, ada banyak opsi gratis. Pengguna juga dapat mengunggah dan membuat desain khusus mereka sendiri.
Dari undangan webinar hingga postingan informatif, Canva dapat digunakan untuk berbagai pembaruan media sosial. Selain itu, ini ramah pengguna. Bahkan seseorang yang tidak memiliki pengalaman desain dapat membuat grafik yang indah dengan alat ini.
#5 Piktochart
Infografis adalah alat visual yang luar biasa untuk terlibat dengan audiens di media sosial. Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang mendengar informasi, mereka cenderung mengingat 10% darinya setelah tiga hari. Jika informasi yang sama ditampilkan dalam visualisasi, orang akan mempertahankan 65% informasi. Oleh karena itu, infografik adalah cara terbaik untuk berbagi informasi kompleks dengan pengguna.
Membuat infografis dari awal bisa menjadi aktivitas yang memakan waktu. Tapi Piktochart membuat ini sangat mudah! Ada beberapa template standar untuk dipilih. Anda dapat menambah atau menghapus blok tergantung pada informasi yang ingin Anda sajikan. Dengan akun gratis tersebut, pengguna dapat membuat hingga lima visual.
Itulah lima situs gratis terbaik untuk manajemen media sosial dari tim Algo Sea Biz, salah satu perusahaan digital marketing di Bali. Sekarang setelah Anda dipersenjatai dengan semua perangkat lunak dan alat manajemen media sosial gratis, Anda siap untuk meningkatkan permainan sosial Anda. Buat strategi pemasaran media sosial yang kuat dan bereksperimenlah dengan alat-alat ini untuk meningkatkan keterlibatan dengan pengikut Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H