Mohon tunggu...
Vitalis Lein
Vitalis Lein Mohon Tunggu... Freelancer - Hidup adalah anugerah terindah

Learn from the past, live in the present, and create your future. Your life is your story, write well, edit often Design a life that you are proud to live. Don’t get too caught up in making money or having a job, get excited about the fact that you can design your life

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Tips agar Tetap Produktif Selama Pandemi Covid-19

26 Mei 2020   14:36 Diperbarui: 26 Mei 2020   15:18 603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wabah virus korona telah menyerang Sebagian besar negara di dunia. Berdasarakan data statistic, Amerika Serikat tercatat sebagai negera yang memiliki jumlah pasien COVID-19 terbanyak di dunia. 

Tingkat penyebaran virus mematikan ini tergolong sangat tinggi dan cepat. Banyak perusahaan danbisnis besar mulai menerapkan sistem kerja baru yang lazimnya dikenal sebagai work from home (kerja dari rumah). 

Sistem kerja ini ditanggap positif oleh karyawan dan menurut testimoni Sebagian besar karyawan yang bekerja dari rumah, mereka dapat bekerja secara lebih efektif dibandingkan kerja bersama di kantor atau tempat kerja biasanya. Work from home melibatkan fasilitas yang terjamin, kepercayaan dan kejujuran.

Dalam artikel ini, akan disajikan beberapa tips agar tetap produktif selama pandemi Covid-19.

1. Awalilah pekerjaan Anda secepat mungkin setelah bangun pagi

Mulai pekerjaan dini akan sangat membantu Anda dalam hal produktivitas. Aturlah alaram Anda seperti biasanya. Lakukanlah kegiatan keseharian dan rutinitas Anda seperti biasanya di hari-hari kerja. 

Buatlah jadwal kerja seperti yang biasa Anda lakukan di tempat kerja. Kadang, kantor Anda memberlakukan sistem shift di mana Anda dijadwalkan untuk masuk siang atau sore. Anda bisa memulai pekerjaan Anda di pagi hari dan hal ini harus Anda lakukan setiap hari selama masa pandemic. 

Ketika Anda awali hari pagi dengan kegiatan yang menyenangkan maka Anda bisa mengakhiri harimu dengan senyuman dan kepuasan. Memulai tugas pertama di pagi hari bisa menjadi kunci untuk mendapatkan kemajuan secara bertahap di siang hari sampai pada akhir jam kerja. .

alamy.com
alamy.com
2. Ciptakanlah suasana kantor atau tempat kerja di rumah Anda

Saya pikir salah satu keuntungan bekerja dari rumah adalah bisa menciptakan area kerja yang unik dan personal. Ini semua tentang menciptakan lingkungan yang nyaman yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Anda dapat menciptakan lingkungan yang menginspirasi menambahkan beberapa elemen yang mempromosikan suasana menenangkan, seperti tanaman hias, pencahayaan yang lebih baik, lilin, wewangian, dll.

alamy.com
alamy.com
3. Tempatkanlah diri Anda dalam posisi yang baik

Memposisikan diri Anda pada tempat yang baik dan tepat adalah salah satu hal paling penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika Anda akan bekerja dari jarak jauh. Beberapa orang merasa nyaman bekerja di tempat tidur atau di sofa. Untuk menemukan ruang yang sempurna untuk bekerja, Anda ingin memastikan postur Anda tetap terkendali. Memiliki kurs

i yang baik dapat menghindari sakit punggung dan leher. Hal ini sangat membantu dalam menggunakan kemampuan dan talenta yang Anda miliki.

oryxtranslation.com
oryxtranslation.com
4. Gunakan Aplikasi Manajemen Pekerjaan

Operabilitas kantor memungkinkan administrator dan pemimpin tim untuk mendelegasikan dan menyesuaikan tugas sesuai dengan tenggat waktu dan tujuan pekerjaan. D

alam tidak tersedianya layanan ini, mungkin sulit untuk merumuskan daftar pekerjaan yang terikat waktu untuk pekerja tertentu. Alat manajemen kerja seperti Trello for Slack, Teamwork, Taskworld, dan banyak lainnya dapat digunakan untuk efek yang luar biasa. 

Tugas dijadwalkan dengan tenggat waktu awal menggunakan alat ini, dan tugas khusus untuk kerangka waktu tertentu dapat dengan mudah diberikan kepada para pekerja. 

Alat konferensi video seperti Zoom juga sangat baik untuk digunakan dalam sistem kerja dari rumah. Hal ini mempermudah Anda untuk melakukan check in dengan rekan kerja dan mengingatkan Anda bagaimana kontribus i. Tetap terhubung dengan tim Anda agar lebih produktif di jam kerja Anda. 

oryxtranslation.com
oryxtranslation.com
5. Aturlah jam makan dan istirahat yang konsisten (Disiplin)

Mengatur jam makan dan istirahat yang regular sangat membantu Anda dalam hal kedisiplinan. Disiplin adalah salah satu aspek utama dalam pengembangan diri. 

Saat berada di rumah sendiri, tentunya Anda tergoda untuk menghabiskan waktu menyiapkan sarapan dan makan siang yang lezat untuk Anda sendiri, termasuk mencacah, dan memasak. Jangan buang waktu berharga membuat makanan Anda pada saat jam kerja. Anda haru tetap disipli.  

oryxtranslation.com
oryxtranslation.com
6. Beinteraksi dengan orang lain (teman, keluarga atau rekan kerja)

Berinteraksi dengan sesama manusia terutama teman, keluarga dan rekan kerja adalah hal yang sangat krusial yang harus Anda lakukan di saat waktu istirahat kerja. 

Anda harus berdedikasi dengan jam kerja yang telah dijadwalkan. Akan tetapi, bekerja di rumah dapat membuat Anda cemas, takut dan bahkan depresi. Jika Anda mulai merasa bosan dan depresi, istirahlah sejenak sekitar 5 -10 menit. Gunakan waktu itu dengan berkomunikasi dengan orang terdekat Anda.

oryxtranslation.com
oryxtranslation.com
7. Ukur dan evaluasi output pekerjaan Anda dari waktu ke waktu

Ukur dan evaluasi semua upaya yang Anda lakukan saat bekerja dari rumah atau dari kantor. COVID-19 dan berita yang terkait dengannya pasti akan menghabiskan waktu. Tetapi pastikan bahwa jeda ini digunakan secara produktif. 

Anda bahkan dapat membuat virtual pertemuan virtual dengan rekan kerja dan manejer menggunakan aplikas Zoom atau sejenisnya untuk membahas kemajuan pekerjaan. 

Analisis pekerjaan tepat waktu memberi Anda area yang tepat untuk peningkatan. Anda jelas tahu di mana Anda memakukan pekerjaan dan juga area di mana Anda perlu meningkatkan.

evaluasi-evaluation-business-concept-5eccc93d097f3663bc1194f5.jpg
evaluasi-evaluation-business-concept-5eccc93d097f3663bc1194f5.jpg
Di tengah wabah coronavirus, ketujuh tips yang telah dijabarkan di atas dapat dijadikan sebagai acuan dan pedoman dalam meningkatkan produktivitas bekerja dari rumah. 

Tepat waktu dan disipilin adalah faktor utama yang harus Anda perhatikan. Hindari dan atasi semua gangguan yang dapat menghalangi pekerjaan Anda, dan tetap terhubung dengan anggota tim dan pemimpin perusahaan Anda. Isolasikan diri Anda dari lingkungan untuk memastikan Anda tidak menyimpang dari jam kerja produktif Anda. 

Gunakan alat manajemen kerja untuk melacak tugas harian Anda dan tenggat waktu proyek. Ukur pekerjaan yang Anda lakukan dan waktu yang berinvestasi untuk melakukannya. Diskusikan dengan tim untuk belajar dan tumbuh setiap hari.

Yang terakhir, jagalah kebersihan, jaga jarak, makan teratur, istirahat yang cukup untuk menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan kuat. Prioritaskan kesehatan agar anad terhindar dari paparan virus korona.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun