Mohon tunggu...
virm aditya
virm aditya Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang Blogger Dan Seorang Pemimpi Yang Tak Pernah Tidur,,, For more detail all article,,, read this link my blog https://seotechman.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Cara Mengoptimasi "SEO On Page"

5 Maret 2019   01:01 Diperbarui: 5 Maret 2019   12:05 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Search Engine Optimization (SEO) adalah trik dan praktikum untuk meningkatkan keterlihatan (visibilitas) situs di Internet agar menarik sumber lalu lintas organik yang dapat mempengaruhi posisi peringkat situs web di SERP (Halaman Hasil Mesin Pencari).

Pada pembahasan sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang Teknik Dan Cara Optimasi SEO Off-Page. Namun untuk pembahasan kali ini adalah kebalikan dari pembahasan sebelumnya, yaitu: Teknik Optimasi SEO On-Page.

Apa Itu SEO On-Page Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

SEO On-Page Atau (SEO On-Site): Dalam arti yang lebih sederhana, SEO On-Page adalah teknik SEO yang dilakukan di situs web atau halaman web kalian. SEO On-Page yang berarti mengoptimalkan seluruh situs / blog yang juga dapat menyesuaikan struktur permalink, menggunakan kata kunci, meta tag optimization, dan internal link building.

Mengapa SEO On-Page perlu dibutuhkan? Jelas sangat dibutuhkan terutama dalam algoritma mesin pencari, karena berguna untuk menemukan berbagai faktor dalam postingan atau konten kalian dan untuk mengoptimalisasi halaman agar dapat membantu pengunjung dan perayapan google memahami dengan lebih baik isi dari situs web kalian.

Apa saja poin utama yang perlu dipertimbangkan untuk SEO On-Page?

1. Penghubungan Internal Atau Tautan Internal:

Tautan Internal adalah sistem pengacu yang berpindah dari satu halaman ke halaman lain di situs web yang sama. Ketika seorang pengunjung mengunjungi satu postingan blog kalian, maka mereka akan tetap terhubung ke situs web kalian.

Jadi tautan internal ini sangat membantu untuk mengurangi tingkat pentalan, dengan membuatnya tetap lebih lama berada di situs web kalian. Dan bisa Juga disebut sebagai anchor text atau hyperlink yang menghubungkan konten dari satu halaman ke halaman lain dalam sebuah situs web.

Apa saja poin penting untuk menghubungkan tautan internal? Simak berikut dibawah ini:

  • Sertakan hingga 2-3 tautan internal untuk konten rata-rata 500 kata.
  • Buka jendela baru untuk tautan internal sehingga halaman awal akan tetap terbuka dan pengguna kalian dapat menilai secara komparatif.

Contoh Sintax: NewPage

2. Pemilihan Tema atau Template:

Catatan: Jika kalian memilih tema dengan animasi flash atau lebih banyak gambar, maka itu akan lebih banyak memakan waktu untuk pemuatan situs kalian dan itu akan berdampak menjengkelkan bagi pemirsa kalian.

3. Judul situs:

Tambahkan sebuah judul baru dan unik atau kalian dapat menempatkan judul tersebut sesuai dengan kata kunci utama untuk situs kalian. Selanjutnya, carilah konsep yang sesuai dengan situs kalian di Google Trends dan temukan topik apa yang terbaru yang memiliki tren tertinggi di Google.

Sebagian besar orang mencari di Google menggunakan kata-kata seperti "terbaik", "terbaru", "panduan", "ulasan", "daftar". Semua kata ini disebut sebagai pengubah. Dengan menggunakan pengubah ini untuk judul artikel kalian, kalian bisa dengan mudah mendapatkan kata kunci yang kalian inginkan.

4. Analisis dan Penempatan Kata Kunci:

Semua pertanyaan yang digunakan saat mencari sesuatu di mesin pencarian, itu disebut sebagai Kata Kunci. Kata kunci akan membantu meningkatkan posisi peringkat situs web di Google dan memberikan lalu lintas organik terbaik.

Tingkat kepadatan kata kunci harus sekitar 1,5% dari total konten. Kata kunci harus digunakan dalam Tag Judul, Tajuk, Deskripsi Meta, Meta Keyword dan juga dalam Konten.

Dalam analisis kata kunci ini dapat dipertimbangkan sebagai berikut:

* kata kunci manakah yang akan kita gunakan di situs kita?

* bagaimana kita dapat mempromosikan situs kita dari beberapa jenis kata kunci?

* Berlatih SEO untuk mendapatkan kata kunci sedemikian rupa sehingga situs web kita akan mendapatkan peringkat teratas.

Untuk mendapatkan hasil cepat, kalian dapat menjatuhkan kata kunci bertargetkan dalam 100 kata pertama.

Jadi kalian dapat menganalisis kata kunci kalian sendiri dengan menggunakan alat pemeriksa SEO on-page paling populer: Keyword Tool.

5. Optimasi Tag:

Saat mesin pencari merayapi dan mengindeks tag tersebut, namun besar kemungkinan memang akan dirayapi akan tetapi, tag tidak akan ditampilkan kepada pengguna. Jadi, jika kalian ingin mendapatkan peringkat dimesin pencari maka kalian harus mempertimbangkan terlebih dahulu Tag HTML tersebut. Dan lebih mengoptimalkannya lagi termasuk, Tag Judul Meta, Deskripsi Meta, Tag Kata Kunci Meta.

Meta Tag ini tidak akan terlihat oleh pengguna tetapi tag ini hanya dapat dilihat oleh Google bot, dengan bantuan Meta Tag, Google bot juga dapat memberikan informasi yang terletak di dalam konten blog tersebut.

6. Robots.txt:

Robots.txt adalah teks yang memberi tahu mesin pencari bahwa "halaman mana yang harus dirayapi dan mana yang tidak harus dijelajahi".

Contoh Robots.txt:

Agen-pengguna: Mitra media-Google (Nama bot)

Disallow: (ini kosong dan itu berarti bahwa bot dapat merangkak dan mengindeks halaman mana pun dari situs ini)

User-agent: * (artinya ini untuk semua agen)

Izinkan: / cari

Sitemap: https://code-tempo.blogspot.com/sitemap.xml (untuk dikirimkan ke alat webmaster)

7. Meningkatkan Konten:

Dalam optimasi mesin pencari, konten dikenal sebagai Raja untuk mengoptimalkan situs web pada Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP).

Terlebih itu, pengunjung akan datang ke situs kalian dan terlibat untuk waktu yang lama jika konten itu mudah dimengerti dan tanpa kesalahan ejaan terlebih lagi konten kalian memberikan informasi yang diperlukan kepada para pengunjung.

Jadi kesimpulannya, Mesin Pencari akan mulai merangkak dan mengindeks halaman-halaman tertentu yang memiliki konten Berkualitas Tinggi.

Oleh karena itu, mulailah membuat konten atau artikel yang berkualitas tinggi yang mudah dibaca oleh pengguna. Dan dapatkan lebih banyak umpan balik dari pengunjung kalian, untuk meningkatkan keterampilan kalian dalam menulis konten. 

8. Optimalisasi Gambar:

Optimalkan semua gambar yang disertakan pada halaman kalian, untuk mendapatkan lalu lintas dari gambar tersebut. Dan jangan lupa untuk menambahkan "Alt Teks" pada setiap gambar dan sertakan kata kunci bertarget di dalamnya.

Ingat! Jangan sertakan gambar yang dikenakan hak cipta di dalam halaman, karena Google dapat menghukum situs web kalian.

Dan yang terakhir adalah,

9. Tambahkan Tombol Berbagi (Sosial Media):

Tombol berbagi ke media sosial mungkin tidak benar-benar berfungsi untuk meningkatkan peringkat situs kalian, tetapi berfungsi untuk meningkatkan tampilan halaman dan lalu lintas media sosial dan mengekspos bisnis kalian di Media Sosial, terlebih lagi itu akan meningkatkan pengikut media sosial kalian.

Nah, Itulah Sepenggal pembahasan kali ini, tentang Cara Mengoptimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar. Mungkin saya rasa cukup, semoga bermanfaat untuk semuannya, apabila dalam penulisan kata ada sebuah kesalahan mohon dimaafkan.

Terimakasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun