Mohon tunggu...
Virani Ramadhani
Virani Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hiii, Welcome!

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosiologi Modern dari Pandangan Zygmunt Bauman

17 Oktober 2022   07:38 Diperbarui: 17 Oktober 2022   07:57 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Zygmunt Bauman adalah seorang Sosiolog Polandia, dengan awal karir di Universitas Warsawa. Saat itu, artikel dan buku karyanya pernah di sensor pada 1968 lalu dipecat dari Universitas. Kemudian, di Kanada, Amerika Serikat dan Australia sampai ke Inggris, beliau membangun karirnya kembali. Dan beliau menjadi profesor emeritus sosiologi di Universitas Leeds dan Warsawa. 

Setelah Bauman mengevaluasi, beliau memberikan solusi untuk masalah global yang serius dengan menyarankan adanya perubahan radikal pada perilaku masyarakat.

Liquid Modernity (Modernitas cair) 

Bauman mencetuskan istilah tersebut untuk menggambarkan kondisi dunia saat ini. Menurutnya, modernitas cair ini melahirkan sebuah peraturan baru dan belum pernah terjadi sebelumnya pada kegiatan kehidupan individu dan kemudian mereka menghadapi serangkaian tantangan yang belum pernah dihadapi.

Adanya istilah liquid modernity, karena adanya istilah liquid life atau jenis kehidupan masyarakat modern yang cair. Arti dari modernitas cair ialah kondisi anggota masyarakat yang melakukan tindakan perubahan lebih cepat untuk mengkonsolidasikan sebuah kebiasaan menjadi sebuah rutinitas. 

Ernitas adalah terminologi khas dalam keilmuan Sosiologi yang berbeda dengan modernisme/ postmodernisme yang diasosiasikan dalam bentuk kultural estetis. Topeng modernitas yang ingin diungkap oleh Bauman yaitu modernitas yang berusaha mengklaim totalitas atas semua bentuk kehidupan manusia.

Struktur dan anti struktur

Dari pandangan Bauman, terdapat dua bentuk masyarakat yang berbeda dengan ciri saling menggantikan satu sama lain. Dua gejala bentuk masyarakat yaitu struktur (masyarakat atau sosialisasi) dan anti struktur (komunitas atau sosialitas). 

Struktur (masyarakat atau sosialisasi) memiliki ciri heterogenitas, tidak setara, perbedaan status dan adanya sistem tata nama (nomen klatur). Dari ciri tersebut menghasilkan yang namanya klasifikasi dan diferensiasi yang membagi kelompok masyarakat menjadi kelompok elite dan massa. Pada sosialisasi cenderung membuat moralitas menjadi rasional.

Sedangkan anti struktural (komunitas atau sosialitas) bercirikan homogenitas, kesetaraan ketiadaan status dan anonim. Arti dari anonim ialah tanpa tujuan, tanpa kepentingan dan autotelik (memiliki tujuan sendiri).

Kehidupan yang ambivalen

Bauman memandang kehidupan manusia itu bersifat ambivalen (tak ada nilai yang pasti). Klasifikasi dalam tatanan modernitas terjadilah tindak kekerasan yang dipaksakan.

Karya Bauman, "Life in Fragments" yang dimaksud untuk membongkar kamuflase moral yang dianut sekedar sebagai topeng kebersamaan dan keteraturan. Tapi kenyataannya, kehidupan yang beragam ini tidak mungkin di tata dengan satu moral yang rasional dan universal. Moralitas perlu dilepaskan dari peraturan yang memaksa dan dikembalikan pada tanggung jawab individu, sebab manusia perlu menjadi bermoral karena relasi asimetri.

The Stranger (Orang asing)

Jika modernitas dipahami sebagai sebuah tatanan, maka ambivalensi ialah buangan atau sebuah sampah dari modernitas. Dalam masyarakat modern yang tergolong pada kategori sampah dari modernitas ini dikenal dengan istilah "orang asing" (The stranger) yang bukan kawan atau lawan tetapi mereka berada di zona antara (in-between) yang tidak termasuk di dalam bentuk solidaritas manusia. Dan kehadiran "orang asing" ini dianggap sebagai ancaman bagi tatanan yang ada karena mereka dekat secara fisik, namun jauh secara spiritual. 

Kekuasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah hasil dari rasionalitas (elemen terpenting dalam modernitas). Teknologi membuat manusia mampu mendominasi, mengontrol dan mengatur sesuatu, namun teknologi dapat menghasilkan risiko-risiko dan berbahaya bagi manusia itu sendiri. Menurut Bauman, teknologi menghasilkan ruang-ruang bagi homo ludens (para penjudi), homo oeconomicus (para pengusaha) dan homo sentimentalis (kaum hedonis). Dan menurut beliau, diri moral nampak sangat jelas dan mencolok di antara korban-korban teknologi.

Reproduksi Sosial dalam Iklan

Masyarakat modern mempunyai ikon utama produksi dan konsumsi yang bukan sebagai sarana tetapi sebagai proses untuk membangun citra sosial. Iklan yang terdapat di masyarakat konsumen berfungsi sebagai cara untuk menghasilkan keinginan konsumen yang menyebabkan mereka mengkonsumsi produk tertentu dengan tujuan membangun citra dan identitas dari produk yang dibeli. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun