Mohon tunggu...
Vionita Tri Nuraeni
Vionita Tri Nuraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Saya seorang mahasiswa universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang aktif, kompetitif, dalam organisasi maupun akademik. Memiliki kemampuan public speaking, tanggung jawab, disipilin, dan karismatik. Hello semuanya!!! Salam kenal ini Vionita!!! Selamat berproses semuanya, semangat!!!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efektivitas Proses Perkembangan Sumber Daya Manusia dalam Teori Hasibuan (Kurikulum)

28 November 2024   07:43 Diperbarui: 28 November 2024   08:02 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Poto: MDI Tack 

Efektivitas Proses Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Teori Hasibuan (Kurikulum)

Oleh: Vionita Tri Nuraeni

Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kelas MPI E, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. 

Adapun proses atau langkah-langkah pengembangan yang dikutip menurut Hasibuan dalam buku "Manajemen Sumber Daya Manusia" dibagi menjadi 5, yaitu sasaran, kurikulum ,sarana, peserta dan pelatih. 

Disini, penulis akan memaparkan kurikulum yang berkaitan dengan perkembangan sumber daya manusia, hendaknya dilakukan sebagai berikut: 

Kedua, Kurikulum

Kurikulum atau mata pelajaran yang akan diberikan harus mendukung tercapainya sasaran dari pengembangan itu. Kurikulum harus ditetapkan secara sistematis, jumlah jam pertemuan, metode pengajaran, dan sistem evaluasinya harus jelas agar sasaran dari pengembangan tersebut optimal. 

Dalam pelaksanaanya, pengembangan sumber daya manusia dalam aspek kurikulum harus berdasarkan dan disesuaikan dengan Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M), dan kurikulum pada satuan Pendidikan yang diampu. Artinya sumber daya manusia yang ada di suatu lembaga pendidikan harus mengacu pada kurikulum yang ada di lembaga Pendidikan tersebut.

Pengembangan kurikulum berlandaskan manajemen berarti melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum berdasarkan pola pikir manajemen, atau berdasarkan proses manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, dalam hal ini dilihat fungsi manajemen Gregg mengemukakan bahwa fungsi manajemen meliputi; Dicision Making, Planning, Organizing, Communicating, Influiting, coordinating dan Evaluating. 

Dalam manajemen pengembangan sumber daya manusia kurikulum terdiri dari empat tahap. Pertama menentukan fondasi, yaitu dasar-dasar yang diperlukan untuk mengembangkan kurikulum. Kedua, konstruksi mengembalikan model kurikulum yang diharapkan berdasarkan fondasi). Ketiga Implementasi (pelaksanaan kurikulum). Keempat evaluasi (menilai kurikulum secara komprehensif dan sistemik). Ini merupakan pendekatan kurikulum secara makro.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun