Efektivitas Proses Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Teori Hasibuan (Kurikulum)
Oleh: Vionita Tri Nuraeni
Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kelas MPI E, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.Â
Adapun proses atau langkah-langkah pengembangan yang dikutip menurut Hasibuan dalam buku "Manajemen Sumber Daya Manusia" dibagi menjadi 5, yaitu sasaran, kurikulum ,sarana, peserta dan pelatih.Â
Disini, penulis akan memaparkan kurikulum yang berkaitan dengan perkembangan sumber daya manusia, hendaknya dilakukan sebagai berikut:Â
Kedua, Kurikulum
Kurikulum atau mata pelajaran yang akan diberikan harus mendukung tercapainya sasaran dari pengembangan itu. Kurikulum harus ditetapkan secara sistematis, jumlah jam pertemuan, metode pengajaran, dan sistem evaluasinya harus jelas agar sasaran dari pengembangan tersebut optimal.Â
Dalam pelaksanaanya, pengembangan sumber daya manusia dalam aspek kurikulum harus berdasarkan dan disesuaikan dengan Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M), dan kurikulum pada satuan Pendidikan yang diampu. Artinya sumber daya manusia yang ada di suatu lembaga pendidikan harus mengacu pada kurikulum yang ada di lembaga Pendidikan tersebut.
Pengembangan kurikulum berlandaskan manajemen berarti melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum berdasarkan pola pikir manajemen, atau berdasarkan proses manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen, dalam hal ini dilihat fungsi manajemen Gregg mengemukakan bahwa fungsi manajemen meliputi; Dicision Making, Planning, Organizing, Communicating, Influiting, coordinating dan Evaluating.Â
Dalam manajemen pengembangan sumber daya manusia kurikulum terdiri dari empat tahap. Pertama menentukan fondasi, yaitu dasar-dasar yang diperlukan untuk mengembangkan kurikulum. Kedua, konstruksi mengembalikan model kurikulum yang diharapkan berdasarkan fondasi). Ketiga Implementasi (pelaksanaan kurikulum). Keempat evaluasi (menilai kurikulum secara komprehensif dan sistemik). Ini merupakan pendekatan kurikulum secara makro.
Kesimpulannya, adapun pengertian proses pengembangan sumber daya manusia dalam konteks kurikulum dalam adalah proses pengembangan secara mikro, yang pada garis besarnya melalui empat proses kegiatan, yaitu; merancang tujuan, merumuskan materi, menetapkan metode, dan merancang evaluasi.Â
*Tulisan ini disajikan dari Materi mata Kuliah Sekolah islam Terpadu (SIT) Part VII: Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan, Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. A. Rusdiana., M.M.
Vionita Tri Nuraeni. Lahir di Ciamis, tanggal 22 Agustus 2003. Merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, pasangan Bapak Maman Kadiman dengan Ibu Ilah Jamilah.Â
Alamat tempat Tinggal: Dusun Sindanglaya RT 06 RW 01, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, 406383. Tlp/hp: 082117325137, Email: vtrinuraini@gmail.com
Pendidikan: Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Sindangsari, tahun lulus 2016. Sekolah Menengah Pertama/SMP Negeri 1 Banjarsari, tahun lulus 2019. Sekolah Menegah Atas/SMA Negeri 1 Banjarsari, tahun lulus 2022 dan sekarang kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Lulus tes masuk UIN melalui jalur mandiri.
Motivasi masuk ke UIN SGD Jurusan MPI: ingin mengembangkan keilmuan dalam pendidikan umum dan agama, serta menjadi pendidik, tenaga kependidikan yang lebih profesional dengan menerapkan niali-nilai Islam dimasa depan, bisa mencetak generasi unggul dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Â
Motto: Jalani, Sabari, Syukuri adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H