Efektivitas Proses Pengembangan Sumber Daya Manusia
Oleh: Vionita Tri Nuraeni
Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kelas MPI E, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.Â
Adapun proses atau langkah-langkah pengembangan yang dikutip menurut Hasibuan dalam buku "Manajemen Sumber Daya Manusia" dibagi menjadi 5, yaitu sasaran, kurikulum ,sarana, peserta dan pelatih.Â
Disini, penulis akan memaparkan sasaran yang ada di perkembangan sumber daya manusia, hendaknya dilakukan sebagai berikut:Â
Pertama, Sasaran
Setiap pengembangan harus terlebih dahulu ditetapkan secara jelas sasaran yang ingin dicapai. Penetapan sasaran didasarkan pada kebutuhan jabatan atau pekerjaan dari karyawan yang bersangkutan. Apakah untuk meningkatkan keterampilan teknis atau kemampuan kepemimpinan.
Menurut Kurniawati (2020) Sarana Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan sikap karyawan. Hal ini bertujuan agar karyawan dapat bekerja dengan baik dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi.
Sasaran pengembangan sumber daya manusia penting dilakukan karena dapat membantu negara dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, mengurangi kesenjangan social dan ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.Â
Menurut Wiliandari (2014) sasaran pengembangan sumber daya manusia lebih cenderung kea rah peningkatan kemampuan dan keahlian untuk jangka waktu yang panjang.
Sementara itu, menurut Moekijat dalam Hanum (2021) bahwa tujuan umum sasaran pengembangan sumber daya manusia antara lain:
1) Untuk mengembangkan keahlian atau keterampilan, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih efektif.
2) Untuk mengembangkan pengetahuan, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara rasional.
3) Untuk mengembangkan sikap, sehingga menimbulkan kerja sama dengan teman-teman seprofesi dan dengan pihak manajemen (pimpinan).
Adapun kesimpulan nya berupa manfaat sasaran pengembangan sumber daya manusia adalah, peningkatan performansi personil sesuai dengan posisinya saat ini, pengembangan keterampilan personil untuk mengantisipasi tugas-tugas baru yang bersifat reformasi, memotivasi pertumbuhan diri personil bagi penciptaan kepuasan kerja secara individual.
*Tulisan ini disajikan dari Materi mata Kuliah Sekolah islam Terpadu (SIT) Part VII: Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan, Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. A. Rusdiana., M.M.
Vionita Tri Nuraeni. Lahir di Ciamis, tanggal 22 Agustus 2003. Merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, pasangan Bapak Maman Kadiman dengan Ibu Ilah Jamilah.Â
Alamat tempat Tinggal: Dusun Sindanglaya RT 06 RW 01, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, 406383. Tlp/hp: 082117325137, Email: vtrinuraini@gmail.com
Pendidikan: Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Sindangsari, tahun lulus 2016. Sekolah Menengah Pertama/SMP Negeri 1 Banjarsari, tahun lulus 2019. Sekolah Menegah Atas/SMA Negeri 1 Banjarsari, tahun lulus 2022 dan sekarang kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Lulus tes masuk UIN melalui jalur mandiri.
Motivasi masuk ke UIN SGD Jurusan MPI: ingin mengembangkan keilmuan dalam pendidikan umum dan agama, serta menjadi pendidik, tenaga kependidikan yang lebih profesional dengan menerapkan niali-nilai Islam dimasa depan, bisa mencetak generasi unggul dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Â
Motto: Jalani, Sabari, Syukuri a
dalah kunci keberhasilan dan kesuksesan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H