Bandung , 29 Mei 2023 - Demi mendukung dan menerapkan nilai nilai AKHLAK BUMN . Seluruh insan bank syariah indonesia terus mengucapkan core values akhlak dalam setiap morning briefing . Hal ini dilakukan agar seluruh pegawai BSI selalu menerapkan Nilai AKHLAK ketika bertugas menjalankan kewajibannya.Â
Sejak 1 Juli 2020, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menetapkan Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (AKHLAK) sebagai core value (nilai inti) di Lingkungan BUMN. Pentingnya penerapan nilai tersebut dilakukan demi kemajuan BUMN. Selain itu, diharapkan juga penerapan AKHLAK dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
"Hasil penerapan AKHLAK oleh seluruh unsur BUMN pun harus dapat dilihat, dinilai, dan dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat. Pada akhirnya, yang terpenting bagi publik adalah derajat kemashlahatan bagi kesejahteraan masyarakat dan bangsa," tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin pada Pembukaan Acara Akhlak Award BUMN Tahun 2022, secara virtual, Selasa (05/07/2022).
Pada penyelenggaraan Akhlak Award BUMN yang memasuki tahun kedua tersebut, Wapres berharap core value AKHLAK BUMN tidak hanya diterapkan di internal BUMN, dan sekedar mendukung pembangunan ekonomi nasional, namun dapat diterapkan juga untuk menumbuhkan ekosistem moral bangsa.
"Tetapi juga bisa menjadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa Indonesia yang lebih melembaga dan diakui dunia," tegasnya.
AKHLAK BUMN adalah panduan perilaku dari setiap sumber daya manusia (SDM) BUMN untuk diimplementasikan dalam perilaku keseharian dan membentuk budaya kerja di BUMN.
Nilai-nilai AKHLAK BUMB wajib diimplementasikan oleh seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan BUMN.
Nilai-nilai utama AKHLAK BUMN dituangkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilau Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BUMN.
Core values berupa AKHLAK BUMN ditetapkan sebagai identitas dan perekat budaya kerja yang didukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan.
Adapun nilai AKHLAK sebagai berikut :Â
AmanahÂ
Konsisten antara yang dipikirkan , dikatakan dan dilakukanÂ
Kompeten
Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas
Merencanakan dan mengelola pekerjaan dengan baikÂ
Mengeksekusi dengan akurat efektif dan efisienÂ
Mencapai hasil kerja yang melampaui harapanÂ
Harmonis
Saling peduli dan menghargai perbedaan
Saling menghormati perbedaan orang lainÂ
Bergaul dengan siapapun dan luwes
LoyalÂ
Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
AdaptifÂ
Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan atau menghadapi perubahanÂ
Berpartisipasi aktif dalam transformasi yang terjadiÂ
Merespon perubahan situasi dengan cepatÂ
KolaboratifÂ
Membangun kerja sama yang sinergis
Bersikap rendah hati , antusias dan mudah diajak kerja samaÂ
Seluruh pegawai beserta peserta magang mbkm wajib mengimplementasikan prinsip akhlak di dalam kehidupannya.Â
Penulis mengimplementasikan nilai akhlak seperti amanah dalam menjalankan tugas yang diberikan , melakukan pekerjaan dengan sebaik baiknya . Lalu kompeten , penulis berani dan mencoba belajar hal- hal baru . Harmonis , penulis mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru dan ramah bertemu dengan nasabah dan calon nasabah . Loyal , penulis menghindari fraud dan menjaga seluruh data data bank syariah indonesia dengan baik. Adaptif , penulis selalu merespon dan beradaptasi dengan cepat ketika masalah atau situasi yang terjadi secara mendadak . Kolaboratif , penulis ditempatkan pada bagian marketing yang mewajibkan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik itu perorangan, perseroan , yayasan dll.Â
Penerapan nilai AKHLAK tidak hanya untuk pegawai BUMN saja tetapi masyarakat lain juga turut serta mengimplementasikan dalam kehidupannya.
Dari penerapan nilai Akhlak yang dilakukan, penulis mendapatkan manfaat dan pembelajaran seperti meningkatkan kedisiplinan dalam ketepatan waktu masuk kerja, Belajar mengenal dunia kerja yang sesungguhnya, Mengenal dan memahami budaya kerja , Mendapatkan pelajaran-pelajaran baru yang tidak didapat di kampus, Belajar untuk bersikap profesional dalam bekerja, Menjadi pribadi yang lebih tegas pada prinsip, dan lebih memperhitungkan terhadap segala sesuatu kedepannya, memikirkan mana yang prioritas mana yang tidak. Pentingnya bekerjasama dan berkoordinasi dalam melaksanakan pekerjaan. Menjadi pribadi yang harus siap siaga . Mendapatkan pengalaman bagaimana pentingnya komunikasi agar tidak terjadi miscommunication . Mendapat pengalaman dalam beretika dan bersikap yang baik dalam lingkungan kerja. Bisa bekerja dibawah tekanan dan pergerakan yang cepat . Menjadi pribadi yang teliti dan fokus dalam hal apapun .
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI