Kamu pernah merasakan perasaan bingung?
"Duh banyak banget kegiatan hari ini, mulai dari mana ya?”
“Kok… masih banyak aja sih kerjaan nya padahal kan udah kerja banyak banget”
Jika itu pernah kamu rasakan, berarti ini waktu yang pas buat kamu untuk belajar “Time Management”
Hai semua nya, kembali bersama aku Devin mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti dan awardee of full scholarship dari Yayasan Beasiswa Trisakti.
Tema hari ini adalah "Time Management" Nah, Time Management sendiri itu apa sih? Sini aku jelaskan kepada teman-teman semua nya ya!
Time Management sendiri adalah salah satu soft skill yang harus kamu miliki di dalam kehidupan sehari-hari kamu lho temen Ambister! Nah, arti dari Time Management sendiri itu apa sih?
Menurut Corporate Finance Institute. Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengelolaan terkait berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu. Secara simple nya, istilah ini mengacu kepada cara individu memanfaatkan waktu sebaik-baik nya karena “waktu itu selalu terbatas”.
Bandingkan pola pekerjaan atau kegiatan kamu
Pertama-tama, agar kamu memiliki skill time management yang baik, pastinya kamu harus menyesuaikan kembali pola pekerjaan atau kegiatan kamu, seperti waktu jam terbang dan lainnya!
Karena setiap orang ada yang memiliki cara nya berbeda-beda dalam memanajemen waktu nya. Ada yang bisa bekerja lebih baik jika dia merasa waktu nya sudah mulai terasa terdesak bahkan ada juga yang bisa lebih baik lagi jiika punya waktu lebih karena ia membutuhkan ketelitian dalam pekerjaannya loh!
Karena setiap manusia memiliki naluri kerja yang berbeda-beda tiap masingnya, akan lebih efektif jika kamu sudah bisa menyeimbangkan time management yang sesuai dengan pola kerja kamu!
2. Tunggangi Waktu kamu
Tunggangi Waktu? Maksud nya mimin itu memanfaatkan ya teman-teman! Pernah dengar teknik Podomoro? Nah teknik ini sendiri itu sangat mudah untuk diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari kamu lho!
Cara nya gimana sih Min? Mudah kok, sini Mimin beritahu ya!
Cara nya, kamu tinggal pasang timer selama waktu yang ingin kamu selesaikan dalam suatu pekerjaan. Misalnya kamu ingin belajar untuk mata pelajaran A selama 30 menit, setelah 30 menit kamu harus dapat menyelesaikan mata pelajaran tersebut dan beralih ke kegiatan lainnya!
Podomoro sendiri ada pola nya juga loh! Mimin sih biasa nya 25:5 (25 menit beraktivitas : 5 menit rest).
3. Prioritaskan tugas berdasarkan beban nya
Yang terakhir, untuk bisa menerapkan time management, teman-teman bisa mulai belajar memprioritaskan tugas atau pekerjaan berdasarkan tingkat bebannya.
Biasanya, ketika melakukan kegiatan ini, kita lebih sering mendahulukan pekerjaan yang lebih sulit untuk diselesaikan atau membutuhkan jangka waktu yang cukup lama untuk diselesaikan bukan? Nah, mengapa cara ini efektif? Sebab, memprioritaskan pekerjaan akan membuat kamu lebih fokus!
Hasilnya, kualitas kerja kamu pasti nya akan meningkat serta pekerjaan kamu bisa selesai dengan lebih cepat!
Nah, gimana nih setelah baca tips time management dari aku? Jangan lupa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu ya!
Semoga pembahasan hari ini bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan dan sampai jumpa di blog lainnya!
Instagram: @vinnismmt
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H