Dramatisme merupakan teori yang dikembangkan oleh Kenneth Burke yang menggambarkan bahwa kehidupan manusia sebagai drama. Dramatisme melihat kehidupan sebagai panggung dimana manusia berperan sebagai aktor, melakukan tindakan dalam berbagai situasi, dan memiliki motif tertentu (Griffin, 2012,300). menurut Burke persuasi sebagai upaya komunikator untuk membuat audiens menerima pandangannya tentang realitas sebagai kebenaran. Pentad dramatis merupakan sebagai alat untuk menganalisis bagaimana pembicara melakukannya. terdapat lima elemen penting dari pentad dramatis yaitu akting,adegan,agen,agensi dan tujuan (Griffin, 2012, 301)
iklan video burger king Amerika yang berjudul The Call - BK Ghost Pepper Whopper merupakan iklan yang diproduksi oleh Burger king menjelang diperingatinya hari Halloween yang merupakan suatu kebiasaan budaya barat yang memperingati hari halloween. yang digambarkan pada video tersebut wanita yang sedang bersantai, terkejut dengan adanya dering telepon dari seseorang yang tidak dikenalnya. lalu perempuan tersebut menerima panggilannya nya dan isi dari “is back, it’s coming for you”, dengan terkejut wanita tersebut langsung bergegas mengambil Susu daruratnya dan meninggalkan rumahnya. Wanita menggunakan mobilnya untuk melarikan dirinya, segera setelah itu, mobilnya mati, jendela terkunci dan terdapat suara dari penelepon tidak dikenal itu dari radio dalam mobilnya. penelpon tersebut berkata “ You can’t run from the heat”. lalu ditampilkan Ghost Pepper Whopper dan Ghost Pepper Chicken Fries. di akhirnya perempuan tersebut memakan Ghost Pepper Whopper dan Ghost Pepper, dan setelah itu suara dari perempuan tersebut berubah seperti suara penelpon yang tidak dikenalnya, dengan berbicara "It's coming for you, too".
Jika dilihat dengan pendekatan teori dramatism dengan menggunakan pendant dramatis maka dibagi menjadi 5 elemen utama yaitu:
Tindakan: Pengenalan burger dan kentang sebagai menu baru dengan ditambah dengan adanya rempah tambahan yaitu Ghost Pepper yang menjadi highlight utama pada iklan tersebut
Latar : latar pada iklan tersebut menggambarkan gelap, menyesuaikan dengan tema Halloween
Agen: Perempuan yang menjadi pemeran utama dalam iklan tersebut membawa penonton untuk memperkenalkan menu terbaru dari burger king yaitu Ghost Pepper Whopper dan Ghost Pepper Chicken Fries
Agensi: Penggunaan Ghost Pepper sebagai bumbu yang menjadikannya burger dan kentang goreng dan dipadukan dengan presentasi dengan tema gelap dan horor.
Tujuan: Dengan adanya menu baru Ghost Pepper Whopper dan Ghost Pepper Chicken Fries membuat customer dari burger king merasakan cita rasa pedas dan ditambah dengan suasana halloween yang semakin mendukung dari pada iklan burger king.
Substansi merupakan sebagai istilah umum untuk merujuk pada karakteristik umum atau fisik,bakat, pengalaman dan sikap seseorang.Iklan video burger king indonesia yang menampilkan video sekitar 16 detik dengan judul “HEBOH! Inilah Burger Paling MENARIK di Indonesia!!!”
dikaitkan pada teori dramatism dengan pendekatan substansi, yang mana pembuatan yang dilakukan burger king memvisualisasikan kualitas bahan dan pembuatan burger mereka. dan dalam iklan tersebut menjelaskan bahwa daging mereka merupakan 100% daging australia,keju Amerika, beef rasher , saus keju jalapeno dan mozarella yang meleleh yang membuat suatu inovasi terbaru dan bisa menjadi pembeda dari kompetitornya
jika dibandingkan dengan iklan burger king dari amerika yang pembuatan iklan lebih memfokuskan kepada tema mereka dan menarik para pembeli dengan adanya tema halloween yang membuat pembeli merasakan suasana halloween saat membeli burgernya. Burger king Us lebih menonjolkan kepada isi iklan yang dibuat dengan konsep yang menarik tidak hanya dengan menjelaskan isi bahan-bahan yang digunakan dalam burgernya tetapi isi didalam iklannya menampilkan visual yang menarik dan seolah-olah membuat cerita di dalam iklan tersebut, membuat penonton ikut dalam iklan tersebut dan menambah kesan dramatis.
Dibandingkan dengan iklan burger king indonesia, mereka menampilkan iklan yang berhubungan langsung dengan isi dari dari iklan tersebut seperti, menampilkan bahan-bahan yang berkualitas dan tergolong durasi dalam iklan tersebut lebih pendek, memaparkan kualitas bahan-bahan yang mereka gunakan sebagai highlight utama yang burger king indonesia pasarkan. serta langsung kepada isi pesan persuasifnya
References
Griffin, E. A. (2012). A First Look at Communication Theory. McGraw-Hill Education.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H