Mohon tunggu...
vincentius EkaPutra
vincentius EkaPutra Mohon Tunggu... Lainnya - penulis

selamat datang, terimakasih telah berkunjung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Kognitif dalam Dunia Pendidikan

23 Mei 2022   23:39 Diperbarui: 23 Mei 2022   23:44 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan

Menurut Pemikiran Jean Piaget dan Jerome Brunner

Pengantar

Dalam proses belajar mengajar, psikologi pendidikan memunculkan tiga aliran elite, yaitu psikologi behavioristik, kognitif dan humanistik. Penulis tertarik mendalami perkembangan psikologi pendidikan anak berdasarkan sudut pandang psikologi kognitif. 

Penulis menyadari bahwa cara kerja kaum intelektual untuk melahirkan sebuah karya tidak pernah lepas dari teori. Untuk itu, pada paper ini penulis akan memaparkan teori kognitif menurut Jean Piaget dan Jerome Brunner sebagai landasan ilmiah dalam menganalisis dan menggambarkan apa itu perkembangan kognitif pada seorang anak.

Teori Kognitif Jean Piaget

Jean Piaget memahami dunia anak-anak menggunakan skema. Sebuah skema adalah konsep atau kerangka pikir yang eksis di dalam pikiran individu yang digunakan untuk mengorganisasikan informasi. Skema yang dimiliki setiap individu berkembang dari skema sederhana hingga semakin kompleks. 

Piaget mengatakan bahwa ada dua proses yang bertanggungjawab atas cara anak memanfaatkan skema mereka yaitu asimilasi dan akomodasi. 

Asimilasi adalah suatu proses mental yang terjadi saat seorang anak memasukkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan yang sudah ada. Sedangkan, akomodasi adalah suatu proses mental yang terjadi ketika anak mengadaptasikan diri dengan informasi baru. 

Dalam konsep Piaget, proses organisasi terjadi dalam perkembangan ekuilibrasi. Ekuilibrasi adalah suatu mekanisme yang dikemukakan Piaget untuk menjelaskan bagaimana anak bergerak dari satu tahap pemikiran ke tahap selanjutnya dan anak memecahkan konflik. 

Piaget meyakini bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam empat tahapan. Tahapan yang dimaksud oleh Piaget adalah tahap sensorimotor-indra (0-2 tahun), tahap pra-operasional-simbolis (2-7 tahun), tahap operasional konkret-logis (7-11 tahun) dan tahap operasional formal-idealis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun