Mungkin kata SEO masih asing dalam telinga kita. Namun, menurut desainersitus web professional sudah tidak asing lagi. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Hal tersebut membahas operator konten online, serta mengiklankan konten melalui Google.
Sedangkan Webmaster memiliki tanggung jawab untuk pembuatan, organisasi, serta pemeliharaan situs web. Untuk optimisasi mesin pencari biasanya hanya ada perubahan kecil dari suatu situs web. Namun apabila webmaster menggabungkan SEO akan membantu para pengguna dalam menemukan konten web yang disediakan. Tujuan pengoptimalan mesin pencari yaitu konten situs web yang komprehensif.
Pada saat melakukan pengoptimalan SEO untuk pertama kali, webmaster memeriksa apakah halaman yang mereka buat akan muncul di indeks Google atau tidak. Untuk memastikan hal tersebut, webmaster melakukan pencarian dengan URL.
Jika hal tersebut berhasil, maka situs web akan muncul dalam indeks. Namun, tidak dapat dipungkiri juga akan gagal. Walaupun Google telah melakukan crawling beberapa miliar halaman. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya tautan ke laman lainnya, konten yang dibuat terlalu rumit, dan lain-lain.
Crawling berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki singkatan "rolling" dari mesin sinkron dan asinkron. Perayab web atau web crawler menggabungkan informasi dari beberapa situs web. Hal tersebut diatur dalam indeks Google.
Internet menjadi lambang perpustakaan virtual. Terdapat perpustakaan pinjaman buku dengan jumlah yang banyak, namun tidak tunduk pada sistem katalog pusat. Maka dari itu web crawler mencari perangkat lunak dan situs web khusus yang dapat diakses masyarakat secara bebas.
Untuk membuat konten menarik yang secara langsung mendapat tautan merupakan tugas SEO modern. Hal ini lebih mudah daripada meminta tautan ke halaman web yang dioptimalkan dan dengan kata kunci.
Copywriting SEO membahas mengenai salinan yang memiliki orientasi pada respon hingga konsep serta kata yang dapat menguntungkan pembaca. Hal tersebut juga digunakan untuk mempromosikan web. Karena popularitas konten bergantung dengan apa yang dilakukan oleh orang di luar halaman.
Untuk membuat konten yang menarik, perlu memperhatikan mengenai untungnya bagi para pembaca. Sama dengan memahami dengan siapa anda berbicara. Hal tersebut dapat dilakukan dengan lima cara, antara lain:
- Situs berita media sosial
Cara cepat untuk mendapatkan perhatian dari pembaca yaitu dengan membuat beranda Digg atau Reddit. Jika membuat tulisan dengan judul yang menarik, maka akan menarik para pembaca. Namun, perlu memahami komunitas konten media sosial.
Maka dari itu sesuaikan seperlunya dengan mempertahankan kata kunci dalam judul.
- Guest writing
Supaya terjadi komunikasi dua arah, tulisan tamu dari para pembaca diperlukan dalam sebuah blog atau situs web. Para pembaca dapat menyumbang konten atau komentar, hal tersebut dapat meningkatkan profil pembaca.
Selain itu, membuat konten yang orisinal serta menarik akan menjadi kualitas dari diri pembaca, terutama jika dibuat untuk kepentingan orang lain.
- Jaringan sosial
Twitter dan Facebook merupakan jaringan yang memiliki konten luar biasa. Maka dari itu, Google akan mempertimbangkan mengenai tautan yang akan disebarkan melalui media sosial.
Membangun jaringan dalam Twitter, Facebook, serta LinkedIn merupakan adanya hubungan dengan influencer di media sosial. Hal tersebut termasuk pengguna Digg teratas, jurnalis web yang relevan, serta pakar media sosial.
- Linking Out
Adanya dialog dengan pemiliki situs web yang relevan merupakan cara yang baik untuk mendapat perhatian serta mengarahkan tautan yang dimiliki. Para blogger memperhatikan siapa saja yang menautkan web mereka.
Pastikan memiliki tulisan yang penting untuk dikatakan, serta tetap menggunakan judul yang menarik.
- Direktori Artikel
Hal ini hampir sama dengan posting tamu dalam web atau blog. Dengan membuat konten yang asli akan mendapatkan hasil terbaik, kemudian dikirim ke bberapa direktori yang memiliki reputasi baik.
Terdapat lima elemen penting copywriting SEO, antara lain:
- Judul
Dalam perangkat lunak blog perlu menyajikan judul alternatif di tag judul. Judul memiliki frase kara kunci. Namun dengan menggunakan tag judul alternatif, dapat dioptimalkan dalam pencarian.
Adanya penekanan dalam judul akan memengaruhi sudut pandang mesin pencari. Memiliki kata kunci dalam judul juga merupakan faktor penting bagi Google. Karena digunakan untuk menentukan halam tertentu sebenarnya tentang subjek tertentu.
- Meta-Description
Deskripsi meta konten berupa salinan cuplikan tulisan untuk penelusuran di bawah judul. Kata kunci dalam deskripsi meta akan memengaruhi peringkat masih menjadi perdebatan. Deskripsi mera diusahakan di bawah 165 karakter, hal tersebut agar deskripsi lengkap terlihat di hasil pencarian.
- Konten
Konten yang unik dan sering diperbarui mempermudah mesin pencarian. Hal tersebut memiliki tujuan dalam pengoptimalan pencarian konten harus tepat pada topik. Isi konten sebaiknya minimal 300 kata.
- Frekuensi kata kunci
Frekuensi kata kunci dapat memengaruhi peringkat. Cara untuk memahami frekuensi yaitu dengan melalui rasio kata kunci dengan konten yang ada. Selain itu untuk mengetahui pengulangan kata kunci termasuk spam atau tidak, dapat dilakukan dengan mengukur frekuensi keseluruhan panjang konten.
- Linking out
Menautkan merupakan dasar fundamental dari web. Menautkan ke laman lain itu penting dalam hal pengoptimalan mesin telusur.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H