Mohon tunggu...
VINA SOFYANA
VINA SOFYANA Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Manfaat Melakukan Transaksi Jual Beli secara Online

18 Januari 2022   12:42 Diperbarui: 18 Januari 2022   13:08 2759
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama Vina Fadlila Sofyana

1900030366

Kelas H Bahasa Indonesia

Universitas Ahmad Dahlan

Manfaat Melakukan Transaksi Jual Beli Secara Online

Adanya globalisasi menjadikan teknologi dan komunikasi berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan teknologi yang telah ada di masyarakat. Perkembangan teknologi dan komunikasi di dukung dengan penggunaan berbagai teknologi dan penemuan-penemuan yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat. Internet mampu menghubungan sistem komunikasi dengan jaringan-jaringan internet di seluruh dunia. Internet menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan penggunanya dalam mengirim pesan, bertukar file, dan mencari informasi-informasi yang diinginkan. Belanja online merupakan aktivitas dimana orang-orang melakukan proses transaksi jual beli barang melalui smartphone dengan memanfaatkan jaringan internet. 

Beberapa aplikasi jual beli online diantaranya, tokopedia, shopee, lazada, blibli, zalora, dan jd.id. awal mula belanja online sangat diminati atau menjadi trend ketikan adanya pandemic covid 19 yang melanda seluruh dunia dan mengharuskan mengurangi kontak fisik dengan orang lain untuk mengurangi penyebaran virus covid 19. Belanja online merupakan solusi terbaik untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa harus berkontak fisik melakukan transaksi jual beli secara offline. Toko online menawarkan berbagai macam produk muali dari fashion, skincare, dan peralatan rumah tangga. 

Belanja online mrupakan alternatif yang ditawarkan kehidupan modern sebagai gaya hidup dan alternative kemudahan. Perbedaan yang paling terlihat adalah ketika berbelanja di toko online dapat diakses selama 24 jam melalui internet dimana pun dan kapan pun, sedangkan toko offline jam pelayanan terbatas. Jika berbelanja online penjual akan memberikan penjelasan tentang produk dan cara pemakaian melalui deskripsi dan video atau foto produk. 

Selain itu adanya fasilitas komentar dan penilaian bagi konsumen membantu orang-orang yang akan berbelanja produk di toko tersebut menjadi lebih meyakinkan karena bagusnya review dari orang-orang yang sudah membelinya, review dapat berupa komentar baik atau foto produk dengan pengemasan yang juga baik. Vitur lain yang ditawarkan adalah terdapat tanya jawab yang disediakan sehingga orang-orang dapat melihat respond dan menambahkan pertanyaan kepada pembeli, tetapi bisa juga menanyakan lewat vitur chat pribadi. Membuat toko online membutuhkan biaya sedikit, hanya dengan memanfaatkan jaringan internet dan kuota, penjual dapat mengakses aplikasi jual beli dan upload barang dagangan mereka dan konsumen dapat dengan mudah mencari katalog yang dibutuhkan dengan mudah. Konsumen juga dapat mengakses dan berbelanja di toko online lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan. 

Keuntungan yang didapat konsumen jika berbelanja online yaitu menghemat waktu dalam melakukan transaksi dalam atau luar kota, barang akan dikirim ke alamat yang konsumen, persaingan harga yang dilakukan oleh penjual-penjual online membuat konsumen mendapatkan barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli barang secara fisik atau konvensional., mudahnya akses pencarian barang yang dibutuhkan tanpa perlu berkeliling toko dimana sering terjadi ketidaktersediaan stock barang, kemudahan melakukan transaksi pembayaran yang dapat dilakukan secara COD, transfer, alfamart/indomaret, dan paylater. 

Belanja online dapat menjadi gambaran bahwa masyarakat dapat menerima dan beradaptasi dengan seiring perkembangan teknologi dan informasi. Cara pengiriman produk dengan transaksi jual beli online yaitu ketika produk fisik dapat dilakukan pengiriman melalui layanan pos atau jasa kurir seperti j&t, jne, tiki, sicepat dan lain sebagainya. Kemudian ketika produk digital dapat dikirimkan melalui email jika ukuran file kecil dan melalui layanan pos jika ukuran file besar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun