Mohon tunggu...
Vina Serevina
Vina Serevina Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Negeri Jakarta

Pengajar Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peranan dan Pengembangan Sistem Indormasi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

20 April 2022   11:16 Diperbarui: 20 April 2022   12:29 1943
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Dr. Ir. Vina Serevina, MM., Tri Budy Lestari, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, 2022.

Figure 1. Sumber https://www.ayoksinau.com/sistem-informasi-manajemen/

Bersamaan dengan proses globalisasi dan perkembangan TIK yang sangat pesat, kini semua lembaga memerlukan suatu informasi yang sesuai dengan bidangnya, termasuk lembaga pendidikan. Informasi berperan sebagai sumber daya untuk  seseorang yang berwenang memutuskan suatu hal yang menyangkut lembaganya tersebut, jika tidak ada informasi pasti akan menjadi masalah yang serius untuk seorang manajer dalam menentukan suatu  keputusan yang didapat oleh lembaga  itu sendiri maupun informasi dari luar lembaga yang akan didapat dari perangkat komunikasi canggih saat ini.

Tata kelola suatu sistem informasi manajemen yang baik adalah sebuah syarat esensial untuk meningkatkan kualitas suatu lembaga pendidikan. Maka dari itu, teknologi informasi dan sistem pendidikan perlu berproses sejalan dengan pertumbuhan sumber daya manusia (SDM), karena sumber daya manusia adalah aspek penting yang diperlukan agar menghasilkan sistem informasi manajemen pendidikan yang berkualitas, efektif dan efisien.

Pengembangan suatu Sistem Informasi Manajemen pada lembaga pendidikan sangat diperlukan, dikarenakan untuk menyesuaikan akan kemajuan dan persaingan global pada lini pendidikan perlu menyebarkan informasi lebih tanggap, akurat dan nyaman, dimana hal tersebut adalah komonen dari kualitas pelayanan, maka dari itu akan tumbuh  suatu bagian dalam bersaing (competitive advantage).

Banyaknya sekolah yang sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam manajemen sekolah. Kini mulai banyak sekolah yang mengimplementasikan sistem informasi manajemen untuk pengelolaan lembaganya. Untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan, fungsi dari sitem informasi manajemen yaitu sebuah aktivitas formal dan terstruktur terkait dengan mencari, mengumpulkan, mengolah serta menyebarkan suatu informasi kepada pihak-pihak yang merupakan bagian dari lembaga tersebut.

Suatu lembaga pendidikan akan mencapai keberhasilan jika telah memenuhi seluruh kebutuhan pihak yang membutuhkan baik itu murid, pendidik, wali murid dan masyarakat sekitar. Jika telah memberikan suatu layanan sistem informasi yang baik pada pelanggan maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas dari pendidikan itu sendiri. Sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan semua pihak akan suatu informasi, maka lembaga pendidikan dapat menerapkan sebagai tolak ukur penunjang layanan pendidikan.

tri2-625f87a9ef62f6043e2bba42.png
tri2-625f87a9ef62f6043e2bba42.png

Figure 2. Sumber : https://onlinelearning.unj.ac.id/ 

Berikut kegunaan dari pemakaian Sistem Informasi Manajemen, antara lain:

  • Kita akan mendapatkan data yang sesuai dan disajikan secara akurat dan disajikan dengan sistem informasi
  • Terpercya akan mutu dan kemampuan dalam pemanfaatan sistem informasi manajemen.
  • Untuk penyesuaian terhadap dampak ekonomi dari suatu sistem serta teknologi terbarukan.
  • Membantu guru untuk mengolah informasi yang tepat

Adapun, peranan dari sistem informasi manajemen pada lingkup pendidikan yaitu:

  • Sistem informasi manajemen berperan sebagai sarana yang dapat mempermudah dalam menentukan suatu keputusan Informasi. Berdasarkan durasinya, pengambilan keputusan bergantung pada data yang diperoleh dari tempat penyimpanan. Maka dari itu dibutuhkan orang yang terpercaya atas penyimpan informasi yang berada dalam lembaga pendidikan tersebut.
  • Sistem informasi manajemen sebagai pengendalian manajemen Yaitu dapat menjadi suatu patokan parmeter keberhasilan satu permasalahan yang sedang dikerjakan. Apabila terjadi sedikit kekeliruan, maka akan dilakukan kegiatan pemtusan tindakan pengendalian agar tujuan dari suatu lemabaga pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.
  • Sistem informasi manajemen berfungsi sebagai sistem yang dapat mengelola data dan informasi yang menyangkut dengan tugas-tugas organisasi dan wewenang yang sudah ditentukan yang berdasar pada kemampuan masing-masing guru. Dari keberadaan sistem informasi manajemen, guru bisa menyajikan data dan informasi yang dibutuhkan, maka dapat digunakan pula sebagai rujukan bagi pemimpin untuk menentukan tindakan lain demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

tri3-625f87bbbb44866fcf6f3a35.png
tri3-625f87bbbb44866fcf6f3a35.png

​

Tahap Pengembangan SIM ini di bagi pada 4 tahap, yaitu :

  • Tahap Investigasi Sistem Manajemen memakan waktu yang lebih lama yang diharapkan dapat menghasilkan suatu siklud hidup. Selama tahap ini, analisis sistem berperan sebagai spesialisasi informasi yang betanggung jawab untuk bekerja sama dengan pemakai. Langah -- langkah nya :
  • Menyadari suatu kasus
  • Mendefenisikan kasus
  • Menetapkan tujuan sistem
  • Mengelompokan kendala sistem
  • Merancang studi kelayakan
  • Merancang usulan penelitian sistem
  • Menyetujui atau menolak penelitian proyek
  • Menentukan mekanisme pengendalian.
  • Tahap Analisis
  • Sistem Analisis sistem adalah memeriksa sistem yang ada dengan tujuan membuat sebuah sistem baru atau di perbarui. Langkah-langkahnya adalah :
  • Memberitahukan penelitian sistem
  • Mengelompokan tim kerja
  • Mendefenisikan kebutuhan informasi
  • Mendefenisikan kerja sistem
  • Menyediakan usulan gambaran
  • Menerima atau tidak menerima rancangan proyek
  • Tahap Perencanaan
  • Sistem Rancangan sistem adalah suatu tahap menentukan proses dan data yang dibutuhkan oleh sistem baru. Langkah-langkahnya adalah :
  • Menyediakan gambaran sistem secara detail
  • Menentukan alternatif cara konfigurasi sistem
  • Menilai cara dalam konfigurasi sistem
  • Memilih konfigurasi yang efisien
  • Mempersiapkan urusan penerapan
  • Menerima ataupun tidak menerima pelaksanaan sistem
  • Tahap Implementasi Sistem
  • implementasi merupakan kegiatan dalam menghasilkan dan menggabungkan sumber daya fisik dan konseptual yang membuat suatu sistem terlaksana . Lagkah-langkahnya adalah:
  • Merencanakan penerapan
  • Mengumukan penerapan
  • Memperoleh kebutuhan untuk perangkat keras
  • Memperoleh kebutuhan untuk perangat lunak
  • Mempersiapkan database
  • Meyiapkan fasilitas fisik
  • Mengajarkan pengguna
  • Menggunakan sistem terbaruka,

Setelah dilakukan pengembangan sistem terbarukan, diharapkan dapat menciptakan suatu kemajuan sistem yang berdampak pada mutu pendidikan, kemajuan tersebut antara lain:

  • Kinerja. Yaitu kemajuan akan output pada sistem yang baru sehingga dapat menjadikannya lebih efektif.
  • Informasi. Yaitu kemajuan akan mutu informasi yang diberikan oleh sistem.
  • Ekonomis. Yaitu kemajuan terhadap kegunaan atau penurunan biaya yang terjadi.
  • Pengendalian. Yaitu kemajuan akan kontroling untuk menemukan dan Mengatasi kekeliruan yang ada serta kecurangan yang akan terjadi.
  • Efisiensi. Yaitu kemajuan akan efisiensi operasi. Efisiensi adalah yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya tersebut, bagaimana penerapannya agar pemborosan dan kesalahan yang paling minim.
  • Pelayanan. Yaitu kemajuan akan pelayanan yang diperoleh pengguna.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen sistem informasi berperan penting, jadi sudah sepatutnya lini pendidikan dapat merancang sistem informasi yang  tepat dan berkaitan terhadap lembaga pendidikan sehingga harapan pendidikan bisa tercapai secara optimal.

Pemerintah hendaknya peka terhadap kasus ini dengan memberikan dukungan dan bantuannya untuk sekolah yang sudah melakukan update mutu pendidikan dengan melakukan usaha pengembangan Sistem Informasi Manajemen, bentuk usaha tersebut dapat dengan memberikan bantuan dalam hal pengawasan pelaksanaan proses pengembangan Sistem Informasi Manajemen tersebut berdasarkan tata cara yang berlaku, serta dapat lebih mengamati perkembangan dan kesejahteraan sekolah.

DAFTAR PUSTAKA

Figure 1. Sumber https://www.ayoksinau.com/sistem-informasi-manajemen/

Figure 2. Sumber : http://siakad.unj.ac.id/

Figure 3. Sumber : https://adminsekolah.net/sistem-informasi-manajemen-sekolah/ 

Helmawati, Sistem Informasi Manajemen, Bandung: PT. Remaja Rosdakaya, 2015, h. 1.

Rochaety, Eti, dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutabri, Tata. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta:CV. Andi Offset

Wati, Winda. 2015. Peranan Sistem Informasi Manajemen dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Di MTs. AL Hidayah Ciawijapura Kabupaten Cirebon. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati.

Zakia, H. (n.d.). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan untuk Pengelolaan Data di SMP N 1 Talama. 1--9

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun