Mohon tunggu...
Vina Serevina
Vina Serevina Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Negeri Jakarta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pengajar Mata Kuliah Wawasan Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Presentasi Interaktif pada Pelajaran Fisika untuk SMA

9 April 2022   12:25 Diperbarui: 9 April 2022   17:05 1099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Figure 1 (Contoh Presentasi Interaktif) http://fisikafisuka.blogspot.com/2016/10/media-pembelajaran-interaktif-fisika_25.html?m=1

Oleh : Dr. Ir. Vina Serevina, M.M., Syafannisa Fitria Farah Dewi, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta,2022.

Pembelajaran interaktif adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang memiliki korespondensi dua arah antara guru dan siswa Pendidik memiliki peran dalam meningkatkan minat belajar siswanya, pemilihan metode pembelajaran harus menyesuaikan kondisi siswa pada lingkungan kelas. 

Salah satu penerapannya yaitu menciptakan pembelajaran interaktif. Sehingga, siswa dapat berperan aktif dalam memberikan tanggapan terhadap materi yang guru berikan, forum diskusi bersama teman, dan mencari sumber referensi lain sebagai acuan belajar.

Banyak hal yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan aktivitas mengajar dan pembelajaran, salah satunya adalah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran. 

Media Pembelajaran ini harus mampu menyampaikan bahan ajar yang telah disusun pendidik secara menarik supaya siwa tidak merasa jenuh pada materi pembelajaran yang akan di sampaikan, Media Pembelajaran yang dirancang harus bisa memberikan stimulus terkait materi pembelajaran yang akan dibahas. Tujuannya adalah agar peserta didik tertarik dan mau mempelajari lebih lanjut terkait suatu materi.

Sebelum kita mulai memanfaatkan media pembelajaran cerdas, perlu diketahui bahwa ada beberapa keunggulan media pembelajaran intuitif, antara lain: Memperluas "tingkat" siswa belajar dengan meninjau materi seperti rekaman, kegiatan, permainan, dan lain-lain. Dapat membuat berkonsentrasi pada waktu lebih menarik dan mahir. Latihan belajar menjadi cerdas, mudah untuk berkolaborasi dengan instruktur, namun juga dapat meningkatkan gerakan siswa. Memperluas inspirasi belajar Namun dalam penerapannya, pengajar harus mengetahui tentang kemampuan setiap media agar tidak mengambil keputusan yang tidak tepat atau menimbulkan gejolak di kalangan siswa tentang materi yang diperkenalkan.

Media Pembelajaran Cerdas dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyalur pesan (materi pembelajaran) agar benar-benar menarik, sehingga disukai siswa dan tidak melelahkan. 

Dengan penggunaan media pembelajaran yang cerdas, dapat mengubah sikap siswa yang menganggap bahwa pembelajaran hanya itu-itu saja dan setiap materi akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Media Pembelajaran seperti yang kebanyakan orang anggap biasa memiliki pilihan untuk membuat pembelajaran intuitif adalah Microsoft Powerpoint.

 Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang dimaksudkan untuk menjadikan perkenalan sebagai slide tayangan yang cerdas sehingga materi dapat ditampilkan lebih nyata dan ahli. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun