Mohon tunggu...
Vina Silvia
Vina Silvia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Hobi saya menari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Pentingnya Media Sosial dan E-Commerce bagi UMKM di Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung

10 Agustus 2022   23:03 Diperbarui: 10 Agustus 2022   23:09 556
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Panenjoan, Cicalengka-Bandung

Kuliah Kerja Nyata Tematik UPI yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli hingga 10 Agustus 2022 dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sdg's Desa dan MBKM.

saya Vina Silvia, mahasiswi KKN kelompok 158 (Kelompok Kecil B) bersama 2 rekan saya yaitu Farhan Haq Taufikkurahman dan Lala Karmila Sari dari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru dengan dosen pembimbing lapangan Bapak Hana Yunansyah, S.Si., M.Pd. Kami melaksanakan KKN di Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, dengan sub tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata.

Langkah pertama yang kami jalankan yaitu memilih indikator yang akan dijadikan sebagai program kerja, salah satu indikator yang kami pilih yaitu terkait pendampingan usaha mikro kecil. Kemudian merancang beberapa program kerja pada indikator tersebut, dan melakukan komunikasi awal dengan pihak Desa yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan KKN. Komunikasi awal ini bertujuan untuk meminta perizinan kepada Bapak kepala desa yaitu Bpk. H. Asep Permana, S.E yang di wakili oleh Bpk. Handi Suhandi selaku Kaur Kesejahteraan. Setelah kami mendapatkan perizinan untuk melaksanakan KKN di Desa Panenjoan kami langsung terjun ke lapangan dengan melaksanakan program kerja yang sudah dirancang. Produk unggulan yang saya pilih yaitu pada indikator pendampingan usaha mikro kecil, dengan salah satu program kerja terkait Edukasi Pentingnya Media Sosial dan E-commerce Bagi Usaha Mikro Kecil

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Pada hari Jumat, 15 Juli 2022. Kami telah melakukan program survey, analisis dan sosialisasi terhadap usaha mikro kecil menengah yang tersebar di Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Dengan tujuan untuk mengetahui usaha apa saja yang ada di Desa Panenjoan ini, setelah mendapatkan beberapa data yang diperlukan kami melakukan rekapitulasi data sebaran UMKM di Desa tersebut. Pada hasil survei dan analisis UMKM ini kami memfokuskan pada salah satu UMKM untuk ditindaklanjuti karena terdapat hal yang menarik, yaitu pada UMKM kue donat. Langkah selanjutnya kami melakukan sosialisasi pada UMKM donat ini dengan mewawancarai pemilik usaha tersebut, sehingga kami mendapatkan beberapa hal yang dapat dijadikan edukasi. Hasil wawancara yang kami dapatkan pemilik usaha kue ini belum memanfaatkan teknologi untuk pemasaran produk usahanya, dikarenakan pemilik usaha gagap teknologi. sehingga kami menindaklanjuti terkait edukasi pentingnya media sosial dan e-commerce bagi UMKM.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Edukasi pentingnya media sosial dan e-commerce bagi usaha mikro kecil menengah, ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi google meet. pada hari Sabtu, 23 Juli 2022, program kami tidak berhenti sampai edukasi saja tetapi kami juga menindaklanjuti terkait pendampingan pada usaha kue tersebut, karena dari hasil wawancara yang kami dapatkan pemilik usaha belum memiliki brand atau nama pada produk yang beliau jual, belum ada logo produk dan juga media sosial yang sangat perlu untuk dijadikan sebagai sarana pemasaran, namun disini saya lebih memfokuskan pada edukasinya.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Seiring perkembangan zaman teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan, hampir seluruh masyarakat menggunakan media sosial untuk berbagai macam kegiatan dan mencari kebutuhan hidup.

Media sosial umumnya dirancang untuk memudahkan seseorang dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Platform ini juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi, menambah relasi, dan bahkan saat ini juga banyak yang menjadikannya sebagai wadah untuk menunjukkan karya mereka.

E-commerce sebagai perangkat teknologi dinamis dengan bentuk aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan bisnis, konsumen, dan masyarakat melalui e-commerce dalam pertukaran barang, jasa dan informasi secara elektronik.

Tidak sedikit dari para pengusaha pun memanfaatkan media sosial dan e-commerce, karena sangat membantu dalam mengembangkan unit bisnis atau pun untuk mempromosikan usaha pada khalayak umum. Berbagai macam media sosial dan e-commerce yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana bisnis, seperti Instagram, whatsapp, tiktok, facebook, youtube shopeefood, gofood dan lain sebagainya. Media sosial dan e-commerce ini dapat mempermudah berkembangnya usaha yang kita jalankan, melihat kondisi saat ini perkembangan teknologi sangat pesat sehingga dapat memudahkan kita dalam mengakses berbagai macam yang kita perlukan, termasuk berbelanja secara online.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun