Mohon tunggu...
VILLA FITRIA
VILLA FITRIA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

1.4.a.9.1. Aksi Nyata Modul 1.4 - Forum Berbagi Aksi Nyata

5 Juni 2024   10:05 Diperbarui: 7 Juni 2024   10:51 1505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamulaikum, wr, wb.

Salam dan Bahagia Ibu/Bapak guru

Senang sekali rasanya saya dapat menyelesaikan tugas aksi nyata diseminasi "Budaya Positif" di SMAN 4 Muara Teweh pada hari kamis tanggal 30 Mei 2024.

Berikut Rancangan Aksi Nyata saya:

dokpri
dokpri

1. Latar Belakang

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai kebahagian dan keselamatan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Dalam menuntun seorang guru mampu menciptakan kelas yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang dan relevan sehingga terwujudnya murid yang memiliki profil pelajar pancasila.   

     Profil pelajar pancasila akan terwujud dengan kolaborasi antar warga sekolah melalui budaya positif. Salah satu budaya positif di sekolah tumbuh dan berkembang adalah dengan menerapkan keyakinan kelas. Keyakinan kelas haruslah muncul dari murid sehingga keyakinan yang telah disepakati benar-benar diinginkan dan dihargai oleh setiap murid di kelas maing-masing.

2. Tujuan

  • Mewujudkan kemerdekaan pada murid dengan memberikan kebebasan untuk menyampaikan pendapat mengenai keyakinan-keyakinan kelas yang mereka yakini.
  • Melatih kolaborasi dalam hal menyepakati keyakinan-keyakinan kelas yang mereka buat.
  • Menumbuhkan karakter positif pada murid melalui keyakinan kelas yang mereka sepakat.

3. Tolak Ukur

Murid mampu membuat kesepakatan kelas untuk dipasang di dinding kelas dan menaati. Murid mengapikasikan nilai-nilai profil pelajar pancasila secara sadar dan berkesinambungan dalam proses belajar sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid. 

4. Linimasa Tindakan yang Akan dilakukan 

  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk membuat kesepakatan kelas.
  • Guru meminta ijin kepada Kepala Sekolah untuk melaksanakan kegiatan diseminasia budaya positif.
  • Kegiatan diseminasi di SMAN 4 Muara Teweh terkait disiplin positif, kesepakatan kelas, profil pelajar pancasila dan praktik segitiga restitusi sebagai dampak pelanggaran kesepakatan kelas.
  • Guru menjelaskan tentang pengertian dan pentingnya kesepakatan kelas.
  • Mendokumentasi setiap kegiatan yang dilakukan.

5. Dukungan yang dibutuhkan 

Dukungan dari seluruh warga sekolah dalam berkolaborasi, berpartisifasi aktif dalam membiasakan budaya positif di sekolah. 

6. Dokumentasi Kegiatan 

Pembuatan Keyakinan Kelas/dokpri
Pembuatan Keyakinan Kelas/dokpri

Hasil Keyakinan Kelas/dokpri
Hasil Keyakinan Kelas/dokpri
Diseminasi Budaya Positif/dokpri
Diseminasi Budaya Positif/dokpri
7. Pembelajaran yang didapatkan
  • Pembuatan keyakinan kelas
  • Posisi yang terbaik menjadi guru adalah posisi manajer
  • Kolaborasi dan dukungan dari warga sekolah dalam pelaksanaan aksi nyata sangat penting
  • Langkah-langah segitiga restitusi dalam menyelesaikan kasus 

8. Rencana perbaikan dimasa mendatang

Mengevaluasi pelaksanaan keyakinan kelas agar dapat terlaksana dengan maksimal

Terimaksih, mungkin ini yang dapat saya sampaikan. 

Salam dan bahagia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun