Di era Globalisasi yang penuh dengan perubahan dan persaingan yang ketat, mempertahankan keunggulan kompetitif fokus utama bagi suatu perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Namun, untuk mencapai kesuksesan  ini tentunya dibutuhkan perencanaan dan manajemen strategis yang efektif.
Memahami arti perencanaan dan manajemen strategis
Berdasarkan buku Management, Global Edition,15th Edition oleh Stephen P. Robbins dan Mary Coulter , Perencanaan dapat didefinisikan sebagai tujuan atau sasaran organisasi, penetapan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan, dan mengembangkan hierarki (struktur) rencana yang komprehensif untuk mengintegrasikan dan mengoordinasikan kegiatan.Â
Maka, hal ini berkaitan dengan tujuan (apa yang harus dilakukan) serta sarana (bagaimana hal itu harus dilakukan). Rencana strategi adalah rencana yang diterapkan pada seluruh organisasi untuk mempertahankan tujuan secara keseluruhan dan memposisikan organisasi dalam kaitannya dengan lingkungannya.
Mengapa manajer membuat rencana rencana
- Untuk memberikan arahan kepada manajer dan nonmanajer
- Mengurangi ketidakpastian, mengantisipasi perubahan, mempertimbangkan dampak perubahan, dan mengembangkan respon yang tepat
- Meminimalkan pemborosan dan redundansi
- Menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam pengendalian
Sedangkan, manajemen strategis adalah proses merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjangnya.
Kinerja, perencanaan, dan manajemen strategis
Kinerja, perencanaan, dan manajemen strategis memiliki peran penting dalam mempertahankan keunggulan kompetitif dengan perencanaan dan manajemen strategis di era globalisasi ini. Perencanaan strategis memberikan arahan dan tujuan untuk keberlangsungan jangka panjang suatu perusahaan, yang kemudian membentuk dasar untuk menentukan bagaimana manajemen strategis ditetapkan. Dalam proses perencanaan ini, perusahaan melakukan analisis untuk mengidentifikasi keunggulan kompetititf, dan merencanakan langkah-langkah strategis yang tepat. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Manajemen strategis ini berperan dalam  implementasi perencanaan strategis, baik dalam pengelolaan sumber daya, dam pengambilan keputusan yang mendukung keberhasilan perusahaan. Manajemen strategis melibatkan kemampuan untuk beradaptasi, sehingga memungkinkan perusahaan untuk tetap kompetitif.
Kinerja perusahaan menjadi ukuran seberapa baik perencanaan dan manajemen strategis  diterapkan. Kinerja yang baik menunjukan bahwa rencana strategis yang diterapkan dengan sukses. Sebaliknya kinerja yang buruk dapat menunjukan bahwa ada kesenjangan antara rencana dan implementasinya. Jika perusahaan mampu mengintegrasikan ketiga hal tersebut dengan baik, perusahaan bisa memiliki posisi yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.
Bagaimana  mempertahankan keunggulan kompetitif dengan perencanaan  dan manajemen strategis
Beberapa cara yang dapat dilakukan :
- Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal secara mendalam: analisis internal ini mengidentifikasi  mengenai kekuatan dan kelemahan organisasi seperti dalam hal sumber daya. Sedangkan analisis eksternal ini mengidentifikasi setiap peluang dan ancaman yang ada di pasar.
- Merumuskan strategi yang tepat, Macam-macam strategi diferensiasi/diversifikasi :
-Quality (kualitas produk)
Dengan menawarkan produk atau layanan dengan kualitas yang lebih  tinggi dari pesaing, perusahaan akan lebih siap untuk bersaing  dengan perusahaan lain.
-Inovasi
Di era globalisasi dengan perubahan yang serba cepat ini, perusahaan harus mengembangkan inovasi produk atau layanan secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang selalu berubah.
-Customer Service
Dalam hal ini perusahaan harus memberikan layanan pelanggan yang unggul untuk meninggalkan kesan yang baik bagi pelanggan.
-Mass Customization
Perusahaan mampu menawarkan produk atau layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual pelanggan
-Media sosial
Memanfaatkan media sosial untuk membangun hubungan dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, dan meningkatkan brand awareness.
- Mewujudkan strategi dengan efektif
- Mengevaluasi dan memantau kinerja organisasi secara berkala
Dalam era globalisasi yang penih dengan perubahan dan persaingan yang ketat ini, mempertahankan keunggulan kompetitif menjadi fokus utama bagi kesuksesan perusahaan. Untuk mencapai hal ini, perencanaan dan manajemen strategi yang efektif sangatlah penting. Dengan mengintegrasikan  hal tersebut dengan baik, perusahaan dapat mempertahankan keunggukan kompetitif mereka di era globalisasi yang terus berkembang dan berubah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H