1. Profil Sejarah Pt. Siantar TOP
PT. Siantar Top, Tbk dimulai dari bentuk industri rumah tangga yaitu pada tahun 1972 di Sidoarjo dengan produk yang pertama kali dibuat adalah kerupuk ubi dengan jumlah karyawan 5 orang. Seiring dengan bertambahnya jenis produk yang dihasilkan dan juga jumlah permintaan sehingga pada tahun 1987 didirikan suatu pabrik dalam skala yang cukup besar dengan nama PT. Siantar Top, Tbk yang berlokasi di Sidoarjo(Surabaya). Perusahaan semakin berkembang pesat dan pada tahun 1996 mencatatkan sahamnya di lantai Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia).
Pengembangkan usaha dan pendistribusikan produk yang dihasilkan pada tahun 1997 PT. Siantar Top, Tbk melakukan ekspansi kepulau Sumatera, khusus ke Sumatera Utara, sehingga pada tahun 1997dibangun pabrik di Jalan Raya Medan Tanjung Morawa Km 12,5 Desa Bangun Sari Kabupaten Deli Serdang dan mulai beroprasi tahun 1998,dimana jenis produk yang dihasilkan yaitu Biskuit, Mie goreng, Mie spix dan  kemudian terus bertambah hingga pada saat ini ada sekitar 30 jenis produk. Selain mengembangkan pasar dalam negeri, perusahaan juga terus mengembangkan pasar ekspor keberbagai negara di Asia, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. PT. Siantar Top, Tbk mengembangkan produk-produk makanan berkualitas dengan mengutamakan cita rasa terbaik (taste Specialist)
      PT Siantar Top Tbk sejak berkiprah di dunia korporasi membidangi penjualan produk makanan masih terus bertahan hingga saat ini, Produk yang diproduksi, dipasarkan dan di distribusikan terbilang bukan barang mewah minimal barang sekunder, namun suatu produk makanan ringanyang bukan menjadi konsumsi pokok masyarakat Indonesia. Melihat pangsa pasarnya kini ternyata makanan ringan mendapat respon positi oleh masyarakat luas terutama konsumennya. Inovasi yang baru tampak. Saat perusahaan itu meluncurkan produk barunya kopi dalam bentuk sachet, strategi pemasaran produk, jangkauan wilayah, content dan variasi produk. Satu hal yang juga penting dalam kelangsungan dan kebertahanan perusahaan ialah kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak lintas sektoral menyangkut pihak eksternal dan internalnya yakni, pemerintah,masyarakat, dan karyawan atau buruhnya juga. Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan roda pemerintahan berkepentingan dalam menjaga stabilitas ekonomi negara, masyarakat menikmati barang yang dihasilkan oleh perusahaan, dan karyawan/buruh adalah mereka yang bekerja memproduksi barang dan jasa yang intinya berada di lingkungan internal perusahaan itu sendiri.
Visi, Misi dan Tujuan
Visi
- Menjadi perusahaan terkemuka yang terus menerus tumbuh dan berkembang demi kepuasan bersama
Â
Misi
- Menjadi perusahaan pelopor produk-produk dengan taste specialist
- Menyediakan produk yang kompetitif harganya, terjamin mutu, halal dan legalitasnya
- Memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bersama (stakholder's, karyawan dan masyarakat)
- Mengembangkan keragaman produk/usaha sesuai perkembangankebutuhan pasar atau konsumen
- Membuka kesempatan untuk pihak lain (investor), untuk bekerja sama dengan mensinergeikan kemampuan yang dimiliki usaha memperkuat dalam mengembangkan usaha
Tujuan
- Melakukan usaha di bidang industri makanan ringan dan/atau industri lainnya yang berkaitan dengan usaha makanan ringan.
- Melakukan usaha lain yang menunjang usaha perseroan.
- Melakukan perbuatan hukum lainnya yang diperlukan untuk mencapai maksud dan tujuan perseroan.
2. Tata Nilai Perusahaan PT. Siantar Top tbk
CREDIBILITY Â Â Â Â Â
Jujur dan tulus di lingkungan kerja yang terbina diantara para staff, pihak menejemen, distributor, dan juga konsumen demi menjaga nama baik perusahaan.
OPPORTUNITY
Bersikap proaktif dan kreatif untuk menciptakan ide-ide baru demi perubahan dan menciptakan peluang yang bisa diterapkan untuk kemajuan perusahaan.
QUALITY
Menghasilkan produk unggul yang berkualitas di dukung kemampuan teknologi yang canggih sesuai dengan komitmen perusahaan yang mengedepankan rasa (Taste Specialist).
COOPERATION
Membangun perusahaan yang solid diantara para staff, menejemen, distributor dan juga konsumen atas dasar sikap saling menghormati, saling percaya, jujur, dan juga transparan.
RESPONSIBILITY
Sikap bertanggung jawab di lingkungan kerja dan menerapkan 6 prinsip semangat dalam bekerja yaitu sederhana, rapi, bersih, akurat, tenggat waktu, dan target penyelesaian pekerjaan.
INNOVATION
Melanjutkan pengembangan bisnis untuk meningkatkan kontribusi positif pada perusahaan dengan mendaya-gunakan teknologi, ilmu
pengetahuan, dan juga kreatifitas sebagai
SAFETY
Menjamin kualitas produk sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan menerapkan standarisasi keamanan, menggunakan bahan yang berkualitas dari tahap awal produksi sampai akhir produksi.
EXISTENCE
Konsisten dalam mengembangkan dan menjaga keberadaan perusahaan sebagai pelopor produsen makanan yang memproduksi
produk-produk berkualitas.
PROFESSIONALISM
Hubungan yang sehat serta profesional untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan antara para kolega, distributor, dan juga konsumen.
CONTINUOUS IMPROVEMENT
Berkomitmen pada diri secara terus-menerus dalam rangka meningkatkan kualitas produk, industri, dan juga sumber daya alam,
serta melakukan penyempurnaan pada sistem operasional dengan dukungan teknologi.
CREATIVITY
Mengamati pangsa pasar sebagai bagian dari proses kreatif dalam menciptakan inovasi baru untuk produk berkualitas sesuai dengan harapan konsumen.
PROFITABILITY
Memelihara dan memperbesar keuntungan perusahaan, dengan melakukan tindakan sesuai yang dibutuhkan di segala sektor termasuk
upaya peningkatan SDM.
Nama : Vittor Simanjuntak
Nim   : 211011200296
Kelas  : 06SAKP002
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H