"Paket ada dua ya mba, aku sudah membayar kok. Jadi tinggal diterima saja!" Entah kali keberapa saya mengatakan pesan yang sama kepada kakak perempuan. Menjelang bulan Ramadan ini memang terhitung para pengusaha UMKM banyak menawarkan promo. Entah bagian biaya pengiriman ataupun sistem Buy One Get One Free. Alhasil saya pun mulai lebih bersahabat erat dengan toko online lebih dari biasanya. Bagaimana dengan anda? Apakah bernasib sama? Kalau iya berarti kita sehati.
Tentu di bulan yang penuh berkah dimana disarankan bagi seluruh masyarakat menyambutnya dengan tradisi saling berbagi kepada sesama. Terlebih kepada anggota keluarga, dan sanak saudara. Saya pun turut berbagi pada saudara dengan memesan beberapa perlengkapan, tentu melalui toko online karena waktu untuk membeli secara offline bersama hampir kurang. Jadi saya mencari alternatif yang cepat saja. Apalagi jasa pengiriman barang terutama JNE, sudah mengakomodasi kebutuhan penerimaan dengan aman setiap tahunnya.
Berbagi Keberkahan Bersama JNE
Masa pandemi kemarin juga membuat saya lebih merasa aman, dan nyaman saat berbelanja kebutuhan. Ternyata bukan hanya saya saja, tetapi teman-teman juga memilih metode yang sama  apalagi dengan semangat berbagi seperti ini. Benar  turut memberikan kontribusi pada naiknya kebutuhan pengiriman antar masyarakat pada masa adaptasi kehidupan baru.Â
Oya saya mendapat info kalau berkaitan dengan Ramadan 2023 dan #JNE23tahun maka JNE kembali lagi berbagi keberkahan dengan kolaborasi berbagai pihak. Sudah tentu untuk memberikan manfaat kepada masyarakat luas terutama pada para pelanggan setia. Salah satunya melalui promo gajian yang bekerjasama dengan Seller dari member JLC. Program ini  fokus pada setiap pembelian di merchant, maka akan mendapatkan hemat ongkos kirim bagi layanan Yes dan Reguler sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
Saya lalu ingat teman yang memang bersemangat sekali jika ada promo, karena memang terhitung menguntungkan bagi UMKM yang dia ampu. Apalagi memang menjelang lebaran selalu permintaan produk dalam skala besar. Begitu juga saat dia menerima informasi bahwa bagi member JNE Loyalty Card (JLC) dipastikan akan mendapatkan benefit program THR. Â Berupa pemberian hadiah bagi member (JLC) Â yang baru dengan transaksi serta pengiriman terbanyak pada bulan Maret 2023.
Program Spesial Ramadan
Beda lagi respon teman yang pelanggan produk handmadenya sampai ke luar negeri. Terdapat program dari JNE berupa free ongkir bagi member JLC. Tentu melalui kolaborasi program dengan Mandjha Ivan Gunawan. Juga terdapat promo diskon ongkos pengiriman 50% untuk pengiriman service international  tujuan Kuwait,  Saudi Arabia, Turkey, Yordania, Qatar Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Oman.Â
Program ini berlangsung dari bulan 23 Maret 2023 sampai dengan 21 April 2023, tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Salah satu kemudahan yang lain dengan hanya menyertakan penukarkan point JLC, bisa melakukan donasi yang bekerjasama dengan Rumah Zakat. Â
For Your Information, terdapat program spesial Ramadan lainnya juga. Antara lain berupa aktivasi giveaway di media sosial JNE. Bukan hanya turut menyemarakan dalam menyambut Ramadan dengan Kuis Games Si JONI spesial Ramadan. Sudah tentu juga berhadiah produk brand lokal dari  Ija Kroeng, Itang Yunasz, Kamiidea, Jeffry Tan,  dan brand lainnya. Pada game Si JONI ada kesempatan bagi #TemanJNE meraih hadiah moment Ramadan, juga mengadakan program bagi -- bagi takjil yang diberikan pada masyarakat di sekitar cabang JNE.
Kolaborasi JNE
Salah satu kolaborasi lain JNE yang membuat terharu adalah saat kerjasama  dengan seniman disabilitas, salah satunya menggunakan art work Ramadan karya dari Angkasa Nasrullah dari Studio Tab Space Bandung. Studio ini memang berfokus pada dukungan dan menjadi ruang seniman disabilitas yang mau maju dan  berkarya. Hasil karya Angkasa tersebut direalisasikan berbagai bentuk, salah satunya  design Gate bertema Ramadan. Bukan hanya digunakan di Kantor JNE Pusat tapi juga di kantor cabang seluruh Indonesia. Begitu juga design jadwal imsakiyah, amplop THR, design armada tematik dan aktivasi Augmented Reality di media sosialÂ
Balik lagi ke pengiriman paket, kadang pertimbangan untuk melakukan transaksi menjelang hari besar memang ada. JNE sendiri sudah mengetahui hal tersebut dari awal pendirian perusahaan, dan selalu ada update fasilitas yang meminimalisir hal yang tidak nyaman bagi semua pihak. Contohnya seperti yang terjadi di tahun sebelumnya yaitu jumlah pengiriman JNEÂ pada peak season seperti Ramadan dan Idul Fitri, mengalami peningkatan di atas 20-30%.
Oleh karena itu, menghadapi ini, JNE telah melakukan berbagai antisipasi dan persiapan: penambahan di sektor SDM dan armada, dari jumlah karyawan yang saat ini berjumlah lebih dari 50 ribu orang. JNE juga memastikan titik-titik layanan, khususnya Kantor Pusat dan Kantor Cabang di kota-kota besar setiap provinsi dapat melayani kebutuhan pengiriman pelanggan selama 24 jam.Â
JNE sendiri memang jasa pengiriman yang sudah lama saya pilih. Ternyata JNE yang berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Akhir 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres.Â
Mulai tahun 2013, JNE sudah siap berekspansi pada bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup banyak lini antara lain pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Pada tahun 2014, JNE sudah gencar melakukan optimalisasi Mobile Applications untuk meningkatkan service. Antara lain berupa trace tracking kiriman, kemudahan transaksi digital, Free Pick up serta sistem COD. 2017 JNE sudah berhasil membangun E-Fulfillment di beberapa cabang. Antara lain: Warehouse  Management System yang terintegrasi terkait warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery.
Kesimpulan
Secara pribadi, saya melihat JNE memang banyak dipilih oleh teman-teman yang berkecimpung dalam bidang perdagangan, baik UMKM ataupun toko online yang baru merintis usahanya. Memang benar, Bersama #JNEBangkitbersama Senyum Berkah di Ramadan 2023. Banyak yang setia memakai jasa pengiriman #JNE karena memang kemudahan fasilitasnya. Sebenarnya mudah kok bila ingin mengetahui update tentang informasi dan program promo JNE, seperti yang di tuturkan Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE.
Beliau menyampaikan, "Di momen Ramadan dan Idul Fitri 2023, semangat berbagi meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Oleh karena itu, dengan tagline #ConnectingHappiness, JNE pun berbagi melalui berbagai program - program menarik. Kali ini pelanggan setia semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia. JNE memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial ini dengan beragam program". Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H