"Asyik, bank Ganesha bisa menerima transfer dari Paypal." Sederet gigi Saya tampak di seulas senyum pada wajah seraya jemari masih saja menari di permukaan komputer jinjing. Layar  yang menampilan list bank yang menerima transaksi Paypal masih terpampang saat Saya meneguk kopi. Saya memang selalu mencoba mengumpulkan informasi terbaru tentang piranti keuangan. Kali ini bank Ganesha yang menjadi pembahasan.
Etimologi, dan Anugerah Perbankan
Ganesha sendiri secara etimologi adalah gabungan dua kata dalam bahasa Sansekerta yang berarti kelompok pemimpin. Kesan pertama yang Saya dapatkan sauat mendengar nama Ganesha langsung tertuju pada kekokohan. Sejalan juga dengan tagline bank Ganesha yaitu, "Everday Bank" yang menjamin kemampuan melayani semua kebutuhan transaksi keuangan nasabah setiap hari. Ternyata benar, penghargaan demi penghargaan sudah diterima oleh bank yang berdiri sejak 30 April 1992 tersebut. Sederet kepercayaan dari pihak ketiga tersebut tentu diukur secara professional dengan standar data yang valid.
Jaminan dari LPS
Tentu saja salah satu penentu dari kepercayaan tehadap sebuah piranti keuangan terutama bank adalah adanya jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan(LPS). Nasabah akan merasa yakin bahwa hartanya baik dalam bentuk tabungan, giro, deposito maupun transaksi lain akan tetap aman. Ijin dari LPS sendiri sudah diperoleh kepada bank Ganesha bahkan bursa saham sudah mencatat kinerjanya. Kita bisa mengetahui bagaimana dinamika PT Bank Ganesha dengan memantau di lantai bursa saham.
Pencairan transaksi Paypal
Baik, mari kembali ke kemudahan transaksi paypal yang Saya sebutkan di awal artikel. Sejauh yang Saya ketahui, Paypal menerapkan standart ketat untuk pencairan maupun penerima dana. Ada berbagai macam persyaratan yang harus dimiliki bank lokal di negara penerima. Pada daftar bank yang bisa menerima transaksi dari Paypal tersebut tentu tidak mencakup semua bank yang ada di Indonesia. Â Untuk pemegang kartu debit seperti Saya tentu informasi mengenai bertambahnya jumlah bank yang bisa menerima paypal sangatlah penting.
Akses informasi bagi nasabah
Berbicara mengenai piranti keuangan, maka selalu ada fasilitas yang selalu diwajibkan serta menjadi pertimbangan utama. Tentu saja kembali kepada kebutuhan masing-masing nasabah. Untuk Saya, tertuju pada ada tidaknya fasilitas instrumen investasi. Saya kemudian mencari informasi lebih lanjut dengan mengakses www.bankganesha.co.id .Â
Yang pertama Saya mencoba membuka laman resmi bank Ganesha melalui browser gawai, bukan tanpa sebab. Saya ingin mengetahui seberapa kokohnya fasilitas tehnologi yang digunakan bank Ganesha. Jika tagline yang digunakan adalah "Everday bank" maka akses informasi serta transaksi secara online sangatlah penting. Ternyata akses lancar serta terdapat beberapa sub menu yang menjadi pendukung langsung komunikasi dengan calon nasabah. Tak mengherankan bila bank Ganesha mendapat penghargaan The Most Improvement Banking in Service & Customer Satifaction.
Bangga adalah nama aplikasi mobile bank Ganesha yang Saya coba akses melalui play store setelah mendapati penyebutannya di laman resmi bank Ganesha. Aplikasi dengan berat 11 MB ini sudah mendapat 91 ulasan dengan rating 3+ serta 1000 unduhan. Anda bisa langsung mengenalinya saat melihat latar belakang warna yang sama dengan laman resmi bank Ganesha.
Asuransi, Investasi serta Kredit
Ternyata bukan hanya pelayanan investasi namun juga terdapat program asuransi Pro Whole Life(perlindungan jiwa sekaligus nilai tunai) dengan minimum premi 100 juta serta Flexsi Safe Link (perlindungan maksimal jiwa, kesehatan, dan investasi). Untuk menjawab kebutuhan transaksi sehari-hari seperti pembayaran tagihan listrik, telepon serta pajak, maka bank Ganesha juga sudah menyediakan fasilitas tersebut. Yah namanya juga "Everday Bank."
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H