Munculnya berbagai macam jasa pengiriman memang sangat membantu gaya hidup digital saat ini, jasa pengiriman memudahkan berbagai macam proses pembelanjaan online ataupun pengiriman barang yang bersifat personal. JNE adalah salah satu jasa pengiriman yang saya percaya, sebab dengan berbagai review positif dan pelayanan yang menyenangkan membuat saya berkali-kali menggunakan jasa pengiriman ini.Â
Namun kali ini tidak, pelayanan buruk dari JNE yang saya dapatkan. Kronologi cerita permasalahannya sebagai berikut :
Pada hari Sabtu, 8 Juli 2017, tunangan saya melakukan pengiriman paket dari Jogjakarta ke Denpasar dengan menggunakan YES (Yakin Esok Sampai). Pengiriman pun dipisahkan menjadi 2 resi dikarenakan isi pengiriman berupa Iphone dan Tumbler (botol minum). Pengiriman dilakukan oleh tunangan saya di agen JNE Muara Abadi Jalan A.M Sangaji no.88, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta.Â
Saya pun mendapatkan dua resi, yaitu 140460028296917 (resi untuk tumbler) dan 140460028352017 (resi untuk Iphone), disebabkan pengiriman baru masuk sore sekitar pukul 16.45 WIB, maka untuk paket YES, paket saya akan ikut pengiriman Minggu dan estimasi paket diterima oleh saya pada hari Senin, 10 Juli 2017.Â
Saya sempat ragu, mengirimkan ponsel dengan menggunakan jasa JNE, namun pelayanan counter yang pada saat itu adalah wanita mengatakan "aman kok mba, yakin besok senin sampai, ada asuransinya juga". Dalam hati ku "oh yowes, enteni ae".Â
Minggu berlalu dan tiba Senin, saya melakukan pengecekan resi saya. Aneh sekali !Â
Resi saya 140460028296917 (resi untuk tumbler) ketika saya track pada pagi hari sebelum meeting, paket saya sedang dengan kurir dan dalam proses pengantaran, sedangkan resi saya 140460028352017, paket saya berada di Jakarta dan sedang dalam proses transit. Yang lebih luar biasa lagi, paket saya dengan resi 140460028296917 (resi untuk tumbler) ketika saya track kembali sore hari status sudah berubah MISROUTE!
Wah.. Apa-apaan ini, pengiriman paket saya di lakukan pada agen yang sama dan jam yang bersamaan, namun kenapa nasib paket saya berada ditempat yang berbeda.
Tiga kali saya melakukan komplain via telepon ke Costumer Case JNE dengan nomor 021 2927 8888 dan selalu mendapatkan jawaban yang sama. "Laporan sudah kami sampaikan kepusat dan sedang dalam proses investigasi". Pukul 16.45 WITA, 021 29858333 suara wanita menghubungi saya dan mengaku berasal dari JNE.Â
Dia menyampaikan bahwa paket saya  140460028296917 (resi untuk tumbler) terjadi kesalahan wilayah pengantaran sehingga menyebabkan misroute dan sebelum pukul 18.00 WITA paket sudah harus saya terima, sedangkan untuk resi 140460028352017 yang berupa ponsel, sedang inbound di Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB dan sedang dalam proses penerbangan ke Denpasar sehingga dia pun menjanjikan malamnya paket akan diantarkan ke alamat saya atau ke alamat lain dimana saya berkehendak menerima paket tersebut.Â
Hingga 20.20 saya tidak menerima informasi lebih lanjut tentang status paket saya dan tidak ada etikad baik sedikit pun dari Pihak JNE untuk menyelesaikan komplain saya. Saya sudah coba melakukan komplain via Instagram JNE@jne_id, melalui email dan bahkan melalui twitter, tidak ada tanggapan yang serius mengenai keluhan saya.Â
Saya katakan ini bisa masuk kedalam kategori penipuan, sebab saya sebagai konsumen membeli jasa pengiriman YES yang notabene [aket sudah harus sampai pada keesokan harinya namun hingga tulisan ini saya sampaikan, paket belum saya terima.Â
Berapa keuntungan dari Pihak JNE menipu konsumen seperti ini? Saya rasa ini bukan pengalaman saya sebagai konsumen kecewa dengan pelayanan YES. Bayangkan saja, setiap konsumen sudah senang memilih pelayanan YES dengan harapan paket akan sampai esok hari dan tidak masalah membayar lebih. Tapi, pada prakteknya JNE meraup keuntungan lebih dengan menjual paket YES dan memberikan service paket RED bahkan kadang OKE !!
Dear Pihak JNE, selesaiikan keluhan saya dan berikan saya kompensasi selayaknya dan datangkan paket saya tanpa kekurangan satu apapun. Anda dengan sadar menipu saya sebagai konsumen, anda tidak memberikan hak pelayanan yang semestinya saya dapatkan. tidak ada tindak lanjut yang berarti dari Pihak JNE mengenai keluhan saya !
Kesimpulannya, saya kapok menggunakan JNE. Masih banyak jasa pengiriman lain yang lebih bagus, yang menjual jasa lebih sesuai dengan pelayanan dan tidak melakukan penipuan seperti JNE. Saran saya, jangan menggunakan JNE, daripada anda dikecewakan seperti saya. Paket tidak dapat, hak konsumen dicurangi, JNE pun tidak ada itikad baik menanggapi keluhan saya.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI