Pengarahan
Umumnya perusahaan selalu berupaya untuk melaksanakan seluruh rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Rencana ini disebut dengan program sebuah perusahaan yaitu meliputi : pengarahan, pembiayaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian.Â
Suatu program perusahaan yang mampu terlaksana dengan baik, harus didukung oleh faktor-faktor yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan, diantaranya faktor-faktor yang harus mendukung pelaksanaan program menjalankan perusahaan yaitu : saran dan prasarana, modal perusahaan, kesesuaian program perusaan dengan tujuan perusahaan dan sumber daya yang ada dan memegang peranan penting.Â
Salah satu sumber daya yang paling penting adalah sumber daya manusia atau tenaga kerja merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Keberhasilan perusahaan akan dapat dicapai dengan cara meningkatkan efisiensi dan aktivitas sumber daya yang dimiliki.Â
Sumber daya manusia pasti akan memiliki efisiensi dan efektivitas yang tinggi, memberikan petunjuk dan motivasi pada karyawan, menyesuaikan pekerjaan karyawan dengan kemampuan dan minat mereka, menyediakan fasilitas yang baik, apabila karyawan diberikan perhatian dengan kebijakan yang mengarah pada kesejahteraan karyawan dengan merayakan keberhasilan karyawan.Â
Perhatian yang dapat mensejahterakan karyawan diharapkan mampu memberikan motivasi yang positif pada setiap karyawan sehinggal memnculkan karyawan dengan efisiensi dan efektivitas yang tinggi pada perusahaan.
Penjadwalan
Beberapa cara mengatur waktu dengan efektif dan efisien;
1. Menguasai To-Do List
Dengan  membuat daftar tugas-tugas dan kegiatan saat ini dan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, Kita juga harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikannya.
2. Mendahulukan Pekerjaan Tersulit
Dengan menyelesaikan tugas yang paling sulit dan paling penting di waktu luang, sehingga kita akan lebih santai menjelang akhir pekan.
3. Jangan Takut Mendelegasikan Tugas Pada Tim
Belajar memberikan kepercayaan pada tim. Jangan memaksa untuk menyelesaikan semua tugas dengan sendirinya. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh tim dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka dengan jelas dan dapat dipahami oleh mereka.
4. Berkata "Tidak"
Jangan ragu menolak tugas atau pekerjaan yang memang tidak masuk akal atau tidak bisa anda lakukan.
5. Rencanakan Waktu Untuk Hal-Hal Yang Tidak Terduga
Selalu sediakan waktu untuk kemunculan pekerjaan tak terduga, sehingga Anda selalu siap dan memiliki solusi saat mengatasinya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H