Mohon tunggu...
vhalespi
vhalespi Mohon Tunggu... Wiraswasta - penulis dan wiraswasta

penulis, hobi membaca, menulis dan sejumlah hobi di banyak minat dan bidang lainnya

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Squid Game Effect

6 Januari 2025   06:00 Diperbarui: 5 Januari 2025   20:04 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pink Soldier. Sumber: https://www.uhdpaper.com/2021/09/squid-game-netflix-series-mask-4k-270d.html?m=1

Squid Game Effect

Judul ini berfokus membahas efek fenomena global dari serial paling laris dari Netflix yang berpengaruh di banyak bidang dan diulas media manca negara. Setelah keberhasilan film Parasite meraih Piala Oscar sebagai film terbaik dan sutradaranya, Bong Joon-ho sebagai sutradara terbaik pada tahun 2020, industri sinema Korea Selatan kembali menorehkan kesuksesan yang melebihi pendahulunya.

Sejak ditayangkan pada tanggal 17 September 2021, Squid Game menjadi salah satu drama Korea Selatan yang sukses secara global dan memiliki fans di seluruh dunia. Acara itu menjadi hit di 94 negara yang ada saluran Netflix. Serial ini telah ditonton sekitar 330 juta orang menurut perhitungan resmi. Jumlah yang tepat pasti melebihi angka tersebut karena satu akun Netflix bisa ditonton lebih dari satu orang dan negara yang tidak memiliki saluran streaming tersebut menonton drama thriller itu dengan cara ilegal.

Netflix. Sumber: https://www.antaranews.com/berita/4179852/netflix-mulai-dorong-pelanggan-ganti-paket-bebas-iklan-termurahnya
Netflix. Sumber: https://www.antaranews.com/berita/4179852/netflix-mulai-dorong-pelanggan-ganti-paket-bebas-iklan-termurahnya

Berkisah tentang permainan maut dengan hadiah uang sebesar 45,6 milyar Won yang diikuti oleh 456 peserta namun dengan risiko kematian dan hanya satu pemenang yang mendapat hadiahnya, acara ini dengan cepat meraih perhatian penonton dan media. Para pelaku bisnis turut ambil bagian dengan membuat produk yang terkait acara tersebut seperti manisan Dalgona, kostum pemain dan prajurit, boneka anak perempuan dan merchandise lainnya.

Kesuksesan global itu turut memberi keuntungan besar bagi Netflix yang mendapat jutaan pelanggan baru. Demam Squid Game di berbagai negara dimanfaatkan Netflix untuk membuka toko pop-up di beberapa negara dengan tema permainan, souvenir, pakaian dari acara tersebut. Young Hee, boneka raksasa di serial tersebut, menjadi salah satu penanda dan ciri khas yang mudah dilihat dan dikenal orang, yang dipakai Netflix sebagai acara permainan di luar ruangan.

Young-hee. Sumber: https://www.radiotimes.com/tv/drama/squid-game-season-2-young-hee-boyfriend-newsupdate/
Young-hee. Sumber: https://www.radiotimes.com/tv/drama/squid-game-season-2-young-hee-boyfriend-newsupdate/

Sejumlah YouTuber ikut memanfaatkan drama tersebut dengan membuat permainan Squid Game versi mereka sendiri dengan hadiah uang yang besarnya berbeda-beda. Mr. Beast yang dikenal sebagai YouTuber yang memiliki lebih dari 300 juta subscriber turut membuat permainan Squid Game versinya dengan hadiah US$ 456.000 dan ditonton lebih dari 600 juta orang.

Netflix sendiri meluncurkan permainan ini dalam bentuk reality show pada tahun 2023 dengan judul Squid Game: The Challenge dan aplikasi video game berjudul Squid Game: Unleashed yang bisa dimainkan di ponsel pada bulan Desember 2024 namun tidak semua merek ponsel atau sistem aplikasi bisa menginstal atau memainkannya.

Squid Game: Unleashed. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=V0nXN7nz9Es
Squid Game: Unleashed. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=V0nXN7nz9Es

Keberhasilan acara tersebut memberi efek lanjutan pada jumlah serial drama dan film Korea Selatan dan negara Asia lainnya untuk ditayangkan di layanan streaming. Saluran streaming lain seperti Disney+, Amazon, HBO, Apple, ikut menayangkan acara serial, film dan reality show asal Korea Selatan dan negara Asia lain sebagai dampak tumbuhnya minat terhadap acara televisi dari negara di luar Amerika.

Hal lain dari fenomena global itu adalah dampaknya pada industri tekstil dan garmen Korea Selatan. Karena ditayangkan pertengahan September 2021, banyak penggemar ingin memiliki kostum hijau peserta dan kostum prajurit pink untuk dipakai pada acara Halloween 31 Oktober 2021. Pabrik garmen Korea Selatan banjir pesanan yang membuat bisnis di bidang ini bangkit setelah sempat mengalami krisis akibat pandemi COVID di tahun 2020. Kostum, topeng, boneka dan sepatu putih peserta juga dicari banyak orang di saluran belanja online.

Pink Soldier. Sumber: https://www.uhdpaper.com/2021/09/squid-game-netflix-series-mask-4k-270d.html?m=1
Pink Soldier. Sumber: https://www.uhdpaper.com/2021/09/squid-game-netflix-series-mask-4k-270d.html?m=1

Squid Game bukan hanya menarik minat orang non Asia terhadap acara hiburan Korea Selatan, tapi juga menumbuhkan ketertarikan pada bahasa dan budaya Korea di banyak negara Eropa, Amerika dan Amerika Selatan yang selama ini tidak banyak menampilkan acara asal Korea. Masyarakat Korea dan perwakilan pemerintah Korea di negara lain turut mengadakan acara budaya dan festival Korea sebagai tanggapan dari minat tersebut. Selain K-Pop yang lebih dulu dikenal, acara hiburan dan budaya hampir tidak dikenal sebelum kesuksesan Squid Game.

Aplikasi belajar bahasa Duolingo mencatat kenaikan cukup signifikan untuk bahasa Korea setelah serial tersebut menjadi hit. Untuk Season ke-2, Duolingo menjadi salah satu pihak yang bekerja sama dengan Netflix dengan meluncurkan aplikasi bahasa Korea berisi sejumlah kata yang terkait dengan dialog dalam serial Squid Game.

Dalam rangka menyambut dirilisnya Season 2, banyak merek terkenal berkolaborasi untuk memasarkan produk bertema Squid Game dengan Netflix. Diantaranya produsen sepatu dan baju olah raga PUMA, perusahaan mainan dan boneka Mattel, sandal Crocs, Domino’s Pizza, McDonalds, Samsung, Whatsapp, Indofood dan lain-lain.

Dalgona. Sumber: https://ny.eater.com/2021/11/9/22772466/squid-game-dalgona-candy-trend-nyc-restaurants
Dalgona. Sumber: https://ny.eater.com/2021/11/9/22772466/squid-game-dalgona-candy-trend-nyc-restaurants

Manisan Dalgona atau Ppopgi yang dimainkan dalam ronde kedua, menjadi salah satu barang yang digilai masyarakat dunia. Orang Korea Selatan yang pernah makan dan memainkan manisan ini di tahun 1970-an hingga 1990-an mengenang kembali masa kecil mereka dan generasi mudanya tertarik untuk memainkannya. Publik dari negara lain turut penasaran dan menikmati melepaskan gambar manisan ini tanpa memecahkan bagian luarnya.

Penjual Dalgona di Korea Selatan turut mendapat keuntungan setelah sebelumnya sepi karena jajanan kaki lima ini pudar popularitasnya dan akibat pandemi COVID. Setelah Squid Game, Dalgona kembali menjadi hit dan menaikkan penjualan berlipat-lipat dari sebelumnya. Restoran Korea dan penjual kue atau manisan di negara lain turut ambil peluang dengan membuat Dalgona atau kue yang terinspirasi dari serial tersebut yang laris dibeli pengunjung.

Acara ini meraih sejumlah penghargaan yang membuatnya menjadi serial non bahasa Inggris pertama yang meraih nominasi dan memenangkan penghargaan. Beberapa aktor turut meraih popularitas global dan jumlah follower dari akun media sosial mereka meningkat drastis. Atas permintaan penggemar dan Netflix, sutradara Hwang Dong-Hyuk lalu membuat cerita lanjutannya yang dibuat pada tahun 2023.

Selama tiga bulan antara Oktober dan Desember 2024, diadakan promosi, konferensi pers dan acara permainan Squid Game di banyak negara menjelang ditayangkannya Season 2 pada tanggal 26 Desember 2024 lalu.

Sumber: https://www.designrush.com/news/these-5-brands-jumped-on-the-squid-game-2-hype-train-with-their-own-marketing-campaigns

https://investors.duolingo.com/news-releases/news-release-details/duolingo-and-netflix-partner-launch-learn-korean-or-else

https://ny.eater.com/2021/11/9/22772466/squid-game-dalgona-candy-trend-nyc-restaurants

https://www.kimp.io/squid-game-season-2/

Sumber foto: https://ny.eater.com/2021/11/9/22772466/squid-game-dalgona-candy-trend-nyc-restaurants

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun