Perkenankan saya, Verry Hendroprasetiyo, S.Kom, CGP Angkatan 10 dari SMK Negeri 1 Indralaya Utara, untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi CGP selama mempelajari sebuah modul. Pemaparan jurnal kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Dalam penulisan jurnal dwi mingguan ini, saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.
Tidak terasa, saya telah menyelesaikan modul 1.1 tentang filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran CGP memasuki modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Banyak pengalaman dan berharga yang saya dapatkan selama mempelajari modul 1.2 ini.
- Facts (Peristiwa)
Senin, 3 April 2024- Mulai Diri dan Eksplorasi Konsep
Pembelajaran modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak dimulai dengan Mulai diri dan Elaborasi konsep. Dalam tahap ini CGP diminta untuk menyimak video, membaca pengantar, surat untuk CGP dari instruktur, pembelajaran dan alur merdeka yang tersedia di LMS. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri masing-masing.
Rabu-Kamis, 3 April 2024-Eksplorasi Konsep dan Forum Diskusi
Saya mulai mempelajari materi pada bagian Eksplorasi konsep. Materi yang dipelajari pada bagian modul ini terdiri atas tiga bagian, yaitu Bagaimana Manusia Tergerak, Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan Bagaimana Menggerakkan Manusia: menuntun Kekuatan Kodrat Manusia. Dalam tahapan ini saya dan CGP lain diminta untuk Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi di forum diskusi yang telah disediakan di LMS. Dalam forum diskusi ini saya dan CGP lain diminta untuk mendiskusikan mengenai nilai dan peran guru penggerak.
Kamis, 4 April 2024-Ruang Kolaborasi
Selanjutnya, memasuki kegiatan di Ruang Kolaborasi. Kegiatan pada rung kolaborasi ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi 1 pemberian pengantar oleh Fasil mengenai nilai dan peran guru penggerak dan diskusi dengan seluruh anggota kelompok besar dalam kelas dan sesi 2 berdiskusi dengan anggota kelompok kecil untuk mendiskusikan nilai dan peran guru penggerak yang telah dimiliki masing-masing anggota kelompok kecil.
Rabu, 17 April 2024-Ruang Kolaborasi