Mohon tunggu...
Verry Hendroprasetiyo
Verry Hendroprasetiyo Mohon Tunggu... Guru - Guru

SMKN 1 Indralaya Utara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 1.2

23 April 2024   16:00 Diperbarui: 23 April 2024   16:03 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkenankan saya, Verry Hendroprasetiyo, S.Kom, CGP Angkatan 10 dari SMK Negeri 1 Indralaya Utara, untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi CGP selama mempelajari sebuah modul. Pemaparan jurnal kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Dalam penulisan jurnal dwi mingguan ini, saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

Tidak terasa, saya telah menyelesaikan modul 1.1 tentang filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran CGP memasuki modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Banyak pengalaman dan berharga yang saya dapatkan selama mempelajari modul 1.2 ini.

  • Facts (Peristiwa)

Senin, 3 April 2024- Mulai Diri dan Eksplorasi Konsep

Pembelajaran modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak dimulai dengan Mulai diri dan Elaborasi konsep. Dalam tahap ini CGP diminta untuk menyimak video, membaca pengantar, surat untuk CGP dari instruktur, pembelajaran dan alur merdeka yang tersedia di LMS. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri masing-masing.

Rabu-Kamis, 3 April 2024-Eksplorasi Konsep dan Forum Diskusi

Saya mulai mempelajari materi pada bagian Eksplorasi konsep. Materi yang dipelajari pada bagian modul ini terdiri atas tiga bagian, yaitu Bagaimana Manusia Tergerak, Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan Bagaimana Menggerakkan Manusia: menuntun Kekuatan Kodrat Manusia. Dalam tahapan ini saya dan CGP lain diminta untuk Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi di forum diskusi yang telah disediakan di LMS. Dalam forum diskusi ini saya dan CGP lain diminta untuk mendiskusikan mengenai nilai dan peran guru penggerak.

Kamis, 4 April 2024-Ruang Kolaborasi

Selanjutnya, memasuki kegiatan di Ruang Kolaborasi. Kegiatan pada rung kolaborasi ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi 1 pemberian pengantar oleh Fasil mengenai nilai dan peran guru penggerak dan diskusi dengan seluruh anggota kelompok besar dalam kelas dan sesi 2 berdiskusi dengan anggota kelompok kecil untuk mendiskusikan nilai dan peran guru penggerak yang telah dimiliki masing-masing anggota kelompok kecil.

Rabu, 17 April 2024-Ruang Kolaborasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun