Mohon tunggu...
Verry Hendroprasetiyo
Verry Hendroprasetiyo Mohon Tunggu... Guru - Guru

SMKN 1 Indralaya Utara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 1.2

23 April 2024   16:00 Diperbarui: 23 April 2024   16:03 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenankan saya, Verry Hendroprasetiyo, S.Kom, CGP Angkatan 10 dari SMK Negeri 1 Indralaya Utara, untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi CGP selama mempelajari sebuah modul. Pemaparan jurnal kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Dalam penulisan jurnal dwi mingguan ini, saya menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

Tidak terasa, saya telah menyelesaikan modul 1.1 tentang filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran CGP memasuki modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Banyak pengalaman dan berharga yang saya dapatkan selama mempelajari modul 1.2 ini.

  • Facts (Peristiwa)

Senin, 3 April 2024- Mulai Diri dan Eksplorasi Konsep

Pembelajaran modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak dimulai dengan Mulai diri dan Elaborasi konsep. Dalam tahap ini CGP diminta untuk menyimak video, membaca pengantar, surat untuk CGP dari instruktur, pembelajaran dan alur merdeka yang tersedia di LMS. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri masing-masing.

Rabu-Kamis, 3 April 2024-Eksplorasi Konsep dan Forum Diskusi

Saya mulai mempelajari materi pada bagian Eksplorasi konsep. Materi yang dipelajari pada bagian modul ini terdiri atas tiga bagian, yaitu Bagaimana Manusia Tergerak, Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan Bagaimana Menggerakkan Manusia: menuntun Kekuatan Kodrat Manusia. Dalam tahapan ini saya dan CGP lain diminta untuk Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi di forum diskusi yang telah disediakan di LMS. Dalam forum diskusi ini saya dan CGP lain diminta untuk mendiskusikan mengenai nilai dan peran guru penggerak.

Kamis, 4 April 2024-Ruang Kolaborasi

Selanjutnya, memasuki kegiatan di Ruang Kolaborasi. Kegiatan pada rung kolaborasi ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi 1 pemberian pengantar oleh Fasil mengenai nilai dan peran guru penggerak dan diskusi dengan seluruh anggota kelompok besar dalam kelas dan sesi 2 berdiskusi dengan anggota kelompok kecil untuk mendiskusikan nilai dan peran guru penggerak yang telah dimiliki masing-masing anggota kelompok kecil.

Rabu, 17 April 2024-Ruang Kolaborasi

Setelah dilakukan diskusi dengan pada ruang kolaborasi yang dilaksanakan pada Kamis, 4 April 2024, kegiatan ruang kolaborasi selanjutnya adalah presentasi hasil diskusi yang telah dilakukan oleh setiap kelompok kecil. Pada kegiatan ini, setiap CGP mendapat kesempatan untuk memberikan tanggapan terhadap hasil presentasi yang telah dilakukan oleh kelompok lain mengenai nilai dan peran guru penggerak yang dimiliki setiap anggota kelompok.

Jumat, 24 April 2024-Demonstrasi Kontekstual

Kegiatan pada tahap ini saya meminta untuk menggambarkan diri saya sebagai guru penggerak di masa yang akan datang. Pada tugas ini saya diminta untuk membuat kisah narasi yang dapat menggambarkan nilai-nilai guru penggerak.

  • Felling (Perasaan)

Perasaan yang saya rasakan selama dan setelah mempelajari modul 1.2, baik dalam kegiatan belajar mandiri ataupun dalam ruang kolaborasi, adalah adanya perasaan lelah, senang, bangga, dan termotivasi. Perasaan lelah muncul ketika saya dihadapkan dengan banyaknya tugas baik dari sekolah dan pendidikan guru penggerak yang harus diselesaikan secara bersamaan. Perasaan senang dan termotivasi, saya rasakan ketika saya dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan dapat bertemu dengan teman-teman CGP yang sangat menginspirasi di ruang kolaborasi yang menjadikan saya termotivasi untuk dapat terus melanjutkan pendidikan guru penggerak dan termotivasi juga untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang saya dapatkan pada modul 1.2 ini.

  • Finding (Pembelajaran)

Materi pada modul 1.2 merupakan materi yang sangat bermanfaat. Materi pada modul ini memberikan saya pengetahuan baru mengenai cara kerja otak. Materi ini mengajarkan saya mengenai bagaimana cara berpikir dalam memutuskan suatu hal agar keputusan yang diambil menjadi sebuah keputusan yang bijaksana.

Saya juga belajar mengenai lima kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup. Dengan mempelajari materi kebutuhan dasar manusia saya menjadi mengerti bagaimana saya harus bersikap dan menyikapi peserta didik saya.

Materi selanjutnya adalah tahap perkembangan manusia menurut Ki Hajar Dewantara dan menurut Erik Erickson. Dengan mempelajari materi ini, saya menjadi lebih memahami mengenai tahapan-tahapan psikologikal perkembangan manusia. Dengan demikian, saya menjadi lebih mengerti apa yang dapat saya lakukan ketika menghadapi peserta didik pada setiap perkempangan psikologikalnya.

Berikutnya, saya mempelajari mengenai materi nilai dan peran guru penggerak. Nilai yang semestinya dimiliki seorang guru penggerak di antaranya adalah berpihak kepada siswa, mandiri, kolaboratif, reflektif, dan inovatif. Sementara itu, peran seorang guru penggerak adalah menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan siswa, sebagai pemimpin pembelajaran, dan menggerakkan komunitas belajar. Materi-materi yang saya pelajari dalam modul 1.2 ini memberikan saya pengetahuan baru dan motivasi kepada saya untuk terus mengembangkan diri menjadi guru yang lebih baik.

  • Future (Penerapan)

Setelah mempelajari dan memahami materi nilai dan peran guru penggerak yang terdapat pada modul 1.2 ini, saya menjadi lebih termotivasi untuk dapat mengembangkan dan menerapkan nilai guru penggerak yang ada dalam diri saya untuk mendukung peran saya sebagai guru penggerak. Kedepannya, saya akan menerapkan nilai dan peran guru penggerak dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Kegiatan yang akan saya coba laksanakan dengan menerapkan nilai dan peran guru penggerak adalah sebagai berikut. Pertama, merancang kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menerapkan model/strategi yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Kedua, meningkatkan kemampuan diri dengan mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan yang dapat memberikan pengetahuan baru atau mengembangkan kemampuan yang sudah saya miliki. Ketiga, melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak lain untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Keempat, saya akan merancang pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan materi pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Kelima, melakukan refleksi diri secara berkala guna mengevaluasi kualitas pembelajaran yang telah saya lakukan sehingga saya dapat melakukan perbaikan untuk dapat menciptakan pembelajaran yang lebih baik lagi.

Demikian pemaparan pengalaman yang saya dapatkan selama mempelajari modul 1.2 mengenai nilai dan peran guru penggerak. Semoga pengalaman yang saya bagikan ini dapat bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun