Mohon tunggu...
Verdi Yudha Pratama
Verdi Yudha Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Berkemah, Bersepeda dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Budaya Lokal di Tengah Modernisasi : Eksistensi Sekolah Adat Pesinauan dan Implikasinya dalam Melestarikan Budaya Banyuwangi

21 Agustus 2024   18:24 Diperbarui: 21 Agustus 2024   18:28 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Verdi Yudha Pratama

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga

PENDAHULUAN

 Perkembangan alat komunikasi seperti handphone yang didalamnya terdapat sosial media adalah penyebab maraknya budaya asing di Indonesia. Masyarakat dapat mengakses budaya asing lebih encer dibandingkan kearifan budaya lokal. Hal ini terjadi karena masyarakat menggunakan alat komunikasi lebih banyak dibandingkan mengeksplorasi budaya bangsa sendiri (Noval Aris dkk. 2023). Low Profile Kearifan lokal Indonesia di media sosial merupakan salah satu penyebab kurang tereksplorasinya budaya lokal di mata masyarakat. Untuk meningkatkan penggunaan media sosial agar kearifan lokal lestari dapat meningkatkan pendidikan. 

Pendidikan merupakan sebuah ikhtiar yang terstruktur guna membentuk lingkungan dan tahap kegiatan belajar mengajar siswa dan siswi sehingga dapat memiliki kemahiran di segala bidang. Bidang-bidang tersebut ialah rohani, emosi, sikap, akhlak, maupun keahlian yang dapat memberikan kebermanfaatannya kepada masyarakat (Abd Rohma BP dkk. 2022). Pendidikan semestinya dapat menjadi tameng dalam maraknya budaya asing yang mengakibatkan kearifan lokal tergerus, karena pada dasarnya pendidikan adalah jalan satu-satunya yang terstruktur dalam mengembangkan sumber daya manusia. Salah satu sistem pendidikan yang dapat diterapkan guna meningkatkan kearifan lokal yakni Inovasi Sekolah Adat. 

 Sekolah adat merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran kearifan lokal. Masyarakat dapat mengembangkan profil mereka serta mengembangkan bidang-bidang kebudayaannya. Masyarakat juga dapat mengembangkan kebudayaan sumber daya alam dan kebudayaan rohaninya sehingga budaya tersebut dapat terekspos di mata internasional (Hendrio H. Manik. 2024). Peningkatan profil di sosial media merupakan langkah percepatan pemulihan budaya lokal. Dengan maraknya sekolah adat yang menerapkan sistem digital dalam pembangunan kebudayaannya lambat laun pasti kebudayaan atau kearifan lokal dapat diterima secara masif oleh masyarakat.

PEMBAHASAN

 Pendidikan informal merupakan penentu arah kearifan lokal. Pendidikan informal berbasis budaya adalah pendidikan kearifan lokal di lingkungan keluarga. Keluarga menjadi tameng utama dalam pelestarian kebudayaan lokal di masyarakat. Keluarga dapat mempengaruhi secara besar untuk kelestarian kearifan lokal, karena hanya keluarga yang bisa melanjutkan warisan kebudayaan. Keluarga melaksanakan kearifan lokal tersebut setiap masa, karena orang tua dan anak bertemu atau berkomunikasi setiap saat (Ihffah Patimah dkk. 2020). Keluarga diharapkan tidak tergerus dalam arus modernisasi. Keluarga dapat mengawasi dengan menyaring prilaku kebudayaan anak-anaknya. Sehingga kolaborasi sekolah informal dalam hal ini keluarga dengan sekolah adat dapat terlaksana secara maksimal.

 Kolaborasi sekolah adat dengan keluarga sudah terlaksana di Kabupaten Banyuwangi. Gebrakan sekolah adat di Kabupaten Banyuwangi diberi nama Sekolah Adat Pesinauan. Gebrakan inovasi ini terletak pada Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Pendidikan dalam instansi ini memilki semangat memarakan budaya Suku Osing kepada para Generasi Z maupun Generasi Alpha untuk selalu senantiasa meningkatkan kesadaran kelestarian budaya Osing. Generasi Z dan Generasi Alpha diajarkan secara masif tentang kearifan lokal di Sekolah Adat Pesinauan tersebut ( Amirul W.R.W.Z. & Bagus P. 2021). Dengan adanya sekolah adat tersebut, diharapkan masyarakat dapat memodernisasi kearifan lokal. Artinya kebudayaan lokal dapat bersanding dengan budaya asing serta dapat menjadi kebudayaan internasional.

 Agar arus modernisasi tidak menggerus kearifan lokal, media sosial dapat membantu budaya kearifan lokal untuk terus berkembang sehingga menjadi budaya internasional. Media sosial memiliki peranan yang sangat penting, karena media sosial berfungsi sebagai penyambung mata budaya (Laila Hayati, Putra Pratama Saputra, Yulia, Tiara R. 2022). Dengan melihat bahwa masyarakat lebih cenderung melihat media sosialnya dibandingkan mengeksplore kearifan lokalnya. Pengembangan media sosial menjadi salah satu langkah yang sangat strategis untuk menginternasionalisai kearifan lokal.

KESIMPULAN

Maraknya budaya asing di Indonesia dapat menggerus budaya kearifan lokal, hal tersebut disebabkan karena masyarakat memilih media sosial dibandingkan mengeksplore kearifan lokalnya. Pendidikan merupakan pencegah secara terstruktur dan masif arus modernisasi serta menjaga kearifan lokal. Sekolah Adat Pesinauan Banyuwangi adalah sebuah trobosan untuk mempertahankan kearifan lokal yang ada. Sekolah Adat Pesinauan Banyuwangi harus mampu mendigitalisasi kearifan lokal, sehingga bukan hanya mempertahankan budaya lokal namun menginternasionalisasikan budaya lokal.

DAFTAR PUSTAKA

Aris, Noval dkk. 2023. PENGARUH BUDAYA ASING TERHADAP KESADARAN KALANGAN MUDA. Jurnal Pelita Kota. Vol. 4. No. 2. Agustus 2023. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hayati, Laila., Pratama Saputra, Putra,. Yulia & Tiara Ramadhani. Pemanfaatan Media Sosial dalam Melestarikan Budaya Lokal Bangka Belitung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 6, No. 4. Agustus 2022. Bangka. Universitas Bangka Belitung.

H. Manik, Heriando dkk. 2024. Peran Sekolah Adat Dalam Melestarikan Kebudayaan Batak Toba Di Desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Vol. 2. No. 3. Juni 2024. Tapanuli Utara. Institut Agama Kristen Taruntung.

Patimah, Ihffah. 2020. Pola Pendidikan Informal Berbasis Budaya Lokal. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Rahman BP, Abd dkk. 2022. PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR UNSUR PENDIDIKAN. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol. 2. No. 1. Juni 2022. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wahid RWZ, Amirul & Bagus Prayogi. 2021. Preservasi Budaya Osing Melalui Internalisasi Budaya Berbasis Sekolah Adat Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat. Jurnal of Edukasi and Teaching Lerning (JETL). Vol. 3. No. 2. Mei 2021. Jember. IAIN Jember.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun