Mohon tunggu...
Verawati Suma
Verawati Suma Mohon Tunggu... Penulis - Author dan Praktisi Pendidikan

Saya seorang Praktisi Pendidikan, senang menulis, menyanyi dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

3 Mei 2024   13:15 Diperbarui: 3 Mei 2024   13:24 4703
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber gambar: Penulis

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nama saya Verawati Suma Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Jakarta Timur. Pada kesempatan ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak . Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan PGP dimana ini adalah jurnal ketiga saya dalam pendidkan guru penggerak ini.

Seperti biasa dalam penulisan jurnal ini saya menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

1. Fact (Peristiwa)

Yang saya pelajari dari modul 1.3 ini, secara tidak langsung juga membantu sekolah untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, misalnya saja dengan bagaimana profil murid dan lulusan dalam visi mampu memberikan gambaran mengenai Standar Kompetensi Lulusan sekolah mereka. 

Selain itu saya juga diajak untuk menelusuri visi mendasar dari pendidikan, betapa pentingnya pendidik memiliki visi, dan mengembangkan visi untuk mewujudkan keberpihakan pada murid-murid sehingga mereka bertumbuh dengan maksimal. Secara umum dalam modul 1.3 ini yang saya pelajari bahwa profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah calon guru penggerak mampu merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuh kembangkan profil pelajar pancasila pada murid-murid serta dapat mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif.

2. Perasaan (Feeling)

Yang saya rasakan saat mempelajari modul ini tentu bahagia dan excited karena antara CGP satu dengan yang lain jadi lebih akrab dan hangat, terlebih saat Ruang Kolaborasi dimana kami berdiskusi dan  berbagi informasi sesuai dengan materi yang menjadi tugas tiap kelompok. Dan saya sangat bersyukur karena fasilitator dan pengajar praktik kami sangat membantu terutama dalam mengingatkan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

3. Pembelajaran (Findings)

Banyak hal yang saya temukan dalam materi ini baik secara umum maupun secara khusus, contohnya: saya mampu mengartikulasikan profil pelajar pancasila dalam kalimat visi, merumuskan kalimat visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna, kontekstual, dan relevan, kemudian saya dapat memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari upaya untuk mencapai visi yang telah dirumuskan, membuat dan menjalankan rencana rencana prakarsa perubahan di tempat di mana mereka berkarya menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif, 

Tidak hanya itu, materi tentang BAGJA menambah wawasan saya karena materi ini mendalami tentang model manajemen perubahan, dimana kami diharapkan mulai berpikir secara strategis, dalam menyusun sebuah pernyataan prakarsa perubahan berupa satu kalimat yang diawali dengan kata kerja agar dapat membuka kesempatan untuk menggerakkan gotong-royong dengan murid, guru, orang tua, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Selain itu, dalam memperjelas gambar mental prakarsa perubahan yang ingin disusun, kita akan belajar menggunakan sebuah alat bantu yang kita sebut A-T-A-P yang kepanjangannya adalah AWAL/ASET, TANTANGAN, AKSI dan PEMBELAJARAN.

4. Penerapan (Future)

Setelah mempelajari materi di modul 1.3 tersebut, maka rencana kedepannya yang akan saya lakukan selain kolaborasi, saya juga akan menuntun murid-murid saya di sekolah agar lebih mandiri serta mau  berbagi ilmu dan bersama-sama merancang program atau kegiatan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid, ini sejalan dengan visi guru penggerak yang saya usung yaitu TERWUJUDNYA SISWA YANG MANDIRI, KOLABORATIF, dan BERAKHLAK MULIA.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun