Di jaman serba digital, pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi dan dunia internet sangat digandrungi banyak orang, salah satunya adalah Copywriter. Jika kita mencari lowongan pekerjaan di berbagai platform seperti upwork, kita lulus, fastwork dan lain sebagainya, di sana kita akan menemukan banyak perusahaan yang membutuhkan posisi seorang copywriter.
Copywriter adalah penulis yang membuat tulisan iklan dengan tujuan untuk mempromosikan kepentingan marketing suatu produk, jasa atau barang. Seperti di website perusahaan, iklan televisi, brosur, katalog, media sosial, jingle radio, billboard, dan lain sebagainya. Di sini kita akan membahas jenis-jenis copywriter dan juga beberapa contoh copywriting.
Menurut Gramedia, copywriter atau copywriting terdiri dari lima jenis antara lain sebagai berikut :
1.Marketing Copywriting
Penulisan yang berfokus pada bidang penawaran produk, manfaat produk dan memberikan solusi pada konsumen. Sehingga konsumen akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Biasanya ada di homepage atau email marketing.
2.SEO Copywriting
Bertujuan untuk menjangkau banyak konsumen dan memosisikan suatu konten di Google. Sehingga lebih mudah ditemukan dan muncul paling atas di pencarian Google. Sering digunakan untuk artikel tentang deskripsi produk dan juga landing page.
3.Brand Copywriting
Bertujuan untuk menciptakan brand image atau merek bisnis sebuah perusahaan. Agar merek usaha mudah dibedakan dengan merek perusahaan yang lain dan menjadi identitas suatu perusahaan. Biasanya berbentuk slogan atau tagline yang ada untuk sebuah brand. Contoh tagline dari brand Indomie yaitu "Indomie seleraku". Membuat brand tersebut berbeda dari produk kompetitor dan mudah diingat semua orang. Brand copywriting ini akan ditemukan bersamaan di logo dan juga "about us" pada sebuah halaman website perusahaan yang bersangkutan.
4.Direct Response Copywriting
Bertujuan untuk memancing konsumen memberikan tanggapan langsung atas suatu produk. Copywritingnya akan mengajak konsumen agar membeli ebook atau klik tombol CTA. Sering digunakan di iklan media sosial, homepage, dan landing page.
5.Technical Copywriting
Bertujuan untuk memberikan deskripsi secara rinci dan mendalam tentang cara kerja layanan jasa atau produk. Seperti pada halaman website di brand kecantikan, kesehatan dan teknologi.
Contoh-contoh Copywriting antara lain sebagai berikut :
1.Dari produk Bizhare
"Dapatkan Cuan Tanpa Risiko!"
Dengan menggunakan kata "tanpa risiko" akan membuat konsumen percaya dengan produk Anda.
2.Dari produk Oreo
"Nikmati Oreo Sesukamu". Dengan menggunakan kata "nikmati" akan membangkitkan rasa penasaran konsumen untuk mencoba produk Anda.
3.Dari produk Kredivo
"Beli sekarang, bayar nanti". Dengan kata-kata tersebut manfaat produk dari Kredivo akan menarik pembaca bahwa kredivo memberikan layanan kredit instan.
4.Dari tiket.com
"Hey, kamu mau ke mana?".
Dengan menggunakan kata "mau ke mana?" pertanyaan ini akan memancing respons pembaca atau konsumen.
5.Dari produk Indomie
"Indomie Seleraku". Dengan menggunakan kata "selera" konsumen akan selalu ingat dengan slogan atau tagline Anda, dan akan tertarik untuk mencoba produk Anda.
Nah, itu dia penjelasan mengenai pekerjaan sebagai copywriter beserta jenis dan contohnya. Apakah kalian tertarik menjadi copywriter?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H