Memahami Fungsi Manajemen Keuangan dan Tips Pentingnya
Â
Ada banyak faktor penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan suatu bisnis, salah satunya adalah manajemen keuangan. Pada dasarnya, keuangan menjadi landasan operasional perusahaan yang harus dikelola dengan baik melalui manajemen keuangan.
Manajemen keuangan merupakan kegiatan yang mencakup perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh perusahaan. Demi kelancaran dan keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu lama, diperlukan manajemen keuangan yang dilakukan secara matang.
Pentingnya Manajemen Keuangan dalam Bisnis
Manajemen keuangan termasuk salah satu pilar dari suatu bisnis. Tanpa manajemen keuangan yang dikelola dengan tepat, pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda akan sulit dikontrol yang dapat berujung pada kerugian.Â
Melalui manajemen keuangan, Anda dapat memantau seberapa banyak penghasilan dan biaya operasional bisnis sebagai dasar untuk membuat keputusan keuangan jangka pendek dan jangka panjang dengan lebih bijaksana.
Itulah mengapa manajemen keuangan sangat diperlukan untuk mengelola anggaran bisnis dengan benar. Dalam skala usaha yang besar, perusahaan membutuhkan seorang manajer keuangan yang ahli untuk mengelola perolehan dana, aktivitas penggunaan dana, dan pengelolaan aktiva.
Penerapan manajemen keuangan dapat membantu Anda mencegah membengkaknya pengeluaran, mencapai tujuan keuangan, meminimalisir risiko keuangan, mobilisasi keuangan, keberlangsungan hidup perusahaan, serta membantu pengambilan keputusan keuangan.
Fungsi Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan dapat membantu sebuah bisnis yang Anda jalankan berjalan secara maksimal, sehingga bisa memperoleh keuntungan yang maksimal pula. Dalam ruang lingkup bisnis, manajemen keuangan memiliki fungsi sebagai berikut:
Mengelola keuangan perusahaan
Manajemen keuangan berfungsi sebagai pengelola keuangan melalui perencanaan pemasukan dan pengeluaran dana dalam periode tertentu, hingga menghitung laba dan rugi yang diperoleh selama periode tersebut
Dalam manajemen keuangan, anggaran dana yang masuk maupun keluar dicatat secara terperinci agar penggunaan dana dapat berjalan lebih maksimal. Sebab, perencanaan yang tepat akan membantu perusahaan memperkirakan keuntungan maupun kerugian yang akan dihadapi.
Mengendalikan keuangan perusahaan
Setelah melakukan perencanaan keuangan, perlu dilakukan evaluasi untuk mengendalikan keuangan perusahaan. Apabila terdapat hal yang tidak sejalan dengan dengan rencana awal, maka Anda bisa dapat menggunakan data keuangan tersebut sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya.Â
Dengan kata lain, manajemen keuangan membantu bisnis Anda kembali sesuai rencana yang telah disusun di awal. Perusahaan nantinya dapat mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi pada saat penggunaan anggaran.
Memeriksa keuangan perusahaan
Dalam suatu bisnis, biasanya dilakukan audit atau pemeriksaan keuangan untuk memastikan bahwa keuangan di sebuah perusahaan sudah dikelola dengan baik dan berjalan tanpa ada penyalahgunaan dana.
Manajemen keuangan yang dijalankan dengan baik tentunya dapat membantu Anda untuk memeriksa kondisi keuangan bisnis yang dijalankan, sehingga meminimalisir adanya penyimpangan dalam keuangan.
Melaporkan keuangan perusahaan
Fungsi manajemen keuangan yang satu ini dapat mempermudah Anda sebagai pemilik bisnis dalam mengambil keputusan kedepannya. Anda bisa melakukan melakukan analisis terhadap bisnis yang sedang dijalankan.
Dalam hal ini, manajemen keuangan berfungsi wadah yang menyediakan informasi tentang keuangan suatu perusahaan secara bertahap dan rutin, mulai dari laporan keuangan kuartal, semester, hingga tahunan.
Tips Mengelola Manajemen Keuangan
Tips mengelola manajemen keuangan - CIMB Niaga
Manajemen keuangan sangat penting keberadaannya, baik bagi individu maupun perusahaan untuk mengatur segala pemasukan dan pengeluaran keuangan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memulai manajemen keuangan:
Buat rencana anggaran
Dalam manajemen keuangan yang baik, Anda perlu merencanakan dan menetapkan anggaran jangka pendek hingga jangka panjang untuk membantu membatasi pengeluaran anggaran yang berlebihan.
Lakukan hal ini secara bertahap dan terperinci, mulai dari berapa banyak pengeluaran yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis hingga berapa pemasukan yang diterima. Membuat rencana anggaran akan membantu Anda mengatur keuangan perusahaan dengan lebih bijak.
Pisahkan dana pribadi dan dana perusahaan
Hal terpenting bagi Anda yang memulai bisnis dalam skala kecil adalah memisahkan dana pribadi dengan dana perusahaan agar pembukuan keuangan menjadi lebih jelas dan terstruktur.Â
Melalui manajemen keuangan ini, Anda dapat memperkecil risiko pertanggungjawaban saat terjadi kerugian. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah mengetahui kondisi keuangan perusahaan apakah stabil atau tidak.
Menyiapkan dana cadangan
Menjalankan suatu bisnis tidak menutup kemungkinan akan ada masanya mengalami kerugian. Meskipun Anda telah menetapkan perencanaan dengan detail sekalipun, terkadang ada hal-hal di luar perkiraan yang dapat membuat bisnis menjadi goyah.Â
Oleh karena itu, Anda harus mempunyai rencana dan dana cadangan jika terjadi suatu kondisi yang menimbulkan kerugian. Memiliki dana cadangan khusus bisnis akan membantu meringankan beban kerugian, sehingga Anda bisa memutar dana tersebut untuk melanjutkan bisnis.
Mengelola pinjaman dengan bijak
Pinjaman atau utang merupakan salah satu alternatif untuk mendanai kegiatan perusahaan. Namun, pinjaman tersebut tentunya harus dikelola dengan bijak agar tidak menjadi beban yang berlebihan.Â
Saat hendak mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda mempertimbangkan suku bunga, jangka waktu, dan risiko kredit dengan kebutuhan bisnis sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman.
Membuat laporan keuangan
Dengan membuat laporan keuangan dalam periode yang diinginkan, Anda bisa mengetahui informasi keuangan secara keseluruhan dari pengeluaran hingga pemasukan yang diperoleh.Â
Tak sedikit pelaku bisnis yang sering kebingungan antara jumlah pendapatan dan pengeluaran bisnis miliknya. Adanya laporan keuangan dalam bisnis dapat membantu Anda merekap informasi keuangan secara lebih detail dan sebagai acuan untuk mengambil keputusan kedepannya.
Itulah beberapa tips mengelola manajemen keuangan yang bisa Anda terapkan untuk bisnis yang Anda miliki. Pastikan Anda melakukan pengelolaan keuangan dengan bijak agar terhindar dari risiko kegagalan dalam menjalankan bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H