Jika setiap perusahaan di bumi ini adalah untuk mengadopsi praktek-praktek lingkungan dan sosial dari perusahaan terbaik, katakanlah, Body Shop, Patagonia, dan Ben dan Jerry - maka dunia masih akan bergerak menuju degradasi lingkungan dan runtuh.
Bagian pertama secara singkat menguraikan umum pertumbuhan lingkungan hidup dan cara itu telah meresap wacana umum dan menjadi ideologi dominan. Bagian kedua set up spektrum untuk berbagai lingkungan filosofi yang mendasari wacana lingkungan hidup. Bagian ketiga dari kertas memurnikan fokus ke arena akuntansi dan melihat bagaimana bahasa dan kekuasaan berinteraksi dengan kendaraan komunikasi perusahaan untuk berkontribusi pada wacana yang lebih luas. Bagian keempat ini menggambarkan pemilihan laporan dan kerangka yang digunakan untuk analisis wacana.
Wacana Pecinta Lingkungan Hidup
Elkington, konsultan, dan Eder, dan akademisi menyetujui bahwa adanya pola popularitas dan dominasi oleh para pencinta lingkungan sementara mereka juga setuju dengan adanya penetrasi sosial yang dihasilkan oleh aksi politik dan komunikasi. Elkington menghasilkan gelombang pertama yaitu hari bumi pada tahun 1970 bahwa dampak lingkungan harus dibatasi yang mengakibatkan legisasi dan sikap menpertahankan dari bisnis.
Gelombang kedua mencapai puncaknya dengan Hari Bumi 1990 dan dibawa dengan Kesadaran bahwa jenis baru produksi dan teknologi yang diperlukan dan bisnis yang akan memimpin dan menjadi lebih kompetitif di daerah ini. Gelombang ketiga, yang dimulai di tahun 1999 dipandang sebagai waktu pengakuan yang berkembang bahwa pembangunan berkelanjutan akan membutuhkan mendalam perubahan dalam pemerintahan perusahaan dan peran pemerintah dan masyarakat sipil.
Eder melihat environmentalisme kontemporer sebagai titik balik dalam evolusi budaya modernitas, sejauh mana menyediakan budaya baru orientasi dengan menggantikan ekologi industrialisme sebagai model budaya dasar modernisasi. Menurut Eder enviropmentalisme pada era 1980-an merupakan wacana protes yang menempatkan lingkungan untuk diagendakan.
Lama kelamaan wacana lingkngan berubah menjadi politik ideologi karena menggunaan wacana lingkungan dan memproduksi komunikasi lingkungan yang berlawanan dengan gerakan protes yang telah mampu sesuai dengan isu. Eder menegaskan bahwa environmentalisme modern dapat dikaitkan dengan hampir semua jenis keyakinan dan ini telah menyebabkan environmentalisme yang terintegrasi ke dalam aliran ideologi yang berbeda. Akibatnya, berbagai kepentingan beroperasi sebagai pesaing di pasar prodksi. Eder mengatakan bahwa kepemilikan identitas hijau telah menjadi aset simbolik sentral dalam masyarakat modern, meskipun satu yang bisa dihubungkan dengan berbagai filosofi lingkungan yang mendasari lingkungan adalah bidang perjuangan politik dan perebutan di
pasar untuk citra hijau berarti bahwa perubahan individu diperlukan untuk mengimbangi perubahan pasar.
The expedients adalah mereka dengan pandangan jangka panjang yang menyadari bahwa kesejahteraan ekonomi dan stabilitas hanya dapat dicapai dengan penerimaan tanggung jawab sosial tertentu. Konsep pembangunan berkelanjutan memiliki sebagian "tertangkap" karena telah menjadi diencerkan dan bermutasi oleh berbagai kepentingan.
filosofi LINGKUNGAN
Karena kita belajar komunikasi perusahaan, kita harus menyatakan bahwa, secara realistis, kita tidak mengharapkan perusahaan di umum atau Noranda khusus untuk mematuhi setiap agenda lain tetapi satu kapitalis. Elkington & Burke menunjukkan kutipan di atas sebuah masalah yang kemudian menjadi “jenis kapitalisme” yang dimaksud. Filosofi lingkungan merupakan sudut pandang antara antroposentris (berpusat pada manusia) dan ecocentric (bumi berpusat).
Gray (1996) menawarkan beberapa klasifikasi
- Kapitalisme Murni : Pandangan Dominan dalam akuntansi dan keuangan dimana satu satunya tanggung jawab perusahaan adalah membuat uang untuk pemegang saham.
- Expediets :orang-orang dengan pandangan jangka panjang yang menyadari bahwa kesejahteraan ekonomi dan stabilitas hanya dapat dicapai dengan penerimaan tanggung jawab sosial tertentu.
- Pendukung Kontrak Sosial : suatu sikap yang perusahaan dan organisasi lain yang ada di akan masyarakat dan karena itu bertanggung jawab untuk menghormati dan menanggapi masyarakat.
- ekologi sosial:mereka yang peduli terhadap lingkungan sosial dan merasa bahwa karena organisasi besar telah berpengaruh dalam menciptakan sosial dan lingkungan masalah yang mereka juga harus berpengaruh dalam membantu memberantas masalah ini.
- sosialis - yang merasa bahwa harus ada penyesuaian yang signifikan dalam kepemilikan dan penataan masyarakat
- feminis radikal - mereka yang merasa bahwa ada sesuatu yang pada dasarnya salah dengan konstruksi maskulin agresif yang memandu sistem sosial kita dan bahwa ada kebutuhan untuk
- ekologi yang mendalam - yang memegang bahwa manusia memiliki hak yang lebih besar untuk eksistensi daripada bentuk lain dari kehidupan.
Entris (Human-Centered) Filosofi
Preferensi individu adalah keistimewa atas kebutuhan kolektif dan masyarakat dipahami sebagai produk dari perjuangan kompetitif yang diwujudkan melalui kekuatan pasar. Peran pemerintah di bawah sikap ini adalah untuk melindungi kehidupan, kebebasan dan properti
Para pendukung sikap kontrak sosial beroperasi dari perspektif berbasis hak. Pada umumnya hak-hak manusia yang dianggap, meskipun beberapa filsuf membuat kasus untuk memperpanjang hak untuk makhluk hidup lainnya. Perspektif hak tercermin dalam liberal environmentalisme, yang mengasumsikan bahwa kegiatan pemerintah yang signifikan diperlukan dalam bentuk peraturan karena harga tidak mencerminkan semua biaya sebenarnya dari kerusakan lingkungan (dan manusia) terkait dengan produksi dan konsumsi
Ecocentric (Holistic) Filosofi
Pendekatan Holistik merupakan pendekatan yang berpusat pada hubungan mansia dengan lingkungan yang melibatkan dan memperhatikan lingkungan dalam pengambilan keputusan. Ekofeminisme merupakan istilah umum untuk berbagai perspektif yang berfokus pada paralel
antara dominasi perempuan dan dominasi alam (Warren, 1994). Ecofeminist Pikiran melihat kerangka konseptual dominasi sebagai masalah pokok dan berkembang alat untuk menjelaskan hierarki nilai, dualisme nilai dan logika dominasi tersirat dalam kerangka (Warren, 1998b, hal. 327). Wawasan dasar ekofeminisme adalah bahwa masalahnya tidak benar-benar manusia berpusat, tapi androsentrisme, konsepsi tertentu tentang kelelakian. Ini bukan mengatakan bahwa masalahnya adalah manusia laki-laki, tapi itu masalah adalah cara berpikir yang meremehkan baik perempuan dan alam.
KOMUNIKASI PERUSAHAAN DAN WACANA
Dalam dunia sekarang ini, perusahaan seperti Coca-Cola, McDonald, Shell, atau Virgin
tergantung untuk sukses mereka pada profil media mereka, pada reputasi mereka, dan, akhirnya, pada publik, konsumen, dan kepercayaan investor. Wacana adalah produk budaya dan sosial yang berfungsi untuk membangun kehidupan sosial dan rekursif menghasilkan, re-produk dan mengubah makna, ideologi dan struktur sosial. Oleh karena itu, cara yang berguna untuk menganalisis perubahan sosial dan mengubah pandangan dari lingkungan adalah untuk menganalisis wacana publik.
Untuk Noranda, pembangunan berkelanjutan berarti bahwa kita akan mengembangkan sumber daya alam bijaksana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan untuk memberikan dasar untuk ekonomi yang kuat sementara melindungi lingkungan. Ia mengakui bahwa kita akan memberikan kontribusi upaya kami untuk melestarikan sumber daya alam untuk kepentingan generasi mendatang.
Laporan besar dapat menyimpan aktivis perusahaan, tapi walaupun menjilat politik mungkin tampak harga kecil membayar untuk menjaga mereka tenang, pada kenyataannya dapat memperkuat perasaan bahwa perusahaan memiliki kasus untuk menjawab.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H