Berbicara adalah salah satu kemampuan berkomunikasi dengan orang lain melalui media bahasa. Berbicara adalah bentuk tindak tutur yang berupa bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap disertai dengan gerak-gerik tubuh dan ekspesi raut muka.
Berbicara memiliki tujuan, tujuan yang utama dalam berbicara adalah untuk berkomunikasi. Dalam berkomunikasi agar efektif, pembicara haruslah memahami makna dari segala sesuatu yang akan dikomunikasikannya. Sehingga komunikasi terjalin baik, tanpa ada salah paham antara pembicara dan pendengar.
Berikut adalah fungsi dari berbicara yakni (1) mengatur dan mengkondisikan tentang sesuatu hal, (2) menyampaikan pertanyaan-pertanyaan, fakta, opini dan peristiwa, (3) menumbuhkan, memelihara suatu hubungan, dan (4) menggambarkan sesuatu atau benda tertentu melalui kosa kata.
Dalam berbicara, maka secara tidak langsung membutuhkan penguasaan kosa kata yang tidaklah sedikit. Dalam hal ini memang kosakata memudahkan memahami teks lisan atau ide yang disampaikan lawan bicara atau audio/audio visual.Â
Kosakata memudahkan memahami teks tulis, sehingga informasi atau isi dalam teks tulis mudah dipahami. Pengetahuan tentang kosakata merupakan hal dasar dan sangat penting dikuasai seseorang untuk berkomunikasi. Makin banyak kosakata yang dimiliki seseorang, maka semakin besar kemungkinan orang tersebut terampil dalam berbahasa atau berkomunikasi.
Kosakata atau dalam Bahasa Inggris disebut vocabulary dalam kegiatan pembelajaran khususnya Bahasa Inggris sangat dibutuhkan siswa dalam belajar.Â
Belajar Bahasa Inggris namun kurang dalam penguasaan kosakata (vocabulary) akan menyulitkan siswa dalam mengikuti pelajaran. Siswa yang kurang dalam kosakata biasanya akan malu untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Motivasi belajar menjadi kurang, tidak fokus dalam belajar.
Penguasaan merupakan suatu kemampuan yang ada dalam diri seseorang untuk menguasai dan mendalami sesuatu hal yang sedang dipelajari. Kosakata atau vocabulary merupakan kunci penting bagi siapa saja yang ingin menguasai bahasa tertentu, dalam hal ini adalah bahasa Inggris.Â
Sementara abjad dan ejaan adalah pondasi dasar dari vocabulary. Tanpa penguasaan kosakata yang baik siapa saja akan mendapatkan kesulitan dalam mendengar, berbicara, membaca dan menulis. KING of language is vocabulary ‘Raja dari bahasa adalah kosakata.Â
Pembelajaran kosakata bahasa Inggris akan lebih efektif dan menyenangkan apabila ditunjang dengan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. kosakata yang diajarkan di sekolah identik dengan benda-benda atau hal-hal yang bersifat nyata (konkret).
Terbatasnya waktu dan tempat dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi menjadi salah satu tantangan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa.Â
Faktor penyebab minimnya kosakata bahasa Inggris adalah minat membaca teks bahasa Inggris masih rendah. Kurangnya literatur bahasa Inggris dalam menunjang minat baca dan tidak ada tempat untuk menyalurkan kreativitas berbahasa Inggris di luar jam pelajaran.
Upaya meningkatkan penguasaan kosakata siswa harus dilakukan oleh guru dalam belajar. Sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi. Banyak cara mempelajari kosakata dengan mudah dan menyenangkan.Â
Berikut beberapa cara untuk belajar kosakata bagi pelajar: pertama, memperbanyak membaca teks berbahasa Inggris. Rutinkan membaca teks bahasa Inggris 2-3 paragraf setiap harinya. Saat membaca siswa akan menemukan kosakata baru, mereka akan mencari arti dari kosakata tersebut.Â
Dengan membaca siswa belajar mengingat, menambah dan mengeksplor kosakata. Mulailah dengan membaca dari teks yang mudah dipahami dan singkat. Seperti iklan, pengumuman dan artikel.Â
Kedua, membuat kamus sendiri. Buatlah kamus dari kosakata baru dan kosakata kulit. Selain menulis kosakata dan artinya, tambahkan sinonim dan antonym dari kosakata tersebut. Cara ini akan memudahkan siswa untuk mengingat dan memahami kata tersebut.Â
Ketiga, pelajari kosakata dari topik yang menarik. Pelajari kosakata dari artikel, buku pelajaran, novel, video atau audio tentang topik tersebut. Carilah teks bacaan tentang hobi atau kesukaan siswa. Dari teks tersebut temukan minimal 20 kosakata baru.Â
Catat kosakata baru dan carilah arti dari kosakata tersebut. Belajar kosakata dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama seseorang mau dan giat belajar. Dengan mempraktikan apa yang sudah dipelajari akan memudahkan siswa untuk menguasai bahasa Inggris.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI