Mohon tunggu...
Varisca Agnesia
Varisca Agnesia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - mahasiswa

Saya seorang Mahasiswa angkatan 2022 di salah satu universitas Surabaya. Tepatnya di Universitas Muhammadiyah Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Workbook Fun-Math Interaktif untuk Mitigasi Matematika Panti Asuhan Yauma

18 Juli 2024   22:44 Diperbarui: 18 Juli 2024   22:55 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama Anak Panti Yauma

Halo guys!!

Apa kabarnya nih hari ini??

Kalian tahu tidak PKM itu apa? Pasti kalian pernah dengar kan kata "PKM" itu. Kalau belum tahu, yuk mampir bentar:)

PKM itu singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa lho!!. Kegiatannya ngapain aja sih?

PKM ini adalah sebuah kegiatan atau forum atau perlombaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Studi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia untuk memfasilitasi calon mahasiswa Indonesia untuk belajar dan berkembang serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari dalam perkuliahan kepada masyarakat luas.

Jenis bidang yang ditawarkan apa aja sih? Dan bagaimana sistemnya?

Jadi, dalam PKM itu terdapat sebanyak 10 bidang kegiatan, salah satunya yaitu skema bidang PKM-PM. PKM-PM ini adalah suatu skema dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Kami adalah salah satu tim dari PKM-PM Universitas Muhammadiyah Surabaya yang telah lolos pendanaan dan juga kami telah melaksanakan kegiatan pengabdian di Panti Asuhan. Sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, salah satu hal yang bisa kami bagikan yaitu ilmu dan pengajaran.

Panti Asuhan Yauma adalah panti asuhan yang terletak di Jl. Kalijudan, Surabaya. Panti ini letaknya tidak jauh dari daerah kampus kami yaitu Universitas Muhammadiyah Surabaya. Latar belakang masalah mitra, yaitu diantaranya 1). Anak asuh panti asuhan yang mengalami kesulitan dalam memahami materi sains, 2). Kegiatan pembelajaran di panti yang lebih mengutamakan pembelajaran agama seperti mengaji, hafalan Qur'an dan kelas diniyah sehingga dirasa pembelajaran dalam bidang akademiknya kurang, 3). Terbatasnya fasilitas belajar mengajar sehingga kurang mendukung adanya proses dalam pembelajaran, 4). Belum memiliki adanya metode pembelajaran yang menarik, 5) Metode pembelajaran yang masih cukup sederhana dan juga kurang adanya apresiasi akademik yang diberikan serta kurangnya minat belajar anak panti khususnya pada pelajaran matematika. Kami mendengar keluhan tersebut dari salah satu staff panti yang menghubungi salah satu akun media sosial hima kami, yang sebelumnya pernah mengadakan kegiatan rutinan ramadhan berbagi bersama anak panti.

Kami terdiri dari 3 orang anggota kelompok, diantaranya yaitu saya (Varisca Agnesia sebagai ketua tim), Aluf Zainubah sebagai divisi dokumentasi dan kerjasama, Ana Hilmi Mahiroh sebagai divisi program dan produk, serta dosen pendamping kami yaitu ibu Dr. Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. Dengan bangga kami mempersembahkan "Media Workbook Fun-Math Interaktif Untuk Mitigasi Matematika Panti Asuhan Yauma" sebagai solusi alternatif untuk membantu pemecahan permasalahan di dalam Panti Asuhan Yauma ini.

Kegiatan PKM-PM ini dilakukan selama 4 bulan sejak bulan Mei diumumkannya proposal kami lolos pendanaan hingga bulan Agustus yang nantinya laporan akhir disusun. Media Workbook Fun-Math ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, belajar sambil bermain. Media ini terdapat bentuk tiga dimensi bangun ruang, puzzle matematika dan dilengkapi QR Code yang terhubung ke website yang berisi soal berupa game matematika yang mudah dipahami oleh siswa.

Implementasi program yang akan dilakukan terdiri dari 4 kali pertemuan. Dimulai dari koordinasi dengan mitra (27 April 2024), pembuatan media (mulai dari bulan April hingga finishing di bulan Juni), pembuatan buku pedoman mitra, dan implementasi program (21, 24, 28 Juni dan 1 Juli 2024) berupa pengambilan pretest, pendampingan belajar, kaderisasi, dan pengambilan postest. Kemudian di akhir kegiatan kami melakukan adanya evaluasi program, mulai menyusun laporan kemajuan dan nantinya di akhir penyusunan laporan akhir.

Selama 4 minggu pendampingan, tim melihat anak panti antusias belajar sambil bermain bersama menggunakan Workbook Fun-Math Interaktif. Setelah dilakukannya pretest dan postest, diperoleh hasil bahwa terdapat penurunan persentase siswa dengan hasil belajar dan minat belajar ketuntasan kurang dari 70. Dan terdapat peningkatan persentase siswa dengan hasil belajar dan minat belajar ketuntasan lebih dari 70. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Workbook Fun-Math Interaktif ini sangat berpengaruh pada peningkatan minat belajar anak khususnya pada pembelajaran matematika.

Intinya sih matematika itu seru dan menyenangkan lho!!, ayo belajar sambil bermain bersama kami....

Workbook Fun-Math!!!!

Bersama kita cerdaskan anak bangsa, Salam Matematika

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun