Nama :Valina Yolanda Aini
NIM Â :2022050101076
Kelas :Esy c
Ekonomi makro
Resume jurnal
1. Permintaan dalam ekonomi mikro
Dalam kehidupan sehari-hari,manusia sebagai konsumen selalu melakukan berbagai permintaan untuk berbagai barang dan jasa yang di butuhkan. permintaan yang di lakukan oleh konsumen adalah cara mereka untuk memperoleh kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya. Jika pendapatan mereka tinggi maka permintaan dapat di lakukan dalam jumlah yang besar, dan sebaliknya, jika pendapatan mereka rendah maka permintaan yang dapat di lakukan jumlahnya kecil.
Semakin mahal harga barang atau jasa, konsumen akan mengurangi konsumsi barang atau jasa tersebut atau beralih mencari barang atau jasa yang sama meskipun dilihat dari pendapatannya, konsumen masih mampu membeli barang atau jasa tersebut. Dan sebaliknya, semakin murah harga barang dan jasa, konsumen akan loyal mengkonsumsi barang dan jasa itu dan tidak akan mencari barang atau jasa yang lain.Â
Melakukan permintaan akan barang-barang yang memiliki unsur spekulasi dan barang-barang prestise mungkin baik untuk masa depan dan gengsi, tetapi sebaiknya di sesuaikan dengan pendapatan yang tersedia, sehingga masih dapat melakukan permintaan untuk barang-barang yang lebih penting lagi dalam kehidupan sehari-hari.
link jurnal : http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/32
2. Modul Ekonomi Mikro Pasar Persaingan Sempurna
Dalam suatu pasar terjadi interaksi antara konsumen dan produsen, yang masing-masing memberikan penawaran dan permintaan. Permintaan menggambarkan keinginan konsumen, sementara penawaran menggambarkan keinginan produsen atau penjual. Konsumen lebih menyukai harga yang murah, sebaliknya produsen lebih menyukai harga yang mahal. Pertemuan antara konsumen dan produsen sehingga bertemu dalam titik ekuilibrium sebagai harga transaksi, itulah yang disebut terjadinya pasar.Â
Keduanya masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar. Dalam pengertian yang sederhana, pasar adalah bertemunya penjual dan 3 pembeli secara langsung untuk melakukan transaksi jual-beli. Dalam arti luas, pasar adalah keseluruhan permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa. dimana produsen menjual barang atau jasa, dan konsumen membeli barang atau jasa yang di sediakan oleh produsen.
Repositori Universitas Kristen  Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H