Mohon tunggu...
Valentino William Yapergo
Valentino William Yapergo Mohon Tunggu... Lainnya - Duelist Magang

Beban dunia tingkat Profesional

Selanjutnya

Tutup

Games

How To Rank Up dari Hard Stuck Rank di Valorant

9 Januari 2023   18:35 Diperbarui: 9 Januari 2023   19:58 1448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

Valentino William Yapergo/Fikom UBJ/Dosen Pengampu Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom

"The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go." Dr.Seuss

Quotes di atas sangat relevan bagi anda yang ingin berusaha Rank Up dari rank yang gitu gitu aja atau Low Rank.

Sebelum kita mulai mari kita bahas dulu arti dari kata Hardstuck dalam Valorant,Hardstuck dalam Valorant bisa di definisikan sebagai Player yang terjebak atau kesulitan naik Rank,biasanya player player tersebut sudah main dengan waktu yang sangat lama namun tetap di tempat yang sama dan tidak ada kemajuan sama sekali,Penyebab Hardstuck sangat banyak mulai dari Hardware issue atau Perangkat keras yang di gunakan,Temmate issue atau teman satu team yang "beban",atau juga Skill issue si player itu sendiri atau "Kurang Jago"bahasa halusnya.

Tips-tips yang akan kita bahas bersama sama di antaranya ada Tips 

-Crosshair Placement

-Peeking

-Posisitioning/holding angle

( Di akhir akan saya lampirkan link video dari beberapa Channel yang menjelaskan secara praktek Ingame )

1.Crosshair Placement

Apa itu Crosshair Placement?Artinya adalah penempatan Crosshair.iya udah itu aja artinya tapi mempunyai efek yang sangat besar untuk Improve bagi yang menerapkannya dengan baik dan benar.

Terlihat pada contoh yang di atas Crosshair placement yang bagus akan memudahkan kita mendapatkan Headshot atau setidaknya Body shot jika di lakukan dengan benar.Pada teori ini saya akan menjelaskan beberapa teori yang bisa di kuasai saat mempelajari Crosshair Placement,diantaranya :

A.Head Level

Hal Pertama yang harus di pahami saat menerapkan Crosshair placement adalah Head Level,Head level yang dimaksud adalah memprediksi atau menerawang dimana kepala musuh itu berada pada saat bersembunyi/diam di suatu spot,sedang berlari atau keluar dari suatu spot.Setiap Map memiliki ketinggian Terain yang berbeda beda.maka dari itu menguasai atau memahami head level dengan baik dapat mempebesar kemungkinan anda untuk mendapatkan Headshot sekaligus melatih anda secara tidak sadar untuk selalu siap Aiming saat melihat musuh tiba tiba.

B.Map Knowledge

Seperti yang sudah saya singgung barusan mengenai ketinggian terrain yang berbeda beda,bahwasannya setiap Map memiliki Sudut - Sudut,ketinggian-kerendahan,kelebaran-kesempitan yang berbeda beda.Maka dari itu kita tidak bisa asal menebak atau asal dalam mengecek Sudut sudut walaupun sudah mengerti Crosshair Placement.Dari sinilah Teori Peeking Terlahir dan akan saya jelaskan di bawah.

2.Peeking

Apa itu peeking?Kalau kalian cari di Google Translate arti Peeking adalah mengintip,namun secara teori peeking adalah 

aktivitas memantau suatu spot untuk melihat pergerakan musuh.Peeking yang akan saya bahas pada kali ini adalah Slow Peek,Fast Peek,Jiggle Peek,Wide Peek,dan Jump Peek.

A.Slow Peek

Teori Slow Peek bisa di terapkan dengan menjauhakan diri dari tembok yang ingin di peek,mengarahkan Crosshair kalian pada Ujung tembok dan sambil bergerak sambil perlahan lahan.biasanya cara tersebut di gunakan bila anda memprediksi musuh yang menggunakan Shotgun di awal round dari jarak yang cukup dekat,dikarenakan anda akan melihat musuh anda terlebih dahulu di banding musuh anda yang menjaga spot tersebut,dengan pengecekan Spot Menggunakan Slow peek anda terhindari One shot shotgun dan memiliki peluang untuk tetap hidup.Namun kekurangan yang di miliki adalah saat musuh menggunakan Operator maka anda malah akan memudahkan musuh dikarenakan anda bergerak lebih lambat.So "Peek" Wisely

B.Fast Peek

Sesuai namanya Fast peek adalah teori yang di peruntukan untuk peek cepat agar musuh tidak bisa bereaksi kepada kecepatan peek anda.Kebalikan dari Teori Slow Peek yang menjauhkan diri dari tembok,Fast Peek Lebih cenderung Memeluk tembok atau menjauhakn diri sedikit di sekitar tembok.Jika pada Slow Peek Crosshair di tempatkan di ujung Tembok maka untuk Teori Fast Peek Crosshair anda di tempatkan di dalam atau di perkiraan kepala musuh anda berada,jadi saat waktu anda berjalan di depan muka musuh anda Crosshair anda sudah berada di kepala musuh ketimbang masih berada di ujung tembok.

C.Jiggle Peek

Jika sebelumnya peeking yang dilakukan untuk mencari kill atau agresif,maka Jiggle peek lebih di peruntukan untuk mencari informasi keberadaan musuh sambil meminimalisir kemungkinan anda terbunuh saat mencari informasi tersebut.Cara melakukan Jiggle peeking sangat lah mudah,anda cukup menekan key A dan D secara instan atau cepat pada dekat tembok.Hal tersebut membuat Agent anda tampil terlalu cepat untuk musuh menembak anda.Jika sudah mendapatkan informasi keberadaan musuh,hal yang di lakukan selanjutnya anda bisa mencoba untuk membunuh musuh anda dengan Wide Peek/Wide Swing atau mundur ke tempat yang lebih aman sambil menunggu teman anda membackup anda.

D.Wide Peek/Wide Swing/Poppin Swing

Teori Peek yang satu ini cukup populer di Valorant di karenakan teori peeking yang satu ini cukup sulit di counter jika positioning anda tidak bagus atau tidak tepat dan hal tersebut sering terjadi,jadi wide swing biasanya memPunish musuh yang mencoba melawan anda di tempat terbuka,mengholding Angle yang cukup sempit (Contohnya Holding menggunakan Operator)atau pun juga saat anda Crouch spray.Intinya Teori Wide Swing dilakukan dengan cara berjalan secara Horizontal di hadapan lawan setelah melalukan Jiggle Peeking dan membuatnya menjadi target yang sulit di targetkan.Jangan lupa anda harus menggunakan jiggle peeking atau harus mengetahui posisi musuh anda berada untuk memperbesar keberhasilan Wide Swing tersebut.

3.Holding Angles/Positioning

Mari kita cari tahu terlebih dahulu apa arti dari kata Holding Angles,menurut Google Translate arti kata Holding angles adalah "memegang sudut",sedangkan positioning adalah "tempat dimana kalian berada"udah itu aja.tapi bagaimana sih cara positioning atau holding angle yang baik dan benar?

1.Basic Holding Angles/Positioning

Positioning yang baik dan benar memiliki kriteria yang harus di penuhi dan setidaknya memiliki 2 yang terpenuhi dari 3 kriteria.

Kriteria nya adalah 

- Memiliki Cover

- Mempunyai Opsi retreat atau mundur ketempat yang lebih aman

- Bisa melawan musuh

Jadi pastikan menggunakan minimal 2 dari kriteria untuk Positioning yang baik dan benar.mari kita bahas contoh contoh holding angles atau positioning yang baik dan yang buruk.

Contoh pertama untuk positioning yang bagus

Holding angles di Box A Map Ascent ini cukup bagus di karenakan memiliki 3 Kriteria yang terpenuhi.Yang pertama mempunyai cover box,yang ke dua masih memiliki Opsi kabur ke Heaven atau masuk ke Hell,yang ke tiga sudah pastinya bisa melawan musuh.

Jadi skenario untuk holding angles di tempat ini jika kalian setelah mengkill 1 musuh ataupun tidak mengkill 1 musuh kalian masih bisa kembali ke tempat yang lebih aman untuk melakukan retake site bersama temmate kalian.Dengan kalian mengholding angle seperti ini kalian bisa memberikan informasi yang cukup,mendelay pemasangan spike,mengkill salah satu musuh jika mungkin,serta selamat dari posisi kalian yang di masuki oleh musuh.Maka dari itu kalian berada di posisi yang menguntunkan bagi team kalian dikarenakan masih memiliki anggota yang lengkap saat melakukan retake site.

Contoh Positioning yang kurang bagus

Biasanya pada awal Round dan di dekat Gate site pastinya kita suka menemui Shotgun user yang mengholding angle tersebut,menunggu mush entry dan mengejutkan musuh tersebut.Mungkin terdengar tidak terlalu buruk dan mungkin saja positioning yang cukup bagus,tapi jika kita ingat kembali kepada kriteria Positioning yang baik dan benar maka kriteria untuk retreat tidak menjadi opsi untuk holding angle (Artikel ini di publish setelah TP Chamber di Nerf patch 5.12).Namun walaupun kurang bagus,Holding angles ini masih cukup playable jika musuh anda sering kali tidak mengecek corner saat melakukan entry.

Contoh Positioning yang buruk

Yang terakhir adalah Positioning yang hanya memenuhi 1 kriteria dan biasanya yaitu "Bisa melawan musuh",udah itu aja tidak ada Cover tidak bisa mundur,berdiri di tempat terbuka dan menjadi sasaran empuk untuk di kill,.Jika kalian sudah membaca Artikel ini dan memahami isi dari Artikel ini maka tidak lah mungkin kalian melakukan positioning yang buruk.

Mungkin sekian Tips and Trick yang bisa saya berikan dan jelaskan,berikut saya lampirkan link video yang bisa kalian pelajari.

Crosshair Placement : 
Peeking : 
Holding Angles/Positioning : 
Terima kasih sudah membaca Artikel saya Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Penulis: Valentino William Yapergo, Mahasiswa Fikom Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun